Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) menjadi aspek yang sangat penting dalam menentukan performa suatu website agar dapat mencapai ranking yang tinggi di mesin pencarian. Untuk mengetahui skor performa suatu website, Anda harus mengetahui terlebih dahulu skor DA dan PA domainnya.

Ada 4 tools untuk mengecek skor DA dan PA domain suatu website. Keempat tools ini memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengecek DA PA suatu website. Meskipun memiliki fungsi yang sama, ternyata keempat tools ini menggunakan metode yang berbeda dalam menentukan skor DA PA suatu website. Jadi nantinya skor dari keempat tools ini juga akan berbeda-beda.

Bingung ingin menggunakan tools yang mana untuk mengecek skor DA PA website Anda? Kini Anda tak perlu lagi bingung karena akan kami jelaskan keempat tools tersebut dan perbedaannya.

Tools Untuk Cek DA PA Website

Berikut 4 tools untuk cek DA PA suatu website.

1. Moz Domain Authority

MOZ Domain Authority Checker

Domain Authority (DA) merupakan tools dari MOZ yang dapat mengukur peluang suatu website untuk mendapatkan peringkat. Skor domain authority memiliki kisaran antara 1 sampai 100. Hasil penghitungan skor DA dapat ditentukan dari jumlah referring domain, backlink yang berkualitas, hingga kualitas konten.

Selengkapnya :  Apakah Domain Authority Mempengaruhi Ranking SEO Google?

Meskipun mesin pencari seperti Google tidak menggunakan faktor DA dalam menentukan peringkat website, skor DA bisa Anda gunakan untuk menganalisis otoritas dan tingkat kepercayaan kepada website Anda. Dengan begitu Anda akan mengetahui bagian mana pada website Anda untuk bisa ditingkatkan lagi kualitasnya.

2. Semrush Authority Score

Semrush Domain Authority Checker

Authority Score (AS) merupakan tools dari Semrush untuk mengukur kualitas dan semua kinerja SEO di dalam suatu website. Skor otoritas dapat ditentukan melalui backlink, traffic web, dan pencarian domain. Selain itu, skor otoritas dihitung setelah menilai domain perujuk, tautan keluar, IP perujuk, subnet perujuk, dan jumlah total tautan keluar dari setiap domain perujuk.

Dengan mengetahui authority score website Anda, Anda akan bisa dengan mudah mengetahui kendala yang mengakibatkan penurunan SEO Anda. Sehingga Anda bisa berfokus terus meningkatkan SEO website Anda. Jika authority score website Anda naik, itu artinya Anda telah berhasil mengoptimasi SEO sehingga website Anda semakin berkualitas.

3. Ahrefs Domain Rating

Ahrefs Domain Authority Checker

Selain DA PA, ada juga yang namanya DR. Domain Rating (DR) ini merupakan tools yang mengecek kualitas backlink website dibandingkan dengan website lainnya. Tool ini memiliki nilai skor yang sama seperti domain authority, yakni 1 sampai 100. Domain rating milik Ahrefs ini akan menentukan skor domain rating website dengan cara menghitung seberapa banyak link yang di tanam di situs lain. Semakin tinggi skor Domain rating, semakin berkualitas pula backlink yang Anda tanam di situs lain.

Meskipun domain rating bukan penentu ranking website di mesin pencarian, domain rating tetap memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas backlink Anda. Saat Anda hendak menanamkan backlink di situs website lain, pastikan Anda mengecek terlebih dahulu skor domain rating mereka untuk dapat membandingkannya dan memilih yang terbaik. Dengan begitu Anda akan mendapatkan backlink berkualitas tinggi. Sedangkan jika Anda menanamkan link Anda di situs web dengan skor DR yang rendah, malah akan menurunkan peringkat website Anda, alih-alih ingin meningkatkannya.

4. Majestic TrustFlow

Majestic Domain Authority Checker

Trustflow (TF) merupakan tools dari Majestic yang mampu mengukur tingkat kepercayaan situs web. Skala untuk skor Trusflow yakni 1 sampai 100. TF akan mengukur seberapa tinggi website Anda dapat dipercaya. Situs web yang isi kontennya terpercaya akan mendapat nilai skor TF tinggi. Sedangkan situs web yang isi kontennya meragukan akan mendapat skor TF yang rendah.

Untuk mengetahui situs web bisa dipercaya atau tidak, Trusflow akan mengukurnya dari kualitas backlink. Backlink yang dipakai apakah berasal dari sumber yang resmi atau yang meragukan. Trusflow akan membantu Anda untuk mengetahui peluang website Anda dalam mendapatkan ranking. Tools ini berbeda dari yang lain, karena hanya berfokus pada penyediaan analisis situs Anda untuk mendapatkan backlink berkualitas.

Perbandingan 4 Tools Pengecek Domain Authority

Kali ini kami akan membandingkan keempat tools domain authority checker dengan mencoba mengecek 2 domain website. Berikut adalah hasilnya.

Tabel Perbandingan Domain Authority Checker

Seperti yang dapat Anda lihat dari skor di atas, memang keempat tool memberikan skor yang berbeda. Hal ini dikarenakan setiap tool memiliki cara yang berbeda dalam menentukan skor DA PA website.

Ahrefs Domain Rating (DR) menentukan skor domain rating dari keunikan nama domain dan linking domains. Semrush Authority Score (AS) menentukan skor authority dari referring domain dan backlink. Moz Domain Authority (DA) menentukan skor domain authority dari linking root domain, ranking keyword, dan spam score. Majestic TrustFlow (TF) menentukan skor trustflow dari kualitas dan sumber backlink.

Nah itu tadi 4 tools untuk mengecek DA PA domain. Jika Anda sudah menentukan tools yang akan dipakai, pastikan untuk mengecek DA PA domain website Anda secara teratur. Hal ini dilakukan agar Anda dapat mengetahui bagian website yang mana yang harus ditingkatkan supaya performanya semakin tinggi dan dapat mencapai ranking tinggi di mesin pencarian. Namun jangan terlalu terobsesi dengan tools checker yang satu ini, karena tools ini hanyalah suatu pembanding skor website Anda dengan website lainnya. Sekian, semoga membantu.

Continue Reading