Meta description merupakan salah satu cara untuk mengoptimasi SEO. Walaupun Google sudah mengatakan jika meta description tidak mempengaruhi peringkat sebuah halaman website, namun kenyataannya meta description adalah atribut penting yang diperlukan halaman website untuk mengoptimasi SEO dan tanpa meta description maka halaman tersebut akan dianggap tidak relevan oleh Google. Hal-hal seperti CTR atau jumlah klik dan persepsi apa saja yang ditawarkan oleh situs web akan berubah jika kita membuat meta description dengan benar dan mengoptimalkannya.

Masalahnya masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara membuat meta description yang tepat untuk SEO. Berikut ini cara membuat meta description yang tepat untuk SEO:

Apa itu Meta Description?

Meta description atau meta deskripsi adalah tag meta atau atribut HTML yang memberikan penjelasan secara singkat isi konten dari sebuah halaman website. Meta description biasanya digunakan di hasil pencarian search engine untuk menampilkan gambaran singkat dari halaman tersebut dan diletakan? dibawah title tag.

Meta Description yang menarik

Meta description bertujuan untuk mendorong pembaca mengunjungi halaman website yang muncul di halaman pencarian. Jadi buatlah meta description semenarik mungkin dan beda dari yang lain. Selain itu menulis sebuah meta description yang mudah dibaca, menarik dan menggunakan kata kunci yang tepat didalam nya akan meningkatkan traffic kunjungan dari website tersebut.

Meta Description dan SERP Snippets

Kebanyakan orang masih salah mengartikan meta description dan SERP Snippets. Padahal dua hal ini sangat jelas berbeda. Meta description adalah atribut HTML berisi deskripsi yang kita buat sendiri dan terletak dibawah title tag, sedangkan SERP Snippets adalah deskripsi yang dibuat ataupun ditampilkan oleh google untuk sebuah halaman web yang terletak di dalam sebuah kolom cuplikan bagian atas halaman hasil pencarian, baik itu deskripsi? yang kita buat sendiri atau Google yang membuatnya.

Jumlah karakter

Jumlah karakter untuk meta description sebenarnya tidak terbatas, akan tetapi Google atau search engine lain biasanya akan memotong deskripsi yang panjangnya lebih dari 160 karakter. untuk itu sangat disarankan agar menulis meta description tidak lebih dari 160 karakter.

Mentargetkan pembaca

Mengidentifikasi terlebih dahulu para pembaca sebelum menulis deskripsi sangat penting, kita perlu tahu? apa yang mereka butuhkan dan deskripsi seperti apa yang akan dengan mudah mereka temukan, kemudian lihat seberapa besar peluang kita untuk membuat halaman tersebut.

Kata kunci dalam meta description

Ketika kita melakukan pencarian di google atau search engine lain kita pasti akan menemukan kata kunci didalam meta deskripsinya. Penggunaan kata kunci ini merupakan cara untuk menarik pembaca agar yakin jika mereka telah menemukan website yang paling relevan dengan yang mereka cari. Dan dengan menambahkan kata kunci pada meta description berkemungkinan besar halaman akan mudah disorot oleh google ketika menampilkan hasil dari sebuah pencarian.

Tips : Pastikan tidak memasukkan?spam keyword, karena memasukkan spam keyword merupakan kesalahan besar penulisan meta description.

Meta description yang spesifik?

Buatlah deskripsi dengan kalimat yang benar-benar memberikan informasi atau gambaran secara spesifik namun masih nyaman untuk dibaca para pengunjung ( human- readable). Jangan membuat deskripsi yang terlalu umum karena hal tersebut justru akan membuat pembaca tidak yakin untuk mengunjungi halaman website.

Hindrai tanda petik dua

Google akan memotong meta deskripsi yang didalamnya terdapat tanda petik dua. Untuk mencegah meta description yang kita buat terpotong, lebih baik hilangkan karakter non-alphanumeric seperti tanda petik dua pada meta deskripsi. Apabila tanda petik penting untuk meta description maka kita bisa menggunakan tanda petik satu sebagai gantinya.

Coba menggunakan simbol dan angka

Menggunakan simbol dan angka dalam meta deskripsi dinilai mampu mempengaruhi psikologis untuk meningkatkan minat seseorang. kita bisa mengkombinasikan simbol dan angka dengan pola huruf, seperti penggabungan antara huruf kecil dan huruf kapital. terutama menggunakan simbol persen ( %) karen simbol ini akan sangat mempengaruhi psikologi pengunjung.

Demikian?cara membuat meta description yang? tepat untuk SEO, agar meta description lebih optimal maka lakukan langkah-langkah tersebut dengan pertimbangan yang baik. Semoga dapat membantu.