Pada kesempatan kali ini, Ardata akan membagikan cara meningkatkan domain authority pada sebuah website.

Tahukah Anda bahwa ada suatu penilaian yang diberikan oleh search engine untuk sebuah domain website? Yap, itu adalah skor domain authority (DA). Semakin tinggi skor domain authority suatu website, maka akan besar kesempatan website tersebut muncul di peringkat atas hasil mesin pencarian Google. Tentu dengan meningkatkan skor domain authority, website Anda akan memiliki lebih banyak traffic karena berkesempatan untuk dilihat oleh lebih banyak orang.

Lantas, bagaimana cara meningkatkan domain authority? Artikel ini akan membahas seputar domain authority dan cara meraih skor yang tinggi, simak terus ya!

Apa itu Domain Authority?

Skor domain authority awalnya diciptakan oleh perusahaan bernama Moz, namun beberapa perusahaan telah mengembangkan beberapa scoring yang serupa. Tiap perusahaan memiliki perbedaan dalam penentuan scoringnya, lebih lengkapnya anda bisa membaca artikel Perbedaan Score Domain Authority Pada Moz Ahrefs Semrush Majestic

Mengutip dari laman Moz, domain authority pada sebuah website adalah skor dari 1-10 untuk menentukan ranking website Anda di search engine result page.

Teknis Penilaian Score Domain Authority

Peringkat suatu website lewat domain authority umumnya dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya adalah:

  • Jumlah link yang menuju ke website
  • Kualitas dan relevansi dari link yang menuju ke sebuah website
  • Kualitas konten yang dihasilkan
  • Seberapa populer website di media sosial
  • Performa SEO suatu website

Pada intinya, domain authority melihat seberapa dapat dipercayanya website Anda oleh audience. Namun, terdapat hal yang perlu Anda perhatikan tentang skor domain authority, seperti:

  • Penilaian suatu website di Google tidak sama dengan domain authority. Jikalau Google mempunyai 200 atau lebih faktor yang membuat website Anda berada di page one, domain authority hanya mempunyai 40 faktor. Setidaknya, hal ini dapat membantu website Anda berada di rank atas dengan penilaian yang transparan, tidak seperti Google PageRank.
  • Skor Domain Authority berubah-ubah sesuai dengan skala logaritma. Ditambah lagi, sebenarnya cukup sulit untuk berubah skor domain authority. Tentu saja, semuanya butuh waktu untuk melihat hasil.
  • Domain authority tidak kenal penalti dari Google. Jadi bisa saja jika skor domain authority suatu website tetap bagus sekalipun website tersebut sedang terkena penalti oleh Google.
  • Apakah ranking domain dipengaruhi Domain Authority? Simak ulasannya di artikel ini : Domain Authority : Apakah Mempengaruhi Ranking SEO Google?

Cek Skor Domain Authority

Untuk mencari tahu skor domain authority website Anda, pergi ke link berikut. Masukkan domain website Anda dan skor akan keluar secara otomatis.

Cara Meningkatkan Domain Authority pada Website Anda

Di bawah ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan skor domain authority:

1. Melakukan Off-Page SEO

optimasi seo onpage

Salah satu penilaian domain authority adalah dari backlink yang dihasilkan ke website Anda. Jadi, website yang dipercaya akan mempunyai skor domain authority yang lebih tinggi.

Sebuah website bisa dikatakan mempunyai link profil yang kuat jika; link yang menuju ke website anda berasal dari web/blog yang sudah dipercaya (backlink), link yang berasal dari website serupa, tidak mempunyai link yang buruk, dan punya link dari domain yang unik.

Jadi, cara untuk optimasi Off-Page SEO adalah sebagai berikut:

  • Sebuah website pasti mempunyai link yang tidak terlalu baik dari sisi pageviews dan trafficnya. Maka, Anda bisa analisa menggunakan tools Moz atau SEMrush dan beri tag nofollow.
  • Ikut komunitas blogger dengan niche tertentu. Biasanya, mereka akan bekerja sama untuk membangun website dengan kualitas yang baik dengan menyebarkan link satu sama lain di blog/website mereka.
  • Untuk itu, buatlah konten dengan kualitas yang baik dan terpercaya, agar bukan hanya komunitas yang menyebarkan konten Anda, namun juga target audience sehingga penyebaran link terlihat natural.

2. Jangan Lupakan On-Page SEO

On-Page SEO adalah usaha untuk mengoptimasi konten dan laman di dalam website Anda.

Cara terbaik adalah dengan membuat konten yang berkualitas dan page yang baik, namun ada beberapa cara lain untuk melakukan on page SEO, yaitu:

  • Mengoptimasi judul dan meta description
  • Menggunakan H1, H3, dan H3 untuk setiap sub judul
  • Link yang keyword-friendly
  • Beri Alt text yang mengandung keyword pada gambar atau video
  • Usahakan penempatan keyword yang berulang kali jangan terlalu banyak
  • Memberikan internal link pada konten Anda
  • Konten yang fresh dan up-to-date

Kesimpulannya adalah, buatlah konten yang berkualitas dan terpercaya untuk bisa melakukan On-Page dan Off-Page SEO. Jika kualitas konten sudah baik, maka Anda dapat dengan mudah mengoptimasi SEO di dalamnya.

3. Technical SEO

Technical SEO biasanya dapat Anda lakukan sedari awal membangun sebuah website. Hal ini juga menjadi faktor pada skor domain authority.

Apa saja technical SEO yang dibutuhkan? Berikut adalah hal-hal yang perlu dilakukan:

  • Daftarkan website ke dalam Google Search Console dan Bing
  • Optimasi XML sitemap dan submit ke Google
  • Cek pengaturan robots.txt dan memastikan bahwa website Anda dapat diakses lewat search engine manapun
  • Ubah website menjadi HTTPS
  • Beri data atau skema yang terstruktur agar search engine mengerti konteks dari konten Anda
  • Pastikan bahwa website Anda mempunyai breadcrumb menu di setiap lamannya
  • Jika website Anda bisa diubah menjadi bahasa lain, pastikan website tersebut mempunyai “hreflang”

Untuk mempelajari Optimasi SEO lebih dalam lagi, bisa membaca artikel ini : Belajar Seo Terbaru

4. Website yang Mobile Friendly

Mempunyai website yang mobile friendly adalah sebuah keharusan. Tahukah kalian bahwa sekitar 60% orang saat ini mencari konten dengan ponsel?

Jadi, penilaian website mobile friendly juga termasuk ke dalam salah satu faktor domain authority. Karena, memang website yang mobile friendly sangatlah penting.

Untuk cek apakah website Anda mobile friendly atau tidak, bisa cek di Google Mobile Friendly Test dan mereka akan memberikan hasil laporan beserta rekomendasi untuk website Anda lebih mobile friendly.

5. Meningkatkan Kecepatan Loading Website

Bayangkan jika Anda masuk ke dalam suatu website, tapi untuk memuat semua konten di dalamnya perlu waktu yang lama. Tentu Anda akan mencari alternatif website lain, bukan?

Nah, website dengan loading yang cepat bukan hanya memiliki domain authority yang baik. Tapi juga akan menghasilkan sales, lead, dan traffic yang baik untuk website Anda.

Baca Juga : 7 Cara Meningkatkan Pagespeed Insight Website Hingga 100%

Biasanya, cara untuk mengatasi loading page yang lama Anda dapat menyewa jasa seorang developer website atau mencoba hosting yang lebih cepat, namun itu memerlukan uang.

Anda dapat melakukannya sendiri, lho. Caranya seperti ini:

  • Hapus plugin yang tidak diperlukan
  • Update WordPress atau CMS ke versi terbaru
  • Upgrade server lewat hosting Anda
  • Menggunakan caching plugin seperti WP Rocket
  • File image yang tidak terlalu besar
  • Embed video atau memasukkan video melalui Youtube
  • Menggunakan CDN atau content delivery network jika memiliki banyak file gambar dan dokumen.

6. Buat Populer Website di Media Sosial

Website yang masuk ke ranking 1 Google biasanya adalah website yang punya like, share, dan link yang disebarkan ke media sosial.

Meskipun beberapa orang mengira hal tersebut tidak berpengaruh, tapi ternyata link yang populer di media sosial juga dapat menjadi faktor, lho.

Untuk bisa membuat sebuah website populer di media sosial, lakukan hal ini:

  • Membuat facebook business page, instagram business, twitter dan meningkatkan followersnya.
  • Pastikan selalu membagikan konten yang Anda buat di media sosial. Hal ini banyak diterapkan oleh perusahaan media di Indonesia.
  • Buat tombol share ke media sosial di laman website Anda
  • Pastikan konten Anda terlihat menarik saat dibagikan ke media sosial

7. Sabar, Semuanya Butuh Proses

Terakhir adalah sabar. Semua usaha untuk meningkatkan kualitas website dan skor domain authority memang tidak bisa dengan sistem kebut semalam.

Bahkan Google dan Moz juga memerlukan waktu untuk menganalisa skor website Anda. Jadi, pastikan proses Anda menaikkan skor domain authority dan page rank dilakukan secara konsisten.

Lalu, selalu evaluasi dan track progress Anda setiap beberapa hari sekali. Maka, hasil kerja Anda menaikkan skor domain authority akan berhasil.

Kesimpulan

Demikian tips untuk meningkatkan domain authority pada website Anda. Saran kami, jangan terlalu terobsesi untuk menaikkan skor DA. Meskipun hal tersebut adalah satu penilaian, Anda perlu lebih fokus tentang performa website Anda di SERP.

Karena, skor DA yang rendah belum tentu Anda tidak dapat bersaing di mesin pencarian, skor DA hanyalah prediksi yang akan membantu Anda mengembangkan website untuk kedepannya.

Nah, jika Anda ingin meningkatkan skor domain authority atau meningkatkan ranking website Anda di Google dengan mudah, alternatif lainnya adalah dengan menggunakan jasa dari Ardata! Ardata juga menyediakan layanan untuk meningkatkan ranking website Anda dalam mesin pencarian Google. Hal tersebut tentu mencakup domain authority juga. Untuk detail lebih lanjutnya, Anda dapat cek layanan kami Jasa SEO

Continue Reading