Apakah toko online anda sudah mempunyai landing page ? atau jangan – jangan anda tidak tau apa itu landing page ? bagi anda yang belum mempunyai landing page pada toko online anda, yuk kenali apa itu landing page selengkapnya agar toko online anda dapat membantu Anda untuk menghasilkan lebih banyak rupiah dari website toko online Anda.

Apa Itu Landing Page?

Landing page adalah halaman website yang didesain khusus untuk mengarahkan pengguna ke arah yang diinginkan secara spesifik. Lewat landing page anda dapat menjual satu produk khusus atau mengumpulkan lead. Landing page ini bertujuan untuk kegiatan marketing. Namun taukah anda bahwa landing page dengan Website  itu berbeda loh! Yuk simak perbedaannya

Perbedaan Landing Page dan Website

Jika landing page adalah halaman pada website yang dibuat untuk tujuan marketing sedangkan website dipakai untuk menunjukan semua informasi penting dalam satu halaman. Website juga berisi beberapa link yang yang mengarahkan pengguna ke halaman lainnya. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara landing page dengan website yaitu landing page merupakan bagian dari website namun Landing page merupakan laman khusus dan landing page hanya memiliki satu khusus. Sedangkan website merupakan laman keseluruhan yang ada. Jadi antara landing page dan website memiliki karakteristik yang berbeda, berikut adalah perbedaan karakteristik landing page dengan website:

Karakteristik Landing Page:

  • Landing page adalah halaman yang memiliki manfaat khusus dalam website
  • Landing page mendorong pengguna agar dapat fokus pada satu produk setelah itu melakukan transaksi pada website.
  • Landing page juga mengajak pengguna untuk melakukan tindakan tertentu. Misalnya, membeli sebuah produk, melengkapi formulir, atau mempelajari informasi yang diberikan.

Karakteristik Website:

  • Website biasanya memuat tampilan utama
  • Website pada umumnya merupakan halaman pertama dapat dilihat ketika membuka website
  • Website juga dapat menampilkan tombol navigasi dan URL
  • Website merupakan etalase bagi pelanggan untuk mempelajari semua produk dan layanan yang ditawarkan.

Teknik copywriting pada landing page

Sebagai seorang copywriter, anda perlu memahami bagaimana Teknik copywriting pada landing page yang benar. Ada beberapa teknik yang dapat anda terapkan pada landing page. Berikut adalah Teknik copywriting pada landing page antara lain:

1. Formula AIDA

AIDA berasal dari singkatan Attention Interest, Desire, dan Action. Arti dari keempat unsur tersebut yaitu :

  • Attention arti menangkap perhatian audiens
  • Interest arti membuat audiens merasa penasaran
  • Desire arti buatlah audiens menginginkan manfaat apa yang Anda tawarkan
  • Action arti ajak audiens untuk mendapatkan manfaat dari apa yang anda tawarkan.

Pada umumnya formula AIDA digunakan dalam content marketing untuk membuat jenis konten yang sesuai dengan tahapan-tahapan yang dilalui audiens. Formula AIDA juga dapat dimanfaatkan sebagai panduan dalam menulis teks copywriting. Formula AIDA digunakan untuk menentukan kata-kata yang tepat bagi setiap komponen tulisan Anda.

2. Konsep Slippery Slide

Slippery slide adalah teknik copywriting yang perlu anda terapkan agar tidak terdengar membosankan. slippery slide merupakan teknik dimana setiap kalimat dalam teks didukung oleh kalimat selanjutnya. Dengan demikian, semua kalimat memiliki fungsi untuk menimbulkan rasa keingintahuan pembaca.

3. Jangan Lupakan Social Proof

Social proof adalah salah satu elemen copywriting yang berfungsi untuk membuat audiens yakin bahwa Anda dapat dipercaya.

4. Yakinkan Audiens dengan Frequently Asked Questions

Dalam berbisnis, pasti ada beberapa hal di pikiran oleh calon customer yang membuatnya ragu-ragu untuk membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan. Untuk mengatasi masalah itu, Solusinya adalah membuat segmen frequently asked questions atau FAQ. Lebih baiknya, teks pada bagian ini disajikan dalam bentuk poin-poin.

Penjelasan diatas merupakan Teknik copywriting pada landing page agar anda dapat membangun landing page anda menjadi powerful. Nah untuk membuat landing page anda menjadi powerful dan memiliki konversi tinggi. Mari simak penjelasan dibawah ini.

Syarat Landing Page Supaya Mendapatkan Konversi Tinggi

Bagi anda yang ingin membangun landing page anda menjadi powerful, maka anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja syarat landing page supaya mendapatkan konversi tinggi ? ada beberapa syarat yang perlu anda ketahui agar anda dapat membangun landing page efektif menghasilkan konversi tinggi. Mari simak penjelasan dibawah ini.

  • Konsisten

Landing page yang efektif berkonten konsisten pada instrumen digital marketing. Agar landing page anda dapat menghasilkan konversi tinggi, anda perlu menjaga konsistensi dengan mengulang keywords dan slogan yang sama dalam setiap instrumen. Gunakan tone serta gaya bahasa yang juga senada.

  • Menyita perhatian

Landing page yang efektif harus dapat bisa menyita perhatian pengunjung setidaknya 5 detik pertama. Istilah tersebut dinamai dengan Unique Value Preposition (UVP). Unique Value Preposition (UVP) adalah pesan tunggal yang jelas dan dapat menyakinkan pengunjung bahwasanya produk anda berbeda dengan yang lain serta layak untuk dibeli.

  • Clean, simple, but straight to the point

Landing page yang efektif dapat menghasilkan konversi tinggi dan apabila berhasil dapat mendorong ketertarikan pengunjung untuk dapat lebih mengamati landing page dibanding sekadar melihat. Agar Landing page anda dapat efektif dan dapat menghasilkan konversi tinggi maka Gunakanlah headline yang pantas untuk digunakan, headline yang dapat digunakan yaitu headline yang dapat memberikan gambaran ke pengunjung akan apa yang anda dapat harapkan dari seluruh landing page. Sampaikan informasi dengan bahasa jelas, tidak membingungkan, namun tetap kreatif. Serta hindari bahasa klise apalagi yang superlatif (berlebihan).

  • Kredibel

Internet merupakan salah satu media yang high risk, maka landing page yang terbukti kredibel akan sangat efektif untuk dapat menghasilkan konversi tinggi. Sehingga dapat membangun kredibilitas dan kepercayaan.

Nah itulah beberapa penjelasan landing page dan website agar memiliki konversi tinggi dan dapat membantu Anda untuk menghasilkan lebih banyak rupiah dari website toko online Anda.

Continue Reading