Seiring perkembangan zaman, kebutuhan manusia akan pengiriman suatu barang dari satu tempat ke tempat lain semakin tinggi. Dampak dari kebutuhan ini yaitu semakin banyak bermunculan jasa pengiriman barang dan kompetisi antar penyedia barang.

Dalam hal pengiriman atau pendistribusian barang baik keluar negeri atau dalam negeri, perusahaan penyedia jasa pengiriman barang memegang peranan yang sangat penting. Setiap orang maupun perusahaan bisa mengirimkan barang secara baik ke dalam negeri dan luar negeri dengan memakai jasa pengiriman barang. Banyak perusahaan besar memakai jasa pengiriman barang untuk mengirimkan barang dan dokumennya, baik itu jumlah kecil atau besar.

Kepercayaan pada penyedia jasa pengiriman barang menjadikan perkembangan akan bidang jasa pengiriman menjadi semakin pesat. Persaingan yang muncul mengakibatkan setiap perusahaan perlu untuk meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan. Namun, guna mengetahui secara lebih dalam mengenai Jasa Pembuatan sistem tracking ekspedisi pengiriman. Mari, kenali sistem tracking ekspedisi dan fitur-fiturnya yang ada didalamnya.

Apa itu Sistem Tracking Ekspedisi?

Tracking merupakan salah satu istilah yang seringkali terdengar dalam kegiatan transaksi jual beli online. Istilah tracking ini umumnya dipakai oleh para pelaku online dalam hal pengiriman paket. Tracking di dalam bahasa Indonesia memiliki arti pelacakan. Tracking juga diartikan sebagai suatu proses pencatatan perjalanan barang dari tempat asal menuju ke tempat tujuan.

Jadi, tracking ekspedisi adalah sebuah proses pelacakan guna mengetahui lokasi barang yang Anda beli dengan memakai resi. Tracking ekspedisi ini dapat Anda lakukan dengan cara membuka website jasa pengiriman yang digunakan untuk mengirim paket.

Sementara itu, sistem merupakan suatu jaringan kerja dari prosedur yang saling berkaitan guna melakukan suatu kegiatan dalam menyelesaikan suatu sasaran tertentu. Sedangkan, sistem tracking ekspedisi yaitu suatu jaringan kerja yang saling berkaitan guna melakukan proses pencatatan perjalanan barang dari tempat asal menuju ke tempat tujuan.

Bagaimana Proses Tracking suatu barang?

Proses tracking suatu barang memiliki beberapa tahapan. Berikut adalah sejumlah tahapan dari proses tracking suatu barang, antara lain:
» Buka laman beacukai.go.id
» Kemudian, pilih menu tracking barang kiriman atau dapat juga secara langsung mengetik maupun mengklik laman beacukai.go.id/barangkiriman.
» Masukan nomor tracking atau consignment note atau resi atau AirWay Bill (AWB) pada kolom yang telah tersedia.
» Masukan keycode sesuai dengan yang tersedia pada layar.
» Lalu, klik submit dan see details guna melihat sampai dimana proses pengiriman barang Anda.
» Setelah itu, pastikan barang kiriman Anda telah siap untuk dikirimkan datanya melalui elektronik pada sistem komputer pelayanan Bea Cukai pihak perusahaan jasa kiriman supaya barang dapat secara mudah untuk dilacak.

Fitur-Fitur Sistem Tracking Ekspedisi

Sekarang ini pengiriman barang paket besar maupun kecil telah memasuki era digital. Dimana terdapat beberapa fitur-fitur sistem tracking ekspedisi yang bertujuan untuk melakukan pelacakan barang pengiriman. Dengan adanya fitur-fitur sistem tracking ekspedisi diharapkan dapat membantu para pelanggan guna mengetahui keberadaan barang terkini.

a. Fitur Pembuat Resi Otomatis

Fitur resi otomatis merupakan salah satu fitur yang berguna untuk mencatat alamat, resi, dan biaya ongkos kirim yang perlu dibayarkan oleh pengirim. Resi ini berguna untuk penjual online atau untuk siapa saja yang mempunyai toko online. Dengan fitur ini, Anda akan memperoleh kode booking yang perlu diserahkan kepada pihak ekspedisi.

Jadi nomor resi tidak perlu lagi dimasukan secara manual, melainkan hanya perlu membayar ongkos kirim saja. Dana yang diterima oleh pemilik toko online sudah dikurangi dengan biaya ongkos kirim.

b. Fitur Input Posisi Barang oleh Admin Ekspedisi

Fitur input posisi barang oleh admin ekspedisi memiliki kegunaan yang beragam. Berikut adalah beberapa kegunaannya, diantaranya:
» Guna mengambil data penerimaan barang kedalam sistem ERP
» Guna melakukan tugas administratif, contohnya membuat dokumen pendistribusian atau collection atau filling.
» Guna melakukan kompilasi laporan ketidaksesuaian dan mengekspresikan penutupan dari perbedaan produk.
» Guna memperbaharui dan mengkompilasi laporan bulanan yang berhubungan dengan bagian logistik.
» Guna melakukan pemeliharaan dan pembaharuan catatan persediaan dan lokasi barang.

c. Fitur Cek Resi untuk Customer

Fitur cek resi untuk customer merupakan sebuah fitur yang dipakai oleh customer untuk melacak keberadaan suatu paket. Dengan tujuan supaya para customer tidak merasa khawatir lagi dan merasa yakin jika paketnya dikirimkan. Dalam artian bahwa pengirim benar mengirim paket Anda.

Terdapat sejumlah manfaat dari fitur cek resi untuk customer ini, antara lain sebagai berikut:
» Dapat mengetahui bahwa pengirim telah benar-benar mengirimkan paket Anda.
» Dapat mencari tahu mengenai kapan paket Anda dikirimkan.
» Dapat mengetahui keberadaan lokasi paket.
» Dapat mengetahui kapan Anda dapat menerima paket yang dikirimkan tersebut.

d. Fitur Form Komplain Jika Ada Barang yang Rusak/Hilang

Fitur ini digunakan bagi pelanggan untuk mengajukan komplain barang atau retur barang selama 2×24 jam sejak barang dinyatakan telah tiba menurut tracking jasa pengiriman. Bila tidak adanya pengajuan komplain sampai batas waktu ditentukan, maka pelanggan tidak dapat mengajukan komplain maupun uang pembayaran langsung yang dilanjutkan ke pelapak. Barang yang boleh diajukan komplain adalah barang yang rusak dan hilang. Terdapat 3 (tiga) jenis solusi komplain, diantaranya pengembalian uang, penggantian barang baru, dan penambahan barang.

Demikian informasi terkait sistem tracking ekspedisi. Semoga penjelasan diatas dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda.

Deskripsi Singkat:
Sistem tracking ekspedisi pengiriman sangat penting dan diperlukan untuk kegiatan transaksi jual beli online.

Continue Reading