February 8, 2019

Cara Terbaik Setting Permalink (URL) WordPress Supaya SEO Friendly di tahun 2021

cara setting permalink wordpress

Permalink adalah URL atau tautan permanen yang mengarah ke laman tertentu pada sebuah website. permalink yang baik adalah permalink yang mudah diingat oleh orang lain ketika mengunjungi website kita. Sedangkan permalink seo friendly adalah url yang berisikan kata kunci sebuah artikel atau postingan yang mudah untuk dibaca mesin pencari.

Sedangkan secara default struktur URL atau permalink wordpress sama sekali tidak ramah terhadap mesin pencari. Struktur permalink wordpress hanya akan menunjukan nomer ID dari halaman yang diposting.

Cara Setting Permalink WordPress

Untuk itu berikut adalah cara setting permalink wordpress agar SEO Friendly :

  1. Masuk ke dashboard wordpress
  2. Pilih menu Settings > Permalinks
  3. Pilih struktur permalink

Jenis-Jenis Permalink WordPress :

  • Plain ( permalink biasa)

Plain atau disebut juga default merupakan cara menampilkan permalink dengan struktur?biasa. Menggunkaan cara ini sangat tidak disarankan karena susah untuk dimengerti oleh bahasa manusia dan tidak memberikan informasi yang jelas terhadap postingan. Penggunaan permalink ini sangat tidak disarankan.

?Contoh = https://ardata.co.id/?p=123

  • Day and name

Day and name permalink ini ?menyertakan tanggal. Day and name sebenarnya kurang tepat untuk SEO karena url akan terlalu panjang jika disertakan kata kunci juga.

Contoh = https://ardata.co.id/2019/02/04/sample-post/

  • Month and name

Month and name permalink hampir sama dengan day and name permalink. Permalink ini juga tidak disarankan untuk digunakan.

Contoh = http://lardata.co.id/2019/02/sample-post/

  • Numeric

Numeric permalink hanya akan menampilkan ID untuk postingan dan tidak menggambarkan postingan, jadi Permalink ini bukan pilihan yang tepat untuk membuat permalik yang SEO friendly.

Contoh = https://ardata.co.id/archives/123

  • Post name

Post name adalah permalink yang cocok dan SEO friendly karena menampilkan url yang sesuai dengan namanya, selain itu post name juga tidak terlalu panjang dan sudah banyak dibuktikan pengguna wordpress jika post name seo friendly. Permalink dengan struktur post name sangat disarankan agar permalink seo friendly.

contoh = ?https://ardata.co.id/sample-post/

  • Custom struktur

Dengan custom struktur kita bisa menggunakan tag khusus wordpress sesuai dengan url. Kita bisa menggunakan tag khusus untuk mempermudah google menerima banyak informasi tentang postingan kita. Sebaiknya ketika menggunakan custom struktur gunakan tidak lebih dari 5 tag.

  1. Jika sudah selesai simpan permalik dengan kilk Save canges

 

Setting URL WordPress Supaya SEO Friendly

Kita juga bisa merubah ulang url agar seo friendly dengan ?cara berikut ini :

  1. Hapus kata-kata yang tidak relevan dan fokus pada kata kunci. Buang saja kata penghubung seperti di, dan, ke, untuk, dan lainnya.
  2. Tulis URL dengan singkat. Karena url yang panjang akan susah untuk menaikkan peringkat postingan anda dimesin pencari.
  3. Hindari penggunaan garis bawah ( _ ) untuk penghubung, gunakan tanda hubung ( - ) untuk saling menghubungkan. Dan lakukan dua langkah tersebut dalam website.

Selain itu kita juga bisa menggunakan plugin wordpress untuk meningkatkan seo Friendly postingan website kita, plugin yang paling banyak digunakan para pengguna wordpress adalah plugin Yoast SEO, didalam plugin ini terdapat fitur yang lengkap. Kita bisa memastikan struktur permalink yang dibuat sudah benar dan optimal atau belum. Kita juga bisa mengubah struktur permalink jika belum sesuai secara manual menjadi sesuai dengan kata kunci.

 

Catatan :

Jika url atau permalink sudah seo friendly lebih baik jangan dirubah lagi. Dan jika website saling berhubungan dengan website lain maka rubahlah ulr yang sesuai satu sama lain. Demikian cara setting permalink agar seo friendly ssemoga dapat membantu.

 

SUBSCRIBE

Dapatkan Informasi Teknologi terbaru langsung ke Email Anda. Subscribe Sekarang, GRATIS!
Subscribe

Baca Juga Artikel lainnya

May 9, 2024
Backlink Media Nasional : Pengertian, Cara Mendapatkan, Biaya

Backlink Media Nasional sering kali ditemukan melalui siaran pers atau press release di sebuah website […]

Read More
November 16, 2023
Apa Itu SEO Offpage? & Bedanya Dengan Onpage

Tahukah Kamu, Apa Itu SEO Offpage? Ketika kita mencari sesuatu di mesin pencari seperti Google, […]

Read More
November 15, 2023
Apa Itu SEO Onpage? Dan Cara Mengoptimasinya

Mari bersama kita telusuri bersama konsep dasar "Apa itu SEO Onpage?" serta strategi praktis untuk […]

Read More
1 2 3 24

We Are Ardata

PT. Ardata Digital Asia (Ardata Media) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT dengan produknya berupa Jasa dan Produk Digital.
WA : 085741111568
SEMUA ARTIKEL
envelope
Chat Sekarang
Hi, Gunakan chat ini untuk menghubungi kami
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram