Membuat konten yang berkualitas dan menarik akan mendukung kelancaran website Anda. Anda dapat menggunakan segenap tenaga dan waktu untuk dapat menciptakan konten yang berkualitas untuk website Anda. Dengan begitu traffic pengunjung akan naik secara organik.

Apabila Anda membuat konten yang menarik dan asli, mesin pencarian juga akan menyukai konten Anda dan memberikan peluang terhadap website Anda dalam peningkatan ranking di mesin pencarian. Jadi konten yang berkualitas dan menarik tak hanya membuat website menjadi lebih baik, tetapi juga bisa menaikkan ranking website dan memberikan banyak keuntungan bagi bisnis Anda.

Bagi Anda yang menginginkan konten website yang berkualitas dan menarik, artikel kali ini mungkin akan membantu Anda. Berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai konten website yang berkualitas dan menarik.

Apa Itu Konten Website?

Konten website merupakan informasi di dalam website yang dapat diakses melalui internet. Secara umum, konten website terdiri dari teks, gambar, dan audio. Konten berupa teks dapat berisi tentang deskripsi, kajian, ulasan, dll. Sedangkan konten gambar merupakan jenis konten yang paling disukai. Oleh karena itu banyak orang menyertakan gambar sebagai ilustrasi pada konten website mereka.

Ciri Konten Berkualitas dan Menarik

Suatu konten dapat disebut sebagai konten berkualitas jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

1. Konten Mudah Ditemukan (Findable)

Ciri-ciri konten berkualitas yang pertama adalah konten tersebut mudah ditemukan. Konten yang mudah ditemukan artinya posisi website tersebut ada di halaman pertama pencarian google. Itu artinya website tersebut berisi konten yang berkualitas dan menarik sehingga traffic pengunjung juga meningkat.

2. Konten Mudah untuk Dibagikan (Shareable)

Ciri selanjutnya untuk konten yang berkualitas adalah konten yang mudah untuk dibagikan. Konten ini memiliki isi yang menarik, baru, dan aktual sehingga pembaca akan merekomendasikan dan membagikannya ke orang lain.

3. Konten Mudah Dibaca (Readable)

Konten yang berkualitas adalah konten yang mudah dibaca. Tingkat keterbacaan menjadi unsur penting dalam pembuatan konten berupa teks. Selain itu margin, ukuran dan warna font juga menjadi penentu sebuah konten mudah dibaca atau tidak.

4. Konten Mudah Diingat (Memorable)

Selanjutnya adalah konten yang mudah diingat. Jika suatu konten mudah diingat oleh pembaca, mereka akan berpeluang untuk datang kembali untuk mengunjungi website tersebut.

Tips Membuat Konten yang Berkualitas dan Menarik

Berikut tips membuat konten website yang berkualitas dan menarik yang dapat Anda terapkan dalam membuat konten website.

1. Buat Konten yang Orisinil

Konten yang orisinil artinya konten Anda tidak menjiplak dari konten lain. Pastikan membuat konten yang benar-benar orisinil agar pengunjung menyukai konten yang Anda buat sehingga meningkatkan traffic website. Itu artinya konten website Anda berkualitas.

2. Buat Headline yang Kuat

80% orang hanya membaca headline sebelum benar-benar membaca isi dari konten tersebut. Jika dari headline saja tidak bagus, orang-orang tidak akan penasaran dan malah lebih memilih untuk meninggalkannya. Maka dari itu buat headline yang mengundang rasa penasaran orang sehingga mereka mau melihat atau membaca isi konten website Anda.

3. Buat Konten yang Bermanfaat

Pastikan konten yang Anda buat memberikan manfaat setelah pengunjung membacanya. Jika pengunjung merasa konten yang mereka baca memberikan manfaat, mereka akan merekomendasikan atau membagikannya kepada orang lain.

4. Cantumkan Informasi yang Akurat

Konten berupa teks seperti artikel atau blog harus memuat informasi yang benar-benar akurat. Konten yang berisi informasi yang akurat akan menambah kepercayaan terhadap pembaca. Anda dapat menautkan link berisi sumber lain agar mesin pencari memahami isi konten Anda.

5. Buat Konten yang Meningkatkan Engagement

Konten engagement merupakan konten yang berisi tentang pengetahuan baru, tips, atau sesuatu yang baru. Ini akan membuka wawasan pembaca terhadap sesuatu yang baru. Anda dapat membuat pembukaan dengan kata-kata yang membuat orang penasaran. Buat bagian perkenalan yang mengesankan kemudian tutup dengan kesimpulan yang bermanfaat. Ini akan mengundang banyak komentar dan meningkatkan interaksi pada website Anda.

6. Sertakan Media Gambar atau Video

Konten yang berkualitas pasti selalu menyertakan gambar dan video. Dengan begitu orang yang membacanya tidak akan bosan dan dapat melihat gambar untuk membantu mengilustrasikan isi konten yang Anda buat. Anda dapat juga menyertakan konten video dari Youtube agar dapat meningkatkan pengalaman pembaca.

7. Perhatikan Ukuran Konten

Konten yang panjang bukan berarti memiliki isi yang berkualitas. Jangan terpaku oleh jumlah kata yang ingin Anda buat. Jadi pastikan di setiap konten yang Anda buat memiliki informasi yang berkualitas.

8. Selalu Update Konten

Jika Anda sudah membuat konten yang berkualitas, langkah terakhir adalah jangan lupa untuk selalu update konten dan buat konten yang lebih berkualitas. Ini akan menandakan website Anda aktif dan terus upload konten yang tak kalah menarik lainnya. Dengan begitu Anda dapat menjaga ranking website untuk terus berada di halaman paling pertama di mesin pencarian.

Itu dia tips membuat konten website yang berkualitas dan menarik yang dapat mulai Anda lakukan. Sekian, semoga bermanfaat.

Continue Reading