Sekarang ini perkembangan zaman telah memasuki era teknologi informasi di mana pelaksanaan ujian yang dahulunya secara manual memakai sebuah kertas, kini telah berubah menjadi modern dengan memakai komputer dan secara online. Pelaksanaan ujian secara online ini dinamakan Computer Assisted Test (CAT).

Apa itu Jasa Pembuatan Aplikasi Ujian Online CAT / CBT ?

Jasa Pembuatan Aplikasi Ujian Online adalah layanan Ardata untuk membantu para penyelenggara tes / ujian online dalam menyediakan platform test yang modern, aman, dan mudah digunakan. Seperti yang kita ketahui bersama, ujian berbasis komputer atau dalam bahasa inggris disebut Computer Assisted Test (CAT), merupakan sebuah sistem pelaksanaan ujian dengan memakai komputer dalam pelaksanaannya. Mulai dari pembuatannya sampai pelaksanaannya dilakukannya pada sistem komputerisasi.

Mengapa Aplikasi Ujian Online CAT/CBT Diperlukan Oleh Pihak Instansi?

Menurut media pengerjaannya, aplikasi simulasi Computer Assisted Test (CAT) tentunya berbeda dengan Paper Based Test (PBT), umumnya Paper Based Test (PBT) dilakukan dengan memakai media kertas dan pensil untuk mengisi jawaban yang sesuai. Sementara, Computer Assisted Test (CAT) menggunakan laptop maupun komputer dengan cara mengarahkan dan mengklik kursor pada jawaban yang sesuai.

Sebagai sebuah metode, aplikasi simulasi Computer Assisted Test (CAT) ini mempunyai beberapa kelebihan yang menjadikan sistem tersebut digunakan oleh pihak sekolah. Bahkan dianggap sebagai sesuatu hal yang penting pada sebuah sekolah. Lantas alasan mendasar apa yang membuat sistem Computer Assisted Test (CAT) menjadi penting sehingga diperlukan oleh pihak sekolah? Berikut beberapa alasan mengapa sistem CAT ujian online diperlukan oleh pihak sekolah.

1. Hasil Ujian Online Menjadi Akurat

Alasan pertama mengapa aplikasi simulasi CAT ujian online diperlukan oleh pihak sekolah, adalah karena hasil ujian yang lebih akurat. Pemeriksaan dan perhitungan lembar jawaban peserta ujian ini dilakukan menggunakan sistem komputer. Sehingga menjadi akurat dan dapat meminimalisir kesalahan pemeriksaan dan perhitungan yang terjadi pada manusia atau human error. Serta hasil ujian dapat diketahuinya secara lebih cepat.

2. Dapat Memudahkan Peserta Ujian Online

Alasan kedua mengapa aplikasi simulasi CAT ujian online diperlukan oleh pihak sekolah, yaitu agar dapat memudahkan peserta ujian online. Para peserta ujian dengan metode CAT, kini tidak perlu pusing lagi menyiapkan peralatan ujian, misal ballpoint, pensil, tipe-x, penghapus, dan papan ujian untuk meletakkan kertas jawaban. Sekarang, para peserta ujian online hanya datang ke lokasi ujian, kemudian mengerjakan ujian dengan komputer.

3. Tidak Mengeluarkan Anggaran Biaya Tinggi

Alasan ketiga mengapa sistem CAT ujian online diperlukan oleh pihak sekolah, yakni supaya dapat menghemat anggaran biaya pengeluaran. Hal itu dikarenakan metode PBT membutuhkan biaya untuk mencetak soal ujian dan lembar jawaban ujian. Bayangkan saja, bila peserta ujian berjumlah ratusan, maka biaya yang dikeluarkan untuk mencetak soal ujian dan lembar jawaban ujian terbilang cukup besar.

Hal itu, berbanding terbalik dengan metode CAT, jika pihak sekolah menggunakan metode CAT maka pihak sekolah cukup menyediakan komputer sebagai media pelaksanaan ujiannya. Sehingga anggaran biaya yang dikeluarkan untuk mencetak tidak ada.

Fitur yang Wajib Ada Dalam Aplikasi Ujian Online CAT / CBT

Berikut terdapat beberapa fitur yang wajib ada dalam sistem CAT ujian online, diantaranya:

  • Fitur Navigasi Soal

Fitur pertama yang akan didapatkan dalam sistem CAT ujian online ini yaitu navigasi soal. Pada fitur ini bertujuan untuk memudahkan para peserta ujian dalam menjawab soal yang telah tersedia.

Fitur Navigasi Soal Sistem CAT CBT Ujian Online

  • Fitur Identifikasi Soal yang sudah dikerjakan dan belum dikerjakan

Fitur kedua yang akan didapatkan dalam aplikasi simulasi CAT ujian online ini, adalah fitur identifikasi Soal yang sudah dikerjakan dan belum dikerjakan. Pada fitur ini sistem bisa mengetahui mana soal yang sudah dikerjakan maupun belum, ditandai warna soal yang berbeda

Fitur Identifikasi Soal Sistem CAT CBT Ujian Online

  • Fitur Timer atau Waktu

Fitur ketiga yang wajib ada dalam aplikasi simulasi CAT ujian online, yakni fitur timer atau waktu. Pada fitur ini sistem CAT memiliki waktu untuk menentukan durasi ujian secara otomatis. Setelah waktu berakhir, maka jawaban peserta langsung tersubmit secara otomatis dan jendela soal akan tertutup.

  • Fitur Manajemen Peserta Tes

Fitur terakhir yang wajib ada dalam sistem CAT ujian online, yaitu fitur manajemen pengguna. Pada fitur ini sistem CAT memungkinkan untuk manajemen peserta tes secara mudah dan praktis.

  • Fitur Pembahasan Soal

Setelah peserta mengerjakan soal, peserta bisa langsung melihat nilai dan kunci jawaban beserta pembahasannya. Fitur ini bisa diaktifkan ataupun dinonaktifkan sesuai kebutuhan penyelenggara.

Fitur Pembahasan Soal Sistem CAT CBT Ujian Online - Jasa Pembuatan Sistem Tes Online

 

  • Fitur Security Login

Seluruh peserta diwajibkan login terlebih dahulu, dan setiap login akan dicatat riwayat aksesnya, untuk menjamin keamanan dan tidak ada kecurangan

Fitur Security Sistem CAT CBT Ujian Online

 

Demikian informasi seputar Aplikasi Ujian Online yang kami sediakan, fitur-fitur diatas dapat ditambah lagi sesuai dengan kebutuhan. Silahkan jika anda mengiginkan untuk dibuatkan sistem tes online berbasis CAT/CBT, silahkan konsultasi dengan tim kami

Continue Reading