Dalam membuat suatu website, hal utama yang harus diperhatikan dalam membuat webiste adalah dengan memilih nama domain pada website tersebut, pasalnya nama domain sendiri merupakan sebuah identitas singkat pada sebuah halaman website di internet.

Nama domain tentunya tidak boleh sama dengan website lain, sehingga sebelum menggunakan nama domain tersebut, Anda perlu melakukan riset secara mendalam agar nama domain yang Anda miliki tidak sama dan mudah untuk diketahui oleh pengunjung.

Dengan memilih nama domain yang tepat, maka hal tersebut dapat membantu menaikan Domain Authority. Lalu apakah yang dimaksud dengan Domain Authority itu, dan apakah Domain Authority dapat mempengaruhi Ranking SEO website? Simak penjelasan berikut terkait Domain Authority.

Apa yang Dimaksud dengan Domain Authority (DA)?

Domain Authority atau Otoritas Domain adalah skor peringkat domain yang dapat memprediksi kemungkinan penilaian seberapa baik peringkat website Anda pada Search Engine Result Pages (SERP) atau mesin pencarian.

Skor dari Domain Authority sendiri memiliki rentan nilai mulai dari 1 hingga 100. Skor ini dapat memprediksi seberapa baik domain dan website Anda dalam mesin pencarian. Dengan begitu semakin tinggi skor yang dimiliki, maka semakin memungkinkan website Anda untuk masuk pada halaman tinggi di mesin pencarian.

Namun hingga saat ini ada beberapa orang yang tidak menggunakan Domain Authority karena mengklaim bahwa Domain Authority tidak relevan dalam menentukan peringkat situs website. Alasan tersebut diungkapkan karena Domain Authority ini bukan berasal dari Google atau Mesin Pencarian Tersebut.

Meskipun Domain Authority diklaim tidak relevan dengan penentuan peringkat situs website, Domain Authority bukanlah hal yang sepenuhnya tidak relevan dan bukanlah hal harus diabaikan dalam upaya peningkatan SEO website Anda. Karena sejatinya Domain Authority ini dapat membantu Anda dalam memprediksi kemungkinan peringkat website Anda dalam mesin pencarian. Lalu apakah Domain Authority dapat Mempengaruhi Hasil dari Mesin pencarian Google?

 

Apakah Domain Authority dapat Mempengaruhi Peringkat Google?

Setiap upaya peningkatan SEO tentunya memiliki satu tujuan agar website yang Anda miliki dapat selalu muncul pada halaman pertama Google.

Dalam pernyataannya, Google sendiri tidak terang terangan mengatakan bahwa Domain Authority dapat mempengaruhi hasil peringkat website. Namun ada penelitian yang menunjukkan bahwa Domain Authority memiliki korelasi dengan keyword atau kata kunci. Penelitian tersebut mengatakan Semakin tinggi skor Domain Authority, maka semakin banyak banyak pula keyword atau kata kunci yang memiliki peringkat tinggi.

Dengan begitu Domain Authority dapat membantu memprediksi kemungkinan peringkat website Anda dalam mesin pencarian.

Berikut ini Cara Cek Score Domain Authority dengan 4 Tools Berbeda

Pentingkah Meningkatkan Domain Authority?

Tentu saja. Selain meningkatkan peluang peringkat website Anda, Domain Authority merupakan cara yang bagus untuk melakukan analisis dengan kompetitor. Namun Anda tidak seharusnya berfokus pada Domain Authority dan menjadikan patokan dalam menganalisis kinerja website Anda di SERP. Anda tidak perlu panik apabila skor Domain Authority Anda turun. Karena Domain Authority tidak akan menurunkan peringkat website Anda selagi Anda tetap mengoptimasi SEO website Anda.

Apa Penyebab Domain Authority dapat Naik dan Turun?

Naik – turunnya skor Domain Authority merupakan hal yang wajar dan tidak dapat dihindari. Domain Authority menilai faktor peringkat website salah satunya melalui total backlink yang ditanam. Hal ini berarti bahwa website yang memiliki lebih banyak tautan, dapat menyebabkan naik – turunnya skor Domain Authority.

Naik – turunnya skor Domain Authority juga kemungkinan besar dapat terjadi apabila Google melakukan pembaruan. Namun terkadang ada kondisi dimana Domain Authority Anda ikut turun dan milik kompetitor tidak. Naik – turunnya skor Domain Authority ini dihasilkan terkait masalah pada SEO di website Anda. Berikut adalah permasalahan yang mungkin menyebabkan hal tersebut terjadi.

1. Website Anda belum membuat atau memperbarui konten web sejak terakhir kali Google mendeteksi website Anda.
2. Website Anda terlibat dalam pembuatan backlink spam yang terdeteksi oleh google.
3. Terdapat masalah keamanan, seperti peretasan dan konten berisi spam.

Anda dapat menyelesaikan permasalah ini dan meningkatkan Domain Authority Anda dengan cara sebagai berikut.

 

Cara Meningkatkan Domain Authority

Dalam optimasi SEO, isi kualitas website lebih penting daripada kuantitas. Hal ini sama juga dengan skor Domain Authority. Berikut ini adalah tiga teknik yang dapat digunakan dalam meningkatkan Domain Authority website Anda.

1. Lakukan Pemeriksaan Backlink

Pemeriksaan backlink akan membantu Anda dalam menentukan backlink mana yang rusak, backlink mana yang merupakan backlink spam, dan halaman website mana yang memerlukan peningkatan backlink.

Setelah Anda mengetahuinya, Anda dapat memperbaiki ataupun menghapus backlink yang telah rusak.

2. Membuat Konten yang Layak Ditautkan

Maksud dari konten yang layak ditautkan ini adalah dengan membuat konten website yang dibuat secara organik tanpa plagiarism agar dapat menjadi halaman yang dapat ditautkan. Pasalnya google akan mengetahui kualitas situs tersebut rendah atau tidaknya dan relevan relevan atau tidaknya serta ataupun pedoman pencarian atau tidak. Apabila melanggar ketentuan tersebut, situs Anda kemungkinan dapat dihilangkan oleh google.

3. Berkolaborasi dalam Membangun Link Website

Setelah membuat konten website secara berkualitas dan organik, mempromosikan konten dengan membangun kolaborasi bersama blogger dan perusahaan lain adalah hal terbaik yang perlu di pertimbangkan.

 

Cara Meningkatkan Peringkat Pencarian Google

Selain dari ketiga teknik meningkatkan Domain Authority website, Anda tidak boleh melupakan metode utama dalam melakukan peningkatan peringkat pencarian google. Untuk mengetahuinya, berikut ini adalah penjelasannya.

1. Meningkatkan Kecepatan Website Anda

40% persen pengunjung akan langsung meninggalkan website apabila memerlukan waktu lebih dari 3 detik ketika memuat suatu website. Hal Ini dapat menyebabkan peningkatan bounce rate, dan akan mendorong website Anda untuk lebih rendah di SERP.

2. Mengoptimasi pada Pengalaman Pengguna (UX)

Mesin pencarian seperti google akan memberikan peringkat website bukan hanya dari tingkat rendahnya bounce rate saja, tetapi juga termasuk dalam tampilan website yang mudah digunakan oleh pengunjung. Pastikan website Anda mobile friendly dengan penataan tipografi, gambar, dan tampilan keseluruhan situs web Anda.

 

Cara Meningkatkan Domain Authority Sekaligus Peringkat Pencarian Google

Tahukah Anda, bahwasannya Anda dapat meningkatkan Domain Authority Sekaligus Menaikan Peringkat Pencarian Google secara bersamaan dengan membuat konten berkualitas.

Kualitas konten menjadi penentu utama pada website Anda apakah website Anda ditempatkan pada tempat yang tinggi di SERP ataupun tidak. Cara membuat konten yang berkualitas adalah dengan membuat konten yang berharga bagi Audiens. Audiens akan menyukai konten karena pembahasannya yang sesuai dengan permasalahan yang mereka hadapi

Kesimpulannya adalah, meningkatkan skor Domain Authority memanglah perlu. Namun tidak seharusnya Anda memfokuskan dan menjadikan patokan skor tersebut dalam peringkat SEO atau website Anda. Anda juga perlu meningkatkan aspek aspek lainnya agar website Anda dapat meningkat ataupun bertahan pada halaman utama mesin pencarian.

Continue Reading