Untuk membuat situs Anda mampu berada di page one, sering kali banyak orang hanya mementingkan banyaknya konten tanpa memperhatikan kualitas konten. Padahal perlu Anda ketahui, untuk mendapatkan rating tinggi, pengoptimalan konten untuk SEO sangatlah penting.

Anda dapat mempelajari elemen-elemen yang mampu memaksimalkan raking konten tersebut. Dengan begitu pemasaran yang dilakukan melalui konten tidak akan gagal, mengingat saat ini begitu banyak konten yang diterbitkan hanya untuk menaikkan peringkat pada SERP tanpa pengoptimalan di setiap kontennya.

Berikut adalah 16 elemen penting yang harus Anda pelajari untuk mengoptimalkan konten SEO.

  1. Kata Kunci yang Tertarget

Sebelum menerbitkan sebuah konten, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah riset keyword atau penelitian kata kunci terbaik. Dimana pencarian kata kunci akan menentukan apakah jenis konten yang Anda buat, konten pilar kah atau konten klaster (konten pendukung dari konten pilar).

Anda bisa menggunakan web pembantu untuk mencari kata kunci yang tepat. Dari web pembantu ini Anda bisa mendapatkan kata kunci yang paling banyak dicari oleh pengguna internet.

  1. Menggunakan URL yang Ramah Mesin Pencarian

Sejak tahun 2008, URL dengan jumlah kata 3-5 merupakan konten dengan optimasi URL ramah mesin pencarian. Dengan kata lain, URL yang memiliki terlalu banyak jumlah kata serta susunan yang rumit hanya akan mengurangi bobot konten yang Anda terbitkan.

Selain itu peletakan kata kunci pada URL juga penting Anda lakukan, demi mempermudah pencarian dan nantinya dapat meningkatkan rating konten Anda.

Baca : Cara Terbaik Setting Permalink Web

 

  1. Mengoptimalkan Tag Judul

Untuk dapat mengoptimalkan tag judul, Anda bisa memulainya dengan menuliskan kata kunci yang telah Anda tentukan. Anda dapat mengoptimalkan tag judul dengan memulai menuliskannya pada kata kunci,

Tampilan tag judul Google sekarang yaitu maksimal 600px. Nah bagi Anda yang masih kurang paham dengan tampilan sempurna tag judul, alat tag judul seperti Moz dapat membantu memperlijatkan bagaimana tampilannya.

Baca : Tips Membuat Title Tag Website Yang Disukai Google

 

  1. Optimalkan Meta Deskripsi

Mengapa meta deskripsi juga dapat mengoptimalkan konten yang Anda terbitkan? Salah satu alasannya yaitu karena meta deskripsi merupakan deskripsi konten yang akan langsung terlihat pada halaman pencarian utama.

Dengan begitu sebisa mungkin buat meta deskripsi yang menarik dengan topik berupa kesimpulan dari konten yang Anda buat. Selain itu meta deskripsi juga sering menjadi pembeda konten satu dengan lainnya yang memiliki kata kunci sama.

Baca : 8 Teknik Menulis Meta Description Website

 

  1. Optimalkan Penggunaan H1
  2. Penempatan Kata Kunci pada Paragraf Pertama

Penempatan kata kunci dan jumlah kata kunci dalam satu konten juga perlu Anda perhatikan. Nah salah satu trik ampuh terkait penempatan kata kunci yaitu meletakkan kata kunci pada paragraph pertama dengan alur kalimat yang mengalir, sehingga tidak mengurangi tingkat readable konten.

Sebuah konten akan terlihat lebih menarik apabila terdapat pembeda antara judul, sub judul dan isi konten. Untuk judul sendiri Anda dapat menggunakan headling 1. Perlu Anda ingat penggunaan H1 ini hanya untuk judul saja, dan tidak untuk subjudul ataupun bagian lain.

  1. Optimalkan Penggunaan H2

Salah satu sarat konten yang baik dan enak dibaca adalah memiliki sub judul. Dimana pembeda sub judul dengan kalimat lain bisa dimaksimalkan dengan penggunaan headling 2 atau H2. Selain itu, penggunaan H2 juga dapat memaksimalkan readable konten. Agar terlihat lebih menarik, Anda dapat mengvariasikan penggunaan kata kunci dengan kata lain pada subjudul.

  1. Gunakan Gambar atau Video

Selain menggunakan H2, readable sebuah konten juga bisa dimaksimalkan dengan menambahkan gambar atau video. Penggunaan gambar atau video pada konten juga berfungsi untuk memudahkan pemahaman konten.

Penggunaan watermark juga bisa menjadi identitas dari situs Anda. Dengan begitu pembaca akan lebih mudah mengenali situs Anda.

  1. Menggunakan Kata Kunci Terkait Semantik

Peningkatan konten agar berhasil masuk pada page one juga dapat dilakukan dengan kata kunci yang terkait secara semantic. Penggunaan kata atau frasa yang saling terkait secara alami juga menjadi jurus ampuh untuk meningkatkan keberhasilan koten Anda. Namun untuk lebih maksimal, Anda dapat menggunakan alat bantu seperti LSIgraph guna memicu munculnya ide untuk frasa yang saling terkait.

  1. Mobile-First Desain

Selain memperhatikan tampilan situs Anda pada PC, Anda juga perlu memperhatikan bagaimana tampilan situs pada ponsel. Ya, meskipun situs Anda sudah responsive terhadap tampilan di ponsel, namun penataan tampilan sehingga terlihat lebih menarik perlu dilakukan mengingat pengguna internet saat ini lebih banyak menggunakan ponsel sebgaai media jelajah.

  1. Gunakan Outbound Links

Outbound link atau ekstrenal link juga perlu Anda cantumkan dalam sebuah konten. Pilih konten dari situs lain dengan kata kunci atau niche sejenis sehingga penaikan rangking konten Anda akan lebih cepat. Jumlah outbound link yang dapat digunakan pun variative, minimal 2 link.

  1. Internal Links

Dalam satu situs tentunya Anda tidak hanya memiliki satu dua konten saja. Nah untuk menaikkan setiap konten yang Anda buat, penggunaan internal link juga akan sangat membantu.

Buat internal link dengan gaya mengalir yaitu langsung masukkan link pada kata yang tepat. Selain itu Anda juga bisa membuat internal link dengan kata frontal yang langsung mengarakan pembaca pada konten lain yang ingin Anda up.

  1. Kecepatan Halaman

Mempercepat tampilan halaman juga menjadi cara ampuh untuk menaikkan rating konten. Dimana kecepatan halaman juga sangat tergantung dari gambar serta media lain yang Anda gunakan. Hanya saja untuk pengaturan ini biasanya dibutuhkan waktu cukup lama, sehingga Anda dapat menggunakan alat bantu untuk mempermudahnya, seperti Google PageSpeed.

  1. Tombol Berbagai di Sosial Media

Di era sekarang ini pengguna media sosial seakan sudah menjamur dimana-mana, sehingga pengoptimalan konten melalui media sosial juga bisa jadi dirasa sangat efektif. Anda dapat menggunakan kolom share sehingga mempermudah pembaca dalam membagikan konten yang menurutnya layak untuk dibagi.

  1. Unik serta Mendidik

Selain seberapa sering konten dibuka, page one juga bisa diraih dengan syarat seberapa lama konten tersebut dibuka. Untuk mengakali hal ini, pembuat konten harus pandai membuat konten yang cukup panjang sehingga mampu memenuhi minimum waktu yang dibutuhkan.

Namun pastikan jika konten yang dibuat harus unik dan mendidik. Hindari penulisan konten dengan kata yang bertele-tele dan tidak mengandung makna.

  1. Anatomi Konten yang Dioptimalkan

Satu lagi elemen penting yang perlu Anda perhatikan untuk mengoptimalkan konten, yaitu anatomi konten yang dimaksimalkan sempurna.

Siap terbitkan konten berkualitas dengan panduan di atas?