February 15, 2023

Jasa Bikin Aplikasi Kartu Anggota Digital (KTA) untuk Organisasi

Di era digital sekarang ini, kegiatan organisasi tentunya akan semakin terbantu dengan penggunaan KTA digital. Banyak organisasi yang beralih dari penggunaan kartu tanda anggota (KTA) fisik ke KTA digital karena KTA digital memiliki lebih banyak keuntungan dibandingkan dengan KTA fisik.

Dalam kegiatan organisasi, KTA digital dapat membantu dalam manajemen anggota, seperti pembaruan data anggota secara online, pemantauan status keanggotaan, dan pengiriman notifikasi kepada anggota.

Namun, tidak semua organisasi memiliki sumber daya dan keahlian untuk membuat aplikasi KTA digital mereka sendiri. Oleh karena itu, jasa pembuatan aplikasi KTA digital untuk organisasi sekarang ini sangat diperlukan dalam manajemen kegiatan organisasi sesuai dengan kebutuhan.

Sebelum membahas lebih lanjut terkait KTA digital, sudah tahukah Anda apa itu KTA? Jika belum, berikut ini adalah penjelasan terkait pengertian KTA.

 

Apa itu Kartu Tanda Anggota (KTA)?

Kartu Tanda Anggota (KTA) adalah kartu identitas resmi yang dikeluarkan oleh suatu organisasi kepada anggotanya sebagai bukti keanggotaan. KTA umumnya berisi informasi mengenai identitas anggota, seperti nama lengkap, nomor anggota, masa berlaku keanggotaan, serta logo atau simbol organisasi.

KTA sendiri dapat berbentuk fisik maupun dalam bentuk digital, tergantung pada kebijakan organisasi. Namun untuk KTA fisik biasanya berbentuk kartu plastik dengan ukuran standar, sedangkan KTA digital dapat diakses melalui aplikasi atau platform online yang mana lebih fleksibel dalam penggunaannya.

KTA sendiri sering digunakan oleh berbagai jenis organisasi, seperti klub olahraga, perkumpulan mahasiswa, organisasi profesi, dan sebagainya. Selain berfungsi sebagai tanda keanggotaan, KTA juga dapat digunakan untuk memberikan manfaat atau keuntungan khusus bagi anggota, seperti fasilitas khusus. Dalam penggunaannya, KTA umumnya memiliki masa berlaku tertentu yang dapat diperbarui setiap periodenya sesuai dengan kebijakan organisasi.

Baca Juga : Jasa Pembuatan Sistem Absensi Online dengan Sidik Jari & Foto

Manfaat Kartu Tanda Anggota Digital

Berikut adalah beberapa manfaat dari menggunakan Kartu Tanda Anggota (KTA) digital pada sebuah organisasi :

1. Mempermudah Pengelolaan Anggota

Dengan KTA digital, manajemen keanggotaan dapat dilakukan secara online. Sehingga nantinya pihak admin atau pihak pengelola dapat memudahkan organisasi dalam melakukan pembaruan data anggota, pemantauan status keanggotaan, hingga melakukan pengiriman notifikasi kepada anggota.

2. Dapat Memperluas Jangkauan Organisasi

Dengan tampilan KTA digital yang menarik dan mudah diakses, anggota organisasi tentunya akan dapat lebih mudah untuk mendapatkan KTA digital mereka, sehingga dapat membantu memperluas jangkauan organisasi.

3. Lebih Hemat dan Ramah Lingkungan

KTA digital tentunya tidak memerlukan pengeluaran untuk biaya produksi kartu fisik dan biaya untuk pengiriman ekspedisi dalam menyebarkan KTA fisik tersebut. Sehingga dengan KTA digital, Anda atau organisasi dapat lebih menghemat biaya dan lebih ramah lingkungan dalam mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

4. Lebih Efisien dan Efektif

KTA digital akan lebih efektif apabila terjadi pembaruan data anggota, pengiriman notifikasi, dan manajemen keanggotaan secara keseluruhan. KTA digital lebih efisien dan efektif dibandingkan dengan KTA fisik, karena semua proses dapat dilakukan secara online dan sistematis.

5. Data Lebih Aman dan Terlindungi

KTA digital dapat dienkripsi dan dilindungi dengan sistem keamanan yang kuat, sehingga lebih sulit untuk diakses oleh pihak yang tidak berwenang. Jika KTA fisik hilang atau rusak, anggota harus membuat kartu baru yang mana memerlukan waktu biaya yang lebih, sementara jika KTA digital hilang, maka dapat diakses kembali dengan mudah karena data sudah disimpan dan terlindungi dengan aman.

6. Memberikan Kemudahan Akses dan Penggunaan

Pengguna atau anggota akan lebih mudah mengakses kegiatan organisasi dengan KTA digital. KTA digital dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi atau platform online, sehingga anggota dapat dengan mudah membawa KTA digital mereka dimana saja dan kapanpun.

Fitur-fitur Aplikasi Kartu Tanda Anggota Digital dari Sisi Anggota

Dengan memanfaatkan KTA digital, organisasi dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam manajemen anggota dan pengelolaan kegiatan organisasi. Apabila organisasi Anda tertarik dalam pembuatan KTA digital, berikut ini adalah fitur-fitur yang dapat dipersiapkan atau diterapkan dalam KTA digital dari sisi Anggota :

1. Register & Login

Kartu Tanda Anggota Digital Register & Login

Fitur ini merupakan langkah awal yang digunakan dalam KTA digital untuk mendaftar dan login ke akun anggota. Pada fitur register, user dapat mendaftar dengan mendaftarkan email, nama lengkap, nomor telepon, hingga dapat memilih role ketika mendaftar. Selain itu, dapat ditambahkan pilihan berasal atau menetap di kota mana di Indonesia.

Untuk fitur login, cukup standar menggunakan akun email dan password. Dengan login menggunakan akun KTA digital, anggota dapat mengakses berbagai layanan dan manfaat yang tersedia secara online. Dengan akses online, maka akun KTA digital dapat mengakses fitur lainnya dimanapun dan kapanpun.

2. Pengisian Data Profil

Kartu Tanda Anggota Digital Data Profil

Setelah melakukan pendaftaran, anggota organisasi dapat mengisi informasi mengenai diri mereka seperti nama lengkap, tanggal lahir, alamat, nomor telepon, dan informasi tambahan lainnya seperti pekerjaan hingga pendidikan.

Tak berhenti disitu saja anggota organisasi dapat menambahkan biografinya, foto profil, banner profil dan berbagai informasi yang terkait dengan organisasi. Misalnya jenjang kelas, unit kerja, wilayah tempat tinggal mulai dari kecamatan hingga provinsi, kemudian status anggota di organisasinya.

Informasi yang dikumpulkan dari pengisian data profil ini, nantinya akan digunakan untuk mengelola keanggotaan pada pihak admin. Data profil sendiri tentunya perlu diperhatikan, karena harus memastikan bahwa informasi yang diberikan akurat untuk memastikan efektivitas dari pengelolaan keanggotaan yang diberikan oleh organisasi.

3. Fitur Lupa Password

fotur lupa password KTA digital

Aplikasi KTA digital juga menyediakan fitur lupa password untuk membantu user apabila lupa password ketika ingin login ke akun KTA-nya. Fitur ini dilengkapi dengan fitur reset password yang dilakukan dengan mengirim kode OTP via email ke email yang dimasukkan user. Setelah mendapatkan kode otp, kemudian user mengkonfirmasi kode tersebut di aplikasi, dan user dapat langsung mereset password yang kemudian login ke akun dengan password baru yang sudah dibuat.

4. Barcode Pada Kartu

Kartu Tanda Anggota Digital Barcode

Kartu KTA dapat dilengkapi dengan barcode untuk memudahkan proses identifikasi dan verifikasi anggota saat menggunakan manfaat keanggotaan. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat ketika sebuah organisasi mengadakan acara offline yang memerlukan barcode sebagai absensi.

Dengan barcode pada kartu KTA, pihak admin atau petugas penyelenggara dapat dengan cepat mengakses informasi anggota seperti status keanggotaan. Hal ini tentunya dapat membantu mengurangi waktu tunggu dan mempercepat proses absensi, serta meningkatkan keamanan dan akurasi informasi anggota.

5. Fitur Generate Nomor KTA Otomatis

Demi memudahkan pengelolaan akun dan pengenalan akun, fitur generate nomor KTA otomatis adalah salah satu solusi yang tepat. Untuk generate nomor KTA otomatis ini biasanya menggunakan format data diri, untuk aplikasi yang sudah kami buat, kami menggunakan format berdasarkan provinsi, kota dan kecamatan anggota saat mengisi informasi umum/pribadinya, yang kemudian di kombinasikan dengan nomor urut anggota organisasi.

Dengan generate nomor KTA otomatis ini, dapat dipastikan tidak akan terjadi adanya double data, karena setiap KTA memiliki nomor unik. Sehingga walaupun anggota organisasi memiliki nama yang sama persis, namun masih dapat dibedakan dengan nomor KTA nya.

6. Fitur Cetak Kartu

Kartu Tanda Anggota Digital Cetak Kartu
Anggota dapat mencetak ulang kartu KTA mereka jika kartu asli hilang atau rusak. Beberapa lembaga atau organisasi juga menyediakan opsi cetak kartu langsung dari akun anggota melalui website atau aplikasi. Anggota organisasi dapat mendownload kartu tanda anggota digital bagian depan dan belakang.

7. Fitur Iuran Rutin Terintegrasi Payment Gateway

Karena Aplikasi ini adalah Aplikasi KTA Digital, pastinya harus mendukung sistem pembayaran online. Organisasi seringkali mengadakan iuran online untuk keperluan organisasi, demi mempermudah iuran online. Kami menyediakan fitur iuran rutin yang terintegrasi dengan payment gateaway, sehingga anggota organisasi dapat membayar dengan berbagai metode pembayaran

Entah dengan menggunakan bank, e-wallet, bahkan hingga melakukan pembayaran di Alfmart/indomaret maupun mitra lainnya. Dengan begitu, anggota organisasi tak akan kesusahan dalam melakukan pembayaran iuran rutin tanpa terhalang oleh jarak dan juga waktu.

Selain itu, semua transaksi iuran akan tercatat di riwayat iuran, sehingga anggota organisasi dapat dengan mudah memastikan transaksi yang dilakukannya apakah benar atau tidak.

8. Fitur Social Media Antar Anggota

 

Dengan menggunakan Kartu Tanda Anggota Digital, setiap anggotanya juga dapat didukung dengan fitur sosial media. Sama halnya dengan sosial media lainnya, firut sosial media di Aplikasi KTA digital kami dapat melakukan “like” “komen” serta notifikasi aktifitas sosmed.

Dengan adanya fitur ini, anggota KTA tentunya juga dapat dipermudah untuk mendapatkan update informasi dari anggota organisasi lainnya dengan lebih cepat dan efektif. Apabila organisasi membutuhkan tambahan fitur sosmed lainnya, kami dapat menambahkan fitur lainnya sesuai dengan kebutuhan organisasi.

9. Fitur Reminder Untuk Iuran

reminder iuran organisasi

Mengingat organisasi yang sering memiliki program iuran, kami membuat fitur Reminder Iuran berbentuk pop up yang menampilkan nama iuran, pesan pemberitahuan, dan nominal iuran ketika anggota organisasi masuk ke dalam aplikasi. Untuk mempermudah pembayaran, pada pop up notifikasi ditampilkan dua tombol aksi seperti “iuran sekarang” dan “cek status pesanan”, sehingga user bisa langsung klik salah salah satu tombol untuk membayar maupun mengecek status tanpa harus membuka halaman lain.

Tombol-tombol maupun bentuk reminder dapat disesuaikan dengan kebutuhan organisasi. Fitur ini akan sangat membantu Admin ketika membutuhkan pengumpulan iuran terhadap semua anggota organisasinya, tanpa harus mengirim reminder ke tiap anggota organisasi uang iuran dapat dikumpulkan dengan otomasi fitur reminder untuk iuran.

Fitur-Fitur Aplikasi Kartu Tanda Anggota Digital dari sisi Admin

Selain memperhatikan fitur dari penggunanya, tentunya juga perlu memperhatikan fitur apa saja yang harus dipersiapkan dari sisi adminnya. Maka dari itu, berikut ini adalah fitur-fitur aplikasi KTA digital dari sisi admin.

1. Fitur untuk Cek Seluruh Data Anggota

Admin Tracking Jumlah Anggota
Fitur ini memungkinkan admin untuk melihat dan memeriksa data anggota secara keseluruhan. Data anggota tersebut antara lain seperti nama anggota, nomor identitas, alamat, tanggal bergabung, status keanggotaan, dan informasi penting lainnya. Dengan adanya fitur ini, admin dapat dengan mudah mengakses dan mengelola data anggota tanpa harus melihat satu per satu data tersebut.

2. Fitur untuk Melihat Statistik Perkembangan Anggota

Admin Tracking Perkembangan Anggota
Fitur ini memungkinkan admin untuk melihat statistik perkembangan anggota, seperti jumlah anggota baru yang bergabung, jumlah anggota yang berhenti berlangganan, total jumlah anggota yang aktif, rata-rata frekuensi penggunaan layanan, dan informasi penting lainnya. Dengan adanya fitur ini, admin dapat memantau kinerja keanggotaan, memperbaiki strategi promosi, meningkatkan kualitas layanan, dan meningkatkan kepuasan anggota.

Nah itu dia penjelasan mengenai Aplikasi Kartu Tanda Anggota Digital (KTA) untuk organisasi. KTA Digital merupakan solusi teknologi yang memungkinkan organisasi untuk menciptakan kartu anggota digital yang aman dan efisien. Selain memperhatikan fitur , Anda  juga perlu memikirkan jasa pembuatan KTA Digital yang mampu mengelolaan secara maksimal dengan menjamin keamanan data.

Anda ingin memiliki aplikasi Kartu Tanda Anggota Digital (KTA) yang handal dan efisien? Tidak perlu khawatir, Ardata adalah solusi terbaik untuk Anda! Dengan pengalaman yang telah diakui dan aplikasi KTA Digital kami yang telah diunduh oleh lebih dari 100 ribu pengguna, kami siap membantu Anda.

Jika Anda ingin memesan aplikasi KTA Digital atau menggunakan jasa kami, jangan ragu untuk segera menghubungi kami. Ardata telah membantu banyak organisasi dalam mengelola keanggotaan dengan lebih baik melalui KTA Digital. Hubungi Ardata sekarang untuk merasakan manfaatnya secara langsung!

Hubungi Kami Sekarang!

SUBSCRIBE

Dapatkan Informasi Teknologi terbaru langsung ke Email Anda. Subscribe Sekarang, GRATIS!
Subscribe

Baca Juga Artikel lainnya

May 24, 2024
Jasa Pembuatan Sistem Booking Seat (Pilih Nomor Kursi)

Dalam industri travel yang kompetitif, memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada pelanggan menjadi prioritas utama. Salah […]

Read More
May 17, 2024
Jasa Pembuatan Aplikasi Registrasi & Pendaftaran

Dalam era digital yang semakin maju, efisiensi dan kemudahan menjadi kunci penting dalam pengumpulan data […]

Read More
April 25, 2024
Jasa Pembuatan Sistem PMB + Payment Gateway, Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru

Dalam menghadapi tantangan administrasi akademik, universitas terus mencari solusi yang dapat mempercepat dan mempermudah proses […]

Read More
1 2 3 31

We Are Ardata

PT. Ardata Digital Asia (Ardata Media) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT dengan produknya berupa Jasa dan Produk Digital.
WA : 085741111568
SEMUA ARTIKEL
envelope
Chat Sekarang
Hi, Gunakan chat ini untuk menghubungi kami
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram