Kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat title tag menjadi SEO friendly. Sebelumnya, apa itu title tag? Title tag adalah tag html yang terletak di setiap halaman dan ditampilkan sebagai judul dari halaman tersebut. Bisa kita lihat di tab browser dan halaman pencarian dengan bentuk link yang bisa kita klik.
Title tag mengisyaratkan dan mendeskripsikan apa isi dari sebuah halaman. Kita akan tahu apa garis besar dari sebuah halaman dengan melihat title tag. Title tag juga bisa menjadi tolak ukur relevansi keyword. Ketika kita mencari sesuatu di search engine, maka akan muncul banyak sekali hasil pencarian. Menarik atau tidaknya sebuah title tag mempengaruhi pengguna internet untuk memutuskan situs mana yang hendak dikunjungi. Karena terkadang orang akan lebih memperhatikan judul daripada deskripsi yang tertera dibawahnya. Jadi, kita harus tahu cara membuat title tag yang baik.
Title tag hanyalah salah satu dari sekian banyak elemen pada SEO. Namun jangan dianggap remeh, jika elemen lain sudah pas tapi title tag masih buruk, sama saja sulit untuk menaikkan peringkat situs. Title tag yang buruk bisa merusak hasil SEO.
Lalu bagaimana cara membuat title tag menjadi SEO friendly? Berikut beberapa tipsnya :
- Efisien
Ingat, membuat title tag maksimal 70 karakter termasuk spasi. Usahakan tidak mencapai angka tersebut. Jangan berlebihan dalam membuat title tag, misalkan mengulang-ulang judul sehingga terlihat seperti spam. Search engine tidak menilai dari frekuensi, tapi fokus pada konteks. Pilihlah kata yang jelas dan mudah dipahami, serta tambahkan keyword kedalamnya agar title tag menjadi lebih efisien.
- Cermat dalam memilih keyword
Lakukan riset terhadap kata kunci yang sering dicari oleh pengguna internet. Posisikan keyword di depan atau setidaknya tidak di bagian akhir. Intinya, urutkan dari kata yang paling penting.
- Keunikan
Buatlah title tag yang berbeda pada masing-masing halaman. Jangan menduplikat title tag yang sudah dipakai di sebuah halaman. Karena tag yang dipakai berulang pada banyak halaman tidak akan berguna, hanya terpakai pada salah satu halaman saja. Untuk memeriksa apakah ada title tag yang sama, kita bisa menggunakan Google Search Console.
- Sesuaikan dengan konteks halaman
Dalam sebuah situs terdapat beberapa jenis halaman. Misalnya halaman utama (homepage), halaman produk, dan sebagainya. Semakin spesifik halamannya, semakin spesifik pula tag title yang disematkan. Kata dan frasa yang sudah digunakan boleh diulang, asalkan detailnya beda.
- Relevan terhadap topik yang dibahas
Perhatikan relevansi dalam membuat title tag supaya SEO semakin maksimal. Jangan gunakan kata yang tidak ada hubungannya sama sekali. Pengguna internet juga pasti akan kecewa dengan situs yang seperti itu. Sama seperti memilih kata kunci, kita harus menggunakan kata yang sesuai dengan konten yang dibuat.