Merancang dan membangun website merupakan hal yang sudah familiar bagi seorang web developer. Tetapi apakah website yang sudah dibangun dengan baik tersebut dapat dikunjungi oleh banyak orang? Nah dalam membangun sebuah website ada yang dinamakan dengan pengoptimasian SEO.

Pengoptimasian SEO memungkinkan website Anda untuk dikunjungi oleh banyak orang sehingga website dapat terindex oleh Google. Jika website Anda belum terindex oleh Google, mungkin konten website Anda dari segi pengoptimasian SEO masih kurang maksimal.

Oleh karena itu gunakanlah teknik SEO yang efektif. Ada tiga jenis SEO yang efektif, antara lain Technical SEO, SEO On Page, dan SEO Off Page. Di pembahasan ini akan dijelaskan mengenai technical SEO dalam menjadikan website Anda dapat terindex oleh Google.

Apa Itu Technical SEO?

Technical SEO merupakan salah satu teknik SEO selain On page dan Off Page yang berfungsi sebagai penentu sebuah website dapat naik ke ranking atas mesin pencarian atau tidak. Dengan menggunakan technical SEO yang efektif, website Anda akan mudah terindeks oleh mesin pencarian melalui proses crawling. Crawling ini merupakan perayapan oleh mesin pencarian Google agar website Anda dapat terindex oleh Google.

Pentingnya Technical SEO Pada Website

Jika Anda menggunakan technical SEO yang efektif, itu artinya Anda membantu mesin pencarian dalam melakukan proses pendataan terhadap website Anda. Karena berkat proses pendataan tersebut membuat informasi yang ada pada website Anda akan menjadi lebih lengkap dan terstruktur.

Hingga pada akhirnya, proses technical SEO yang efektif mampu memberikan peluang terhadap website Anda untuk dapat naik ke ranking atas halaman pencarian. Maka dari itu membangun website dan membuat konten saja tidak cukup, technical SEO yang efektif juga menjadi peran penting. Karena technical SEO menjadi pondasi SEO dalam sebuah website.

Cara Mengoptimalkan Technical SEO Pada Website

Berikut ini cara-cara dalam proses technical SEO yang bisa Anda lakukan agar proses pengoptimasian SEO Anda menjadi lebih maksimal.

1. Gunakan HTTPS/SSL

Secure Socket Layer (SSL) merupakan sebuah fitur dengan teknologi keamanan yang dapat mengamankan antara web dan browser dengan cara mengenkripsinya. Jika Anda melihat tanda gembok di bagian atas suatu situs web, itu artinya web tersebut sudah menggunakan fitur SSL.

Sedangkan HTTPS merupakan salah satu tanda lain bahwa suatu situs web sudah menggunakan teknologi SSL. HTTPS membuat website menjadi lebih dipercaya oleh pengunjung website. Dengan begitu peluang untuk mendapatkan traffic yang tinggi menjadi semakin besar. Sehingga dapat menjadikan pertimbangan kepada mesin pencarian untuk mengindeks website Anda.

2. Perhatikan Plagiarisme

Plagiarisme merupakan suatu kejadian dimana konten memiliki kesamaan seperti konten lain. Jika Anda membuat konten dengan menjiplak konten milik orang lain itu akan mengakibatkan Google tidak akan mengindeks website Anda. Oleh karena itu buatlah konten yang unik dan asli.

3. Buat Konten Website yang Berkualitas

Buatlah konten yang berkualitas dengan memberikan manfaat terhadap konten yang Anda buat. Jika konten website Anda dapat memberikan manfaat terhadap pengunjung, itu akan meningkatkan kepercayaan dan juga dapat meningkatkan traffic pengunjung.

4. Install Plugin SEO

Salah satu plugin SEO yang bisa Anda pakai adalah Yoast SEO. Plugin yang satu ini tersedia bagi Anda yang membangun website di CMS WordPress. Plugin ini memiliki fitur terlengkap untuk mendukung proses pengoptimasian SEO. Dengan begitu Anda akan mudah dalam meningkatkan kualitas SEO pada website Anda.

5. Gunakan Google Search Console

Tools yang satu ini mampu memeriksa performa website Anda di mesin pencarian. Tools ini mendukung berbagai kebutuhan seperti melihat backlink, ranking artikel, daftar keyword, hingga analisa traffic. Jadi Anda dapat menggunakan tools ini untuk kesuksesan optimasi SEO website.

6. Buat Sitemap

Sitemap adalah sebuah daftar lengkap berisi halaman website Anda yang telah disetting dan dapat diakses oleh mesin pencari dan pengunjung. Sitemap akan menjadikan website Anda cepat terindeks oleh mesin pencarian.

7. Install Google Analytics

Google Analytics akan memudahkan Anda dalam mengetahui traffic pengunjung website. Anda akan dapat melihat halaman apa saja yang diakses oleh pengunjung. Tool yang satu ini juga memberitahukan kepada Anda halaman mana saja yang memiliki traffic tinggi dan yang kurang diminati.

8. Tingkatkan Kecepatan Pada Website

Anda bisa meningkatkan kecepatan loading pada website Anda supaya orang-orang tidak meninggalkan website Anda karena terlalu lama menunggu. Website dengan kecepatan yang lambat dapat mengakibatkan traffic pengunjung menurun dan menjadikan website Anda sulit terindeks oleh mesin pencarian.

Itu dia cara-cara dalam pengoptimasian technical SEO yang efektif. Selain On Page dan Off Page, Anda juga perlu mengoptimasi technical SEO Anda karena technical SEO merupakan pondasi bagi SEO website Anda. Sekian, semoga bermanfaat.

Continue Reading