Instagram merupakan platform media sosial yang sangat populer di Indonesia saat ini. tak hanya postingan foto maupun video pribadi, kini banyak ditemui berita, hingga produk-produk yang ditawarkan di instagram, seakan-akan instagram bukan hanya media sosial, namun semacam multi-platform yang berisi beragam kategori. hal inilah yang bisa dimaanfaatkan oleh para pebisnis dengan hadirnya Instagram Ads, sebuah fitur yang sangat berguna bagi mereka yang ingin beriklan. dan berikut adalah Tips Maksimalkan Instagram Ads.

 

Pengertian Instagram Ads

Instagram Ads merupakan merupakan platform beriklan di instagram untuk mendapatkan audiens yang lebih luas, orang-orang maupun pelaku bisnis memanfaatkan fitur ini untuk meningkatkan brand awareness, exposure, traffic website hingga penjualan. Menurut riset oleh Hootsuite, Instagram ads dapat menjangkau audiens remaja secara spesifik sebanyak 83 juta orang di rentang usia 13-17 tahun. Jika Anda memiliki target pasar pada usia tersebut, Instagram ads bisa Anda jadikan pilihan tempat beriklan.

 

Langkah-langkah membuat Instagram Ads

Kami akan menjelaskan bagaimana cara membuat instagram ads agar Anda bisa menerapkannya pada bisnis Anda, shingga dapat meningkatkan omzet penjualan Anda.

 

  1. Login ke Facebook Ads Manager

Tips Maksimalkan Instagram Ads

Akses link berikut ini untuk masuk ke Faceboook Ads Manager. Instagram tidak memiliki fitur pengelola iklan secara langsung, tetapi masih di bawah naungan Facebook Ads Manager.

 

  1. Tentukan Tujuan Anda Beriklan

Tips Maksimalkan Instagram Ads

Anda bisa memilih tujuan beriklan yang telah dibagi ke dalam beberapa kategori sesuai keinginan Anda, jika Anda ingin meningkatkan brand awareness, Anda bisa milih menu Brand Awareness, sangat mudah bukan?

 

  1. Konfigurasi Target Audiens Anda

Tips Maksimalkan Instagram Ads

Selanjutnya adalah melakukan konfigurasi target audiens berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, bahasa, dan sebagainya, ini berguna agar iklan Anda tersampaikan kepada orang yang sesuai.

 

  1. Tentukan Di Mana Anda Akan Beriklan

Tips Maksimalkan Instagram Ads

Pastikan Anda sudah tau di mana Anda akan beriklan, ini adalah hal yang utama jika Anda ingin beriklan. Karena Anda ingin beriklan di feed instagram, maka pilih menu instagram. Jika Anda melewati tahap ini, pihak facebook ads manager akan secara default memilih platform instagram dan facebook.

 

  1. Mengatur biaya dan penjadwalan iklan

Anda bisa mengatur berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk memasang iklan, dan jadwal kapan saja iklan Anda akan ditayangkan. misalnya Anda ingin beriklan selama 30 hari, maka akan muncul berapa total biaya yang harus Anda keluarkan.

Tips Maksimalkan Instagram Ads 5

  1. Buat iklan Instagram Anda

Tips Maksimalkan Instagram Ads

Setelah melalui beberapa proses di awal, pastikan isi setiap kategori untuk memberikan keterangan tentang produk/layanan yang Anda tawarkan, dan pastikan sudah Anda teliti semua. Setelah semua sudah terisi, Anda akan diarahkan ke tahap berikutnya, yaitu di gambar di bagian kanan terdapat menu ad preview. Ad preview ini menampilkan pratinjau iklan Anda jika sudah diposting. ini tergantung tempat iklan yang Anda pilih, jika Anda memilih feed sebagai tempat beriklan, maka tampilannya akan seperti di gambar bagian kanan.

 

Cara Menentukan Budget dan Waktu Untuk Ads

Dalam menentukan budget, Anda dapat memilih antara daily budget atau lifetime budget. daily budget memastikan iklan Anda selalu terpasang setiap hari. dalam artian instagram akan menghitung biaya iklan Anda per hari. besarnya daily ads paling minimum adalah 1 USD. sementara lifetime budget akan mengatur iklan Anda terpasang pada waktu tertentu sehingga instagram akan menghitung budget berdasarkan waktu tersebut.

Selain budget, hal penting lainnya adalah schedule atau jadwal yang harus Anda tentukan. Anda harus menentukan kapan iklan akan tayang. perhitungan jadwal iklan ini sangat spesifik berdasarkan jam hingga hitungan menit. maka iklan Anda akan terpasang di jam-jam tertentu, atau hari tertentu. semua itu Anda bisa mengaturnya pada menu bagian “ad scheduling”. Pada pilihan “Budget & Schedule”, Anda harus mengisi bagian “Optimization for Ad Delivery”. Anda punya 3 pilihan berpengaruh kepada siapa saja pengguna Instagram yang akan melihat iklan Anda, antara lain :

Tips Maksimalkan Instagram Ads

 

  • Link Clicks: Iklan Anda akan dipasang berdasarkan tujuan mendapatkan klik paling banyak ke website dengan harga terendah.
  • Impressions: Iklan Anda akan dipasang pada feed pengguna selama mungkin. Jika Anda sendiri pernah melihat iklan instagram muncul pada feed Anda sepanjang hari, mungkin saja brand tersebut menggunakan pilihan ini
  • Daily Unique Reach: Iklan Anda akan dipasang pada feed pengguna sebanyak sehari sekali. Mungkin mereka  akan melihat iklan Anda dalam beberapa kali, tetapi tidak dalam hari yang sama.
  • Sementara bagian “bid amount” Anda bisa memastikan seberapa efektif iklan yang dipasang. Anda bisa memilih manual atau automatic. Jika automatic, Anda hanya bergantung pada algoritma Facebook dalam memasang iklan. Tetapi opsi manual memastikan Anda menentukan harga untuk setiap klik pada link. Jika Anda menganggap sebuah klik sangat berguna bagi Anda, aturlah bid yang lebih tinggi dari jumlah rekomendasi. Nantinya iklan Anda akan lebih diprioritaskan daripada kompetitor dengan bid yang lebih rendah.

 

Dan untuk pengaturan delivery schedule, Anda dapat memilih dua pilihan, yakni standard dan accelerated. Jika opsi standard menampilkan iklan Anda sepanjang hari, accelerated akan membantu menjangkau audiens lebih cepat dengan menggunankan sistem iklan yang time-sensitive.

 

Tips Maksimalkan Instagram Ads

  1. Pastikan Produk Anda Memiliki Tampilan Yang Menarik

Tampilan produk Anda akan memancing penglihatan audiens untuk melihat produk Anda. Sebagai contoh produk pakaian, banyak pebisnis mengiklankan produk pakaian dengan tampilan foto produknya yang menjadi terlihat sangat menarik minat audiens. Ide ittu bisa Anda terapkan pada bisnis Anda tentunya dengan konsep yang berbeda.

 

  1. Materi Iklan

Instagram adalah platfom media sosial berbasis foto dan video, maka buatlah konten Anda dengan memperbanyak unsur foto dan video. Mungkin dengan postingan feed gambar single post, carousel (maksimal 10 gambar), atau video feed 1 menit (bisa lebih dari 1 menit jika menggunakan IGTV).

 

  1. Caption menarik dan mengandung informasi lengkap

Di sini peran copywriting sangat dibutuhkan untuk membuat caption yang persuasif, selain persuasif, harus juga informatif. Seperti kata bapak periklanan David Ogilvy, “the more you tell, the more you sell”. Pastikan Anda menyantumkan informasi tentang produk Anda secara lengkap dan sesingkat mungkin, jadi audiens tidak akan jenuh jika harus membaca caption Anda.

 

  1. Menentukan target Audiens

Anda tentu harus sudah tau produk Anda akan relevan untuk siapa, usia berapa, orang mana, dan jenis kelaminnya apa agar iklan Anda bisa sampai ke orang yang tepat.

 

  1. Gunakan FB Ads Manager untuk mempermudah

Dengan FB Ads Manager, Anda bisa mengelola semua kegiatan iklan Anda dengan lebih sederhana dan praktis. Anda bisa mendapatkan laporan tentang penayangan iklan Anda.

 

Tips Promosi di Instagram Bersponsor

Ini adalah cara beriklan di Instagram adalah dengan mempromosikan postingan yang sudah ada di profil Instagram Anda agar dapat menjangkau audiens yang lebih luas. Pastikan akun Anda sudah menjadi akun bisnis untuk melakukannya. Caranya adalah Anda tinggal pilih menu Promosikan,

Tips Maksimalkan Instagram Ads

Kemudian, cukup lengkapi semua pilihan untuk memilih siapa yang akan melihat iklan Anda, ke mana Anda ingin mengirim mereka, berapa banyak yang ingin Anda keluarkan, dan untuk berapa lama Anda ingin iklan Anda berjalan. Terakhir, Klik Buat Promosi, nantinya Anda dapat memantau hasilnya di tab Promosi di profil Instagram Anda.

Itulah beberapa penjelasan seputar Tips Maksimalkan Instagram Ads , semoga dapat menambah wawasan Anda tentang Instagram Ads.

 

Baca Juga : Waktu Terbaik Untuk Beriklan di Instagram dan Facebook Ads

Continue Reading