Tahukah Anda, Google melakukan pembaruan algoritma mesin pencari berkala tiap tahun. Lalu, untuk periode kali ini apa saja yang berubah? Bagaimana cara mengoptimasi halaman website sesuai Update Algoritma Google Mei 2022? Temukan jawabannya pada ulasan berikut!

Google selalu mengupayakan perbaikan untuk meningkatkan hasil pencarian yang lebih akurat, relevan, bermanfaat, dan tentunya user friendly. Laporan Google menyebutkan bahwa tiap tahun, bahkan beberapa bulan sekali pasti terdapat pembaruan Algoritma Google yang telah berhasil menekan SERP yang tidak relevan pada mesin pencari hingga 40% dalam kurun waktu kurang dari lima tahun terakhir, loh! Pencarian jadi jauh lebih efektif, bukan?

Analisa Perubahan Algoritma Google Broad Core di bulan Mei 2022

Anda mungkin masih bertanya-tanya, apa itu pembaruan algoritma Google?

Update Algoritma Google adalah perubahan algoritma pada sistem mesin pencari yang menafsirkan sinyal dari halaman website, seperti kata kunci, tautan, dan lain-lain. Tujuannya untuk meningkatkan hasil SERP dan memberi peringkat konten website yang paling relevan dan sesuai kebutuhan pencarian user.

SERP (Search Engine Result Optimization) sendiri merupakan hasil pencarian yang muncul ketika user memasukkan kata kunci tertentu. Pada laman SERP terdapat dua jenis hasil pencarian, yakni organik dan berbayar berupa iklan.

Resmi pada 25 Mei 2022, melalui akun Twitter Google Search Central mengumumkan peluncuran The May 2022 Core Update (pembaruan inti) yang memerlukan waktu 1-2 minggu hingga tahap final peluncuran. Lalu apa saja yang berubah? Simak penjelasan berikut!

Apa Saja yang Berubah pada Update Algoritma Google Broad Core, Kali Ini?

Peluncuran pembaruan inti kali ini, Google merujuk pada panduan yang terbit pada 2019 dengan mengupayakan perubahan signifikan pada performa situs website.

Berikut poin-poin pada perubahan Algoritma Google Mei 2022.

  • Target Peningkatan Sistem Google Secara Keseluruhan

Google menargetkan perubahan inti akan memberikan efek yang lebih luas, seperti peningkatan atau penurunan pada SERP. Oleh karena itu, Google merancang pembaruan algoritma tidak untuk hal-hal spesifik seperti menargetkan halaman atau situs tertentu, akan tetapi hal yang bersifat menyeluruh untuk meningkatkan kinerja sistem pencarian Google. Pengoptimalan cara sistem menilai konten secara keseluruhan dapat meningkatkan performa halaman dan hasil pencarian.

  • Pengaruh Performa Website

Proses update algoritma Google biasanya akan memberikan pengaruh pada performa website, seperti mengalami penurunan atau peningkatan. Perlu diketahui bahwa lonjakan performa selama proses pembaruan bukanlah suatu masalah. Peringkat halaman akan mengalami fluktuasi selama update algoritma Google berlangsung.

Halaman website yang mengalami penurunan tidak akan mendapatkan sanksi. Penurunan performa tidak tergolong pelanggaran pedoman webmaster. Google akan melakukan peninjauan dan penilaian ulang seputar konten, terutama konten-konten baru, jadi website tidak terkena sanksi atau penalti. Bagi halaman website yang terkena dampak dapat melakukan pemulihan dan perbaikan.

  • Fokus pada Penyediaan Konten Berkualitas

Google selalu melakukan pembaruan inti yang luas secara berkala hampir terjadi setiap bulan. Dampak pembaruan algoritma Google terbilang sulit diprediksi. Situs website mungkin tidak dapat pulih selama pembaruan.

Oleh karena itu, diperlukan perbaikan dan produksi konten yang bernilai dan berkualitas (berbobot) agar dapat membantu mempertahankan dan memulihkan performa website selama update algoritma Google Mei 2022 berlangsung. Fokus pada konten yang bermanfaat dan berkualitas.

Melansir pada (searchengineland.com), Google merekomendasikan tambahan untuk postingan website berupa konten tulisan, dapat memperhatikan hal-hal berikut yang dikemas dalam empat jenis pertanyaan:

  1. Konten dan kualitasApakah konten memberikan informasi asli, pelaporan, penelitian, atau analisis? Dapat menanyakan seputar deskripsi topik apakah konten telah memenuhi standar substansial, lengkap, atau komprehensif. Konten tulisan perlu teliti apakah memberikan analisis mendalam atau sekedar informasi menarik yang tidak jelas.
  1. Pertanyaan keahlian untuk bahan pertimbangan kualitas konten, dapat berupa kepercayaan dalam memproduksi konten dan mendapat pengakuan secara luas sebagai otoritas pada topik tertentu. Apakah penulis konten seorang ahli atau penggemar yang terbukti mengetahui topik tersebut dengan baik?
  2. Presentasi dan produksi dapat seputar ejaan dan gaya kepenulisan konten. Kemudian kondisi produksi konten secara massal atau alihdaya ke sejumlah besar pembuat konten, atau tersebar di jaringan situs yang besar, sehingga halaman atau situs individual tidak mendapatkan banyak perhatian.
  3. Komparatif dapat berupa pengecekan dan membandingkan konten tulisan dengan memberikan nilai substansial dengan pembanding halaman lain dalam hasil pencarian. Apakah konten tersebut tampaknya melayani kepentingan asli pengunjung situs atau apakah itu tampaknya ada semata-mata oleh seseorang yang mencoba menebak apa yang mungkin berperingkat baik di mesin pencari?

Nah, untuk mempersiapkan pengaruh perubahan berkala pada algoritma Google dan menekan dampak yang mungkin muncul, perlu melakukan optimasi pada halaman website. Simak penjelasan berikut!

cara optimasi seo di algoritma google terbaru

Cara Optimasi Halaman Website Sesuai Update Algoritma Google Mei 2022

Untuk mempersiapkan Update Algoritma Google Mei 2022, dapat dilakukan dengan optimasi halaman website. Bagaimana caranya?

Mengoptimasi halaman website sebetulnya mudah, terlebih jika website telah menerapkan kaidah dan standar SEO (Search Engine Optimization). Bagi website yang tergolong baru, dapat menerapkan teknik SEO On-Page dan SEO Off-Page, selengkapnya dapat dibaca di sini! Belajar Optimasi SEO Website

Berikut Cara Optimasi Halaman Website Sesuai Update Algoritma Google Mei 2022.

  • Ketahui Fitur Untuk Meningkatkan Hasil SERP (Search Engine Result Pages)

Optimasi halaman website dapat melalui fitur seperti Page Experience yang berada pada Google Search Console. Page Experience berfungsi untuk menganalisa dan meningkatkan pengalaman pengguna mesin pencari Google.

Pengoptimalan halaman website melalui penggunaan HTTPS untuk menjamin keamanan. Ad Experience dengan memperhatikan iklan yang terkondisi dan tidak mengganggu pengguna dalam mencari informasi.

Selain itu, perlu memperhatikan penggunaan internal dan eksternal link yang dapat berpotensi menjadi link spam. Link spam dapat mempengaruhi kualitas hasil pencarian.

Optimasi kecepatan website dalam memuat halaman juga menjadi poin penting untuk menunjang hasil lebih cepat muncul di mesin pencari. Kebanyakan pengguna akan beralih dari halaman dengan proses laoding yang memakan waktu. Untuk itu, perlu melakukan optimasi kecepatan website.

Jadi, perlu mengikuti pedoman penggunaan fitur-fitur untuk meningkatkan hasil pencarian dan konten yang berkualitas dan berfokus pada pengalaman pengguna.

  • Terapkan Strategi SEO yang Tepat

Untuk optimasi halaman website dapat dengan cara strategi analisis kompetitor. Selengkapnya dapat dilihat pada Membandingkan 3 Tools SEO untuk Menganalisa Kompetitor

Selain penggunaan tools SEO, optimasi dapat pula dengan produksi konten yang berkualitas, informatif, dan bermanfaat sesuai pencarian pengguna.

Konten yang segar, original, dan unik akan menjadi daya tarik bagi pengguna. Ketika produksi konten, harus memperhatikan Dampak Duplikat Konten & Artikel Copy Paste Pada SEO Website (ardata.co.id). Penting untuk melakukan double check perihal konten, apakah telah memenuhi standar kepenulisan, orisinil, dan substansial? Penyusunan konten yang terstruktur dan berpola jelas juga menjadi poin plus.

Jadi, ternyata tidak banyak perubahan pada Update Algortima Google Mei 2022 karena melihat masih berpedoman dan berkaca pada panduan algoritma 2019. Namun, untuk mengatasi pemulihan akibat pembaruan algoritma Google yang masih dalam tahap proses hingga pemberitahuan final 1-2 minggu ke depan tetap memerlukan optimasi website.

Continue Reading