October 13, 2017

Waktu Terbaik Akun Bisnis untuk Memposting di Instagram Terbaru

Waktu Terbaik memposting di Instagram Konten Bisnis

Seiring dengan perkembangan teknologi dan media sosial yang semakin pesat, Instagram menjadi platform yang populer digunakan untuk berbagi momen dan konten yang menarik. Oleh karena itu, penting untuk memahami kapan waktu yang tepat untuk memposting agar konten yang kita bagikan dapat dilihat oleh lebih banyak pengguna.

Namun, tahukah Anda kapan waktu terbaik untuk memposting di Instagram?

Seperti yang kita ketahui, Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang paling populer saat ini. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk memposting konten pada waktu yang tepat agar bisa mencapai lebih banyak orang.

Pada tahun 2023, waktu terbaik untuk memposting di Instagram terbaru masih tetap bergantung pada target audiens dan zona waktu yang digunakan. Namun, secara umum sebaiknya Anda memposting konten pada saat pengguna Instagram sedang aktif, yaitu saat mereka sedang memeriksa akun mereka pada pagi hari, siang hari saat jam istirahat, atau malam hari setelah pulang kerja.

Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan waktu posting yang tidak bertepatan dengan waktu publikasi postingan populer atau postingan dari akun populer, agar konten kita tidak terkubur oleh konten yang lebih populer.

 

Kapan Waktu Terbaik untuk Memposting di Instagram?

Waktu Terbaik Memposting di Instagram

Secara umum, waktu terbaik untuk memposting di Instagram agar postingan mendapatkan banyak like, komen dan share yakni pada hari Rabu pukul 11.00 Siang. Hal ini didasarkan pada analisis lebih dari 30.000 postingan Instagram bisnis yang memiliki pengikut sebanyak 170 ribu orang.

Berdasarkan analisis tersebut, pengguna Instagram cenderung paling aktif dan berinteraksi pada saat jam kerja tengah hari dan juga pada tengah waktu hari minggu. Hal ini karena saat itu orang-orang sedang istirahat dari pekerjaan atau sekolah dan menghabiskan waktu untuk scrolling di Instagram.

Lalu apakah penguploadan konten hanya dilakukan 2 kali dalam seminggu? Dan bagaimana jika suatu perusahaan memerlukan upload waktu setiap hari?

Tenang saja, karena dalam analisis tersebut juga memperhatikan kapan waktu terbaik untuk mengupload konten untuk setiap harinya. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut ini adalah hasil daftar waktu dari hasil analisis tersebut.

1. Waktu Terbaik Post Instagram Hari Senin

Pukul 12 siang. Pada hari Senin, banyak pengguna Instagram memulai minggu kerja mereka dan mungkin lebih aktif di media sosial saat mereka istirahat makan siang.

2. Waktu Terbaik Post Instagram Hari Selasa

Pukul 9 pagi. Pagi hari selasa bisa menjadi waktu yang bagus untuk memposting karena banyak orang cenderung memeriksa media sosial mereka setelah mereka bangun tetapi sebelum mereka mulai beraktivitas.

3. Waktu Terbaik Post Instagram Hari Rabu

Pukul 11 siang. Pada hari Rabu, engagement di Instagram cenderung lebih tinggi secara keseluruhan sehingga memposting pada waktu ini dapat membantu meningkatkan engagement Anda.

4. Waktu Terbaik Post Instagram Hari Kamis

Pukul 12 siang. Kamis seringkali dianggap sebagai hari "terbaik" untuk memposting di media sosial dan rentang waktu antara pukul 11 siang hingga 2 siang bisa menjadi waktu yang bagus untuk menjangkau audiens Anda.

5. Waktu Terbaik Post Instagram Hari Jumat

Pukul 2 siang. Pada Jumat, engagement di Instagram cenderung stabil sepanjang pagi hingga waktu makan siang, jadi memposting pada saat ini dapat membantu Anda mencapai audiens yang lebih luas.

6. Waktu Terbaik Post Instagram Hari Sabtu

Pukul 9 pagi. Banyak orang mungkin memiliki rencana akhir pekan dan tidak terlalu aktif di media sosial pada siang atau malam hari. Oleh karena itu, posting pada waktu ini dapat membantu menarik perhatian audiens Anda.

7. Waktu Terbaik Post Instagram Hari Minggu

Pukul 7 malam. Minggu cenderung menjadi hari yang santai bagi banyak orang sehingga mereka mungkin lebih aktif di media sosial di sore atau malam hari. Posting pada waktu ini dapat membantu menjangkau audiens yang lebih luas.

 

Waktu Terbaik Konten Reels untuk Memposting di Instagram

Selain mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memposting di Instagram, ada juga waktu tersendiri untuk konten Reels. Waktu posting yang tepat dapat membantu menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan interaksi pengguna dengan konten Anda. Berdasarkan pengalaman kami di Hootsuite, kami telah menemukan waktu terbaik untuk memposting Reels di Instagram. Simak artikel ini untuk mengetahui kapan waktu terbaik untuk memposting Reels di Instagram dan meningkatkan engagement Anda.

Jika Anda ingin meningkatkan jumlah pengikut dan engagement Instagram Anda, posting Reels kapan saja adalah pilihan yang sangat bagus. Berdasarkan data yang ada, Reels dapat mendapatkan hingga 300% lebih banyak engagement dibandingkan video Instagram biasa.

Namun waktu terbaik yang paling cocok dalam data analisis kami adalah pada pukul 9 pagi dan 12 siang, dari hari Senin hingga Kamis.

 

Tips Menentukan Waktu Terbaik untuk Akun Hari Ini

Dalam dunia media sosial, menentukan waktu yang tepat untuk memposting dapat menjadi kunci kesuksesan dalam mencapai target audience. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menentukan waktu terbaik bagi akun Anda:

Analisis Waktu Memposting di Instagram

1. Tinjau Postingan Terbaik

Untuk menentukan waktu yang tepat untuk memposting di Instagram, perlu dilakukan tinjauan terhadap postingan Anda yang paling sukses dalam mencapai engagement dari pengikut Anda. Hal ini dapat membantu Anda mengetahui waktu terbaik yang cocok untuk memposting. Jika Anda menggunakan Instagram Business Account, ceklah data analitik yang memberikan informasi tentang waktu posting terbaik berdasarkan engagement dan jangkauan.

2. Cek Kapan Followers Aktif

Untuk menjangkau pengikut secara efektif, perlu dilakukan pengecekan kapan pengikut Anda paling aktif online. Dengan mengetahui waktu aktif pengikut, Anda dapat memastikan bahwa postingan Anda dilihat oleh mereka dan meningkatkan kemungkinan untuk mendapatkan engagement yang lebih baik. Caranya, lakukan survei atau perhatikan pola perilaku pengikut di waktu tertentu.

3. Pertimbangkan Kapan Pesaing Anda Memposting

Perhatikan kapan pesaing Anda memposting, karena ini dapat mempengaruhi keterlihatan postingan Anda di beranda pengikut. Pilih waktu yang berbeda dari pesaing Anda agar postingan Anda terlihat dengan lebih jelas. Anda bisa menggunakan tool seperti Hootsuite atau Sprout Social untuk memantau kapan pesaing Anda memposting dan mengetahui strategi yang lebih tepat untuk menghadapi mereka.

4. Monitor dan Sesuaikan

Tentukan waktu posting yang ideal untuk akun Anda, lalu monitor dan sesuaikan secara teratur. Jangan takut untuk mencoba waktu posting yang berbeda-beda untuk melihat bagaimana itu mempengaruhi keterlihatan dan engagement pada postingan Anda. Gunakanlah data analitik dari Instagram Business Account dan tools seperti Hootsuite atau Sprout Social untuk melakukan monitoring secara teratur dan memaksimalkan hasil dari strategi waktu posting Anda.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui tips terbaru untuk menentukan waktu terbaik memposting di Instagram pada tahun 2023 bukan? Ingatlah bahwa menentukan waktu yang tepat untuk memposting sangat penting untuk meningkatkan engagement dan jangkauan akun Anda. Dengan menggunakan tips yang telah dibahas, Anda dapat mengoptimalkan waktu posting Anda sehingga lebih efektif dalam mencapai target audience dan membangun brand awareness. Selamat mencoba dan semoga sukses!

SUBSCRIBE

Dapatkan Informasi Teknologi terbaru langsung ke Email Anda. Subscribe Sekarang, GRATIS!
Subscribe

Baca Juga Artikel lainnya

October 21, 2023
15+ Contoh Ide Konten Instagram Edukasi

Instagram, bukan sekadar tempat untuk memamerkan foto-foto yang estetis. Saat ini, platform ini telah menjadi […]

Read More
October 17, 2023
Gaji Content Creator yang Ideal di Indonesia

Di era digital saat ini, profesi sebagai content creator semakin diminati. Indonesia, dengan pertumbuhan pengguna […]

Read More
October 8, 2023
Algoritma Deteksi Objek Pelanggaran Video Live Streaming

Dalam era digital saat ini, live streaming telah menjadi salah satu bentuk komunikasi yang populer, […]

Read More
1 2 3 24

We Are Ardata

PT. Ardata Digital Asia (Ardata Media) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT dengan produknya berupa Jasa dan Produk Digital.
WA : 085741111568
SEMUA ARTIKEL
envelope
Chat Sekarang
Hi, Gunakan chat ini untuk menghubungi kami
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram