Dalam digital marketing, strategi pemasaran memiliki banyak cara yang dapat dilakukan selain menggunakan media sosial memiliki website biasa, atau yang lainnya. Tetapi dalam sebuah website ada yang bisa dioptimasi untuk bisa membantu meningkatkan penjualan. Salah satunya adalah dengan menggunakan Landing Page. Apakah Anda sudah pernah mendengar istilah Landing Page? Berikut penjelasan mengenai Apa Itu Landing Page dan Bagaimana Cara Kerjanya Untuk Penjualan Online.

 

1. Apa Itu Landing Page?

Landing Page adalah sebuah halaman situs yang dibuat khusus mengarahkan pengunjung untuk tujuan komersial, misalnya penawaran, dan bentuk komersial lainnya.

 

3. Perbedaan Landing Page & Home Page

Jika Home Page adalah halaman utama dari sebuah website yang berisi banyak section dan navigation. Maka Landing Page adalah hanya sebuah halaman dari suatu website yang dibuat untuk tujuan tertentu. Berikut adalah karakteristik keduanya :

 

Karakteristik Home Page :

  • Berisi tampilan induk sebuah website
  • Menjadi halaman pertama yang dilihat pada saat mengunjungi sebuah website
  • Berisi banyak navigation & section

 

Karakteristik Landing Page :

  • Halaman yang memiliki tujuan tertentu, seperti penawaran
  • Mengajak pengunjung untuk melakukan tindakan seperti berlangganan, melakukan transaksi, mengisi biodata, mengakses informasi, dan lain-lain.

 

3. Jenis-Jenis Landing Page

Ada dua jenis Landing Page berdasarkan tujuannya :

 

  • Lead Generation

Lead Generation juga terdapat Call to Action tetapi pengunjung tidak harus berpindah ke halaman lain (sekali klik) jika ingin melakukan konversi. Selain itu, Lead Generation berfungsi untuk mengumpulkan data pengunjung situs berupa alamat email jika mereka mengisinya, data inilah yang bisa dipakai untuk melakukan promosi dengan mengirimkan penawaran-penawaran, promo, berita, ebook melalui email.

 

  • Click Through

Berbeda dengan Lead Generation, Click Through justru membujuk pengunjung untuk mengklik halaman lain. Biasanya Click Through banyak ditemui di website e-commerce, Anda bisa memakainya untuk menampilkan produk atau penawaran yang secara lengkap agar calon pelanggan Anda bisa terpancing untuk melihat produk Anda.

 

4. Fungsi Landing Page

Landing Page memiliki dua fungsi untuk pemasaran. Yang pertama, mengumpulkan data pengunjung yang potensial (leads), inilah yang bisa dipakai pebisnis menargetkan ulang leads karena sudah memiliki data pelanggan sebagai acuan bahwa para pengunjung diharapkan akan membeli produk di masa mendatang. Lalu fungsi yang kedua adalah mempercepat transaksi, Karena Landing Page ini dibuat khusus untuk mengajak calon pelanggan agar melakukan suatu tindakan yang bersifat komersial, maka Landing Page harus didukung dengan teknik Copywriting yang baik agar semakin cepat dalam mendapatkan banyak pelanggan.

 

5. Pentingnya Landing Page Untuk Bisnis

  • Landing Page Untuk Bisnis Kosmetik

landing page dan cara kerjanya 1

Bisnis Kosmetik rupanya sekarang sangat mudah dijumpai secara online. Oleh karena itu, Dengan banyaknya pebisnis di bidang kosmetik membuat Anda harus mengatur strategi marketing Anda, salah satunya adalah dengan membuat Landing Page Untuk Bisnis Kosmetik. Lihatlah landing page milik Sariayu Martha Tilaar yang memiliki landing page dan menyisipkan produk beserta informasinya, Hal ini bisa dipastikan bahwa merek ingin memperkenalkan keunggulan produk mereka.

 

  • Landing Page Untuk Bisnis Kuliner

landing page dan cara kerjanya 2

Dengan menggunakan Landing Page Untuk Bisnis Kuliner, maka Anda akan terkesan lebih profesional dan berpotensi akan lebih mudah mendapatkan pelanggan. Selain itu, dengan promosi menggunakan website, Anda akan dapat menjangkau pelanggan lebih luas. Contohnya adalah Ayam Keprabon, yang telah memiliki banyak outlet di berbagai kota. Mereka menggunkan website dan tentunya Landing Page untuk menyediakan promo-promo, informasi outlet, hingga menu unggulan mereka. Ini akan sangat memudahkan calon pelanggan dalam mencari makanan yang mereka cari tanpa harus mendatangi tempatnya terlebih dahulu.

 

  • Landing Page Untuk Bisnis Properti

landing page dan cara kerjanya 3

Landing Page Untuk Bisnis Properti yang digunakan oleh Sinarmas Land di atas sangat baik karena terdapat menu pencarian properti milik Sinarmas berdasarkan kategori yang dipilih oleh user. Secara tidak langsung mereka digiring untuk melihat produk-produk properti dari Sinarmas dan membuat user “tergiur” dengan pilihan kategori yang ditawarkan. Dengan begitu, para user juga pasti akan melihat semua produk Sinarmas Land untuk mengetahui harga, dan lainnya. Anda juga bisa menerapkan Landing Page seperti ini untuk bisnis poperti milik Anda.

 

  • Landing Page Untuk Bisnis Fashion

landing page dan cara kerjanya 4

Fashion adalah tren yang memiliki banyak peminat, maka banyak pula persaingan harga, promo dan hal menarik lainnya yang ditawarkan oleh pebisnis di bidang fashion, 3Second menggunakan Landing Page Untuk Bisnis Fashion mereka untuk menarik customer dengan menampilkan diskon pada Landing Page mereka yang terletak di halaman utama dan tampak begitu besar. Strategi yang sangat baik telah mereka lakukan, karena secara otomatis para pengunjung website akan melihat Landing Page pertama kali dan kemungkinan akan mengklik “shop now” untuk melihat produk-produk yang sedang diskon. Dengan begitu, tujuan mereka menggunakan Landing Page berhasil.

 

  • Landing Page Untuk Bisnis Gadget

landing page dan cara kerjanya 5

Dengan perpaduan Copywriting dan Landing Page yang baik, sangat jelas bahwa Apple ingin langsung mengarahkan user ke pilihan “beli” dan “selengkapnya” untuk melihat informasi tentang spesifikasi produk. Pada saat awal membuka website Apple, Anda akan langsung melihat Landing Page di halaman utama. Anda bisa saja membuat landing page yang terinspirasi oleh website ini, karena dari segi tampilan dan maksudnya sangat jelas dan mengarah ke tujuan komersial. Ini akan sangat efektif jika Anda menerapkan Landing Page Untuk Bisnis Gadget dengan ciri khas website Anda.

 

  • Landing Page Untuk Bisnis Laundry

website laundry

Bisnis Laundry mungkin belum banyak yang menggunakan website seperti Matahari Laundry. Tetapi mereka memiliki Landing Page Untuk Bisnis Laundry dengan menampilkan menu “Order Sekarang” dengan promo antar jemput yang ditawarkan. Selain simpel dan unik, Landing Page Untuk Bisnis ini akan sangat memudahkan calon pelanggan dalam menggunakan jasa laundry tanpa harus mengantarnya ke tempat laundry.

 

6. Manfaat Landing Page

  • Membantu Mencapai Tujuan Bisnis Anda

Dengan menggunakan Landing Page dan mengetahui cara kerjanya, Anda bisa membuat penawaran yang bersifat informatif dan edukatif, karena tidak semua tipe pembeli menyukai strategi hard selling, Landing Page bisa Anda manfaatkan untuk menarik mereka untuk membeli produk Anda.

 

  • Membantu Meningkatan List E-Mail

Memiliki banyak list e-mail milik pengunjung akan sangat berguna, karena Anda bisa melakukan promosi kepada mereka secara lebih dekat dengan mengirimkan promo-promo menarik melalui e-mail dengan rutin. Banyak perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan stragei e-mail marketing dalam promosi mereka.

 

  • Meningkatkan Brand Awareness

Cara terbaik menggunakan Landing Page adalah dengan menyantumkan testimoni pelanggan sebagi bentuk social proof, jika Anda mendapatkan banyak testimoni baik dari pelanggan Anda sebelumnya, maka kredibilitas Anda sangat mudah dipercaya oleh calon pelanggan yang melihat Landing Page Anda. Selanjutnya bisnis Anda akan sangat memiliki banyak peminat dan orang-orang tidak asing lagi dengan produk Anda.

Sekarang giliran Anda, Apakah setelah membaca informasi “Mengenal Landing Page & Bagaimana Cara Kerjanya Untuk Bisnis Online” Anda akan menggunakan Landing Page untuk meningkatkan prospek bisnis Anda? Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga Anda sudah mengetahui apa itu Landing Page dan Cara Kerjanya.

 

Baca Juga : Cara Membuat Landing Page Di Android

Continue Reading