Apakah Anda ingin membandingkan Semrush vs Ahrefs vs Moz, untuk mencari yang terbaik?

Semrush, Ahrefs, dan Moz merupakan tiga tools SEO yang memiliki peringkat teratas di pasaran. Ketiganya memungkinkan Anda untuk melakukan penelitian kata kunci, analisis persaingan, melacak peringkat SEO, memantau backlink, dan masih banyak lagi.

Dalam panduan ini, kami akan membandingkan ketiga tools tersebut dari mulai Semrush vs Ahrefs vs Moz untuk mengetahui mana yang lebih baik.

Semrush vs Ahrefs vs Moz

Mengapa Harus Menggunakan tools SEO untuk Bisnis Online Anda?

Tools SEO akan membantu Anda dalam meningkatkan kinerja situs web di mesin pencari. Memilih tools SEO yang tepat, bisa membantu Anda mendapatkan lebih banyak traffic dari mesin pencari dan juga mengembangkan bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan Semrush vs Ahrefs vs atau Moz.

Lacak Peringkat Mesin Pencari Anda

Ketiga platform tersebut memungkinkan Anda untuk melacak peringkat mesin pencari Anda dengan mudah. Cukup menambahkan URL situs web Anda untuk melihat bagaimana kinerja situs Anda dalam pencarian. Anda juga dapat melacak kata kunci secara manual dan memantau peringkat pencarian.

Optimalkan Konten Anda untuk Peringkat Lebih Tinggi

Ketiga software SEO di atas juga bisa membantu Anda dalam mengoptimalkan konten untuk peringkat yang lebih tinggi. Ketiganya termasuk alat audit situs dan konten yang memberikan tips yang mudah ditindaklanjuti untuk meningkatkan peringkat SEO Anda.

Melacak Kompetitor

Anda juga dapat memata-matai pesaing Anda semudah Anda memantau situs web Anda sendiri. Anda dapat melihat siapa yang menautkan ke pesaing Anda, kata kunci apa yang mereka gunakan dan kemudian Anda dapat mengatur strategi untuk mengalahkan mereka pada semua kata kunci tersebut.

Temukan Ide Kata Kunci

Anda masih terkendala dengan ide kata kunci untuk mendapatkan lebih banyak traffic? Semua tools SEO di atas dapat membantu Anda untuk menemukan ide kata kunci dengan volume pencarian lebih tinggi. Sehingga peringkat SEO Anda akan semakin bagus.

Lacak Backlink

Tools SEO ini membantu Anda dalam melacak backlink ke URL apa pun di situs web atau nama domain Anda. Anda dapat melihat siapa saja yang menautkan ke situs web Anda dan meningkatkan strategi pembuatan link dengan pengetahuan yang lebih baik.

Ini hanyalah keuntungan utama menggunakan alat ketiga tools SEO untuk situs web Anda.

Bergantung pada platform mana yang Anda pilih, Anda juga akan mendapatkan banyak fitur lain seperti ide kata kunci untuk iklan berbayar (PPC), analisis Media Sosial, SEO lokal, alat pemasaran konten, penelitian kata kunci, SEO pada halaman, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, sekarang mari kita lihat masing-masing dari tiga platform SEO teratas ini dan bagaimana ketiganya memiliki banyak fitur, kemudahan penggunaan, dan harga yang cukup terjangkau.

1. Semrush

mengenal semrush

Semrush adalah salah satu tools SEO terbaik di pasaran. Didirikan pada tahun 2008, tools ini muncul sebagai ekstensi Firefox SEO yang disebut SEO Digger. Kemudian berganti nama menjadi SeoQuake, dan kini menjadi Semrush.

Semrush menawarkan platform all-in-one yang sangat kuat untuk mengelola strategi pencarian dan pemasaran konten Anda di bawah satu atap.

Mari kita lihat beberapa fitur Semrush.

Fitur Semrush:

1. Alat penelitian kata kunci – Temukan ide kata kunci dan lacak kinerja Anda pada kata kunci apa pun.

2. Riset persaingan – Memata-matai pesaing Anda, melihat kata kunci organik dan berbayar mereka, serta konten teratas. Jika Anda tidak yakin tentang siapa pesaing Anda. Maka cukup masukkan nama domain Anda sendiri untuk mengetahui pesaing Anda.

3. Pemantauan SEO lokal – Kelola daftar Anda, lakukan audit situs, lacak posisi pencarian, dan banyak lagi.

4. Pemantauan iklan yang komprehensif – alat kata kunci PPC, pemantauan domain, alat penelitian periklanan, dan banyak lagi.

5. Media Sosial – Langsung memposting iklan ke platform media sosial, melacak postingan media sosial, dan meneliti iklan media sosial.

6. Alat analisis konten – Periksa konten Anda untuk kinerja SEO dengan tips praktis untuk meningkatkannya.

7. Laporan – Anda dapat membuat dan mengunduh laporan untuk masing-masing proyek. Anda juga dapat membuat laporan khusus untuk domain, URL, atau Kata Kunci yang berbeda.

Dalam hal fitur, Semrush adalah tools SEO terlengkap di pasaran.

Kemudahan penggunaan:

Semrush menawarkan banyak sekali data yang bisa jadi luar biasa bagi pengguna baru.

Untungnya, tools ini menawarkan dasbor paling mudah digunakan. Ada bilah pencarian di bagian atas tempat Anda dapat menambahkan domain, kata kunci, atau URL apa pun untuk memulai.

cara penggunaan semrush

Di sebelah kiri, Anda akan mendapatkan semua tools yang tertata rapi. Setiap bagian dilengkapi dengan dasbornya sendiri yang berfungsi mirip dengan alat pencarian utama. Misalnya di sini adalah dasbor pemasaran konten.

Semrush vs Ahrefs vs Moz

Semrush juga menawarkan pusat bantuan dengan banyak panduan cara dan tutorial untuk membantu Anda dalam memulainya.

Semrush vs Ahrefs vs Moz

2. Ahrefs

Ahrefs website

Ahrefs adalah tools SEO terbaik lainnya di pasaran dengan toolkit yang komprehensif. Didirikan pada tahun 2010, Ahrefs hadir sebagai alat penjelajah situs. Ahrefs juga sudah berkembang menjadi platform SEO terlengkap untuk bisnis, agensi, dan profesional SEO.

Muncul dengan semua fitur yang memungkinkan Anda dalam meningkatkan peringkat SEO website.

Fitur Ahrefs:

1. Audit Situs – Ahrefs hadir dengan alat audit situs yang kuat yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan situs web Anda

2. Penjelajah Situs – Memata-matai situs web pesaing Anda dengan alat penjelajah situs Ahrefs. Buka kunci kata kunci dan konten teratas mereka dan pelajari mengapa peringkat mereka lebih tinggi pada istilah pencarian tersebut.

3. Penjelajah Kata Kunci – Temukan ide kata kunci untuk nama domain Anda dan lacak kinerja pencarian Anda pada kata kunci yang berbeda.

4. Penjelajah Konten – Temukan konten paling populer untuk kata kunci / topik apa pun. Lihat persis mengapa peringkat mereka lebih tinggi dan tiru strategi mereka di konten Anda sendiri.

5. Data klik – Ahrefs menyediakan data klik untuk kata kunci yang membantu Anda memahami tidak hanya volume pencarian tetapi juga perkiraan rasio klik.

6. Pelacak Kata Kunci – Lacak SERP dengan mudah untuk kata kunci tertentu. Anda dapat memfilter pelacakan berdasarkan lokasi geografis, desktop, dan seluler.

Ahrefs menyediakan semua alat yang Anda inginkan dalam toolkit SEO Anda. Namun, tools ini tidak memiliki data iklan PPC untuk penelitian kata kunci. Selain itu, Ahrefs juga tidak memiliki alat pemantauan media sosial jika dibandingkan dengan Semrush.

Kemudahan Penggunaan:

Ahrefs sangat mudah digunakan. Tools ini menawarkan dasbor sederhana dengan semua alat yang tertata rapi di bagian yang berbeda.

Ahrefs dashboard

Tools ini sangat mudah digunakan bahkan untuk Anda para pemula yang baru saja menggunakan tools SEO. Jadi, Anda tidak perlu bingung, karena semua fitur yang tersedia sangat mudah untuk dioperasikan.

Ahrefs support

Ahrefs memiliki perpustakaan artikel yang luas, panduan cara, tutorial video, dan sumber daya SEO. Ini berguna jika Anda tidak terbiasa dengan alat tertentu dan ingin mempelajari cara memanfaatkannya sebaik mungkin.

3. Moz

Moz website

Fitur Moz:

1. Alat penelitian kata kunci – Moz menawarkan alat penelitian kata kunci yang mudah digunakan. Cukup masukkan nama domain untuk mendapatkan kata kunci yang ada di peringkat teratas.

2. Alat audit situs – Lakukan audit situs lengkap untuk melihat bagaimana kinerja situs web Anda dalam pencarian. Alat ini akan menunjukkan kesalahan optimasi Anda dan membuat rekomendasi/solusi yang dapat ditindaklanjuti.

3. SEO On-page – Dapatkan kiat pengoptimalan konten untuk kata kunci dan URL, temukan topik serupa, dan ikuti panduan langkah demi langkah untuk meningkatkan konten yang ada

4. Penelitian backlink – Moz hadir dengan alat pelacak tautan yang memungkinkan Anda memantau tautan balik situs web Anda.

5. Hasilkan laporan – Anda dapat mengunduh laporan otomatis atau membuat laporan khusus Anda sendiri. Moz juga menyediakan template untuk menghasilkan laporan dengan mudah untuk domain, URL, dan kata kunci.

Moz menawarkan semua dasar yang Anda perlukan untuk mengelola SEO situs web Anda. Namun, tools tersebut tidak memiliki banyak fitur yang disertakan seperti dua tools lainnya.

Kemudahan penggunaan:

Moz menawarkan dasbor yang mirip dengan dua tools SEO lainnya yang disebutkan di atas. Setelah login, Anda mendapatkan gambaran singkat tentang proyek Anda dengan grafik dan ringkasan.

Moz dashboard

Tools SEO yang berbeda diatur dalam kolom yang berbeda. Setiap bagian dilengkapi dengan tampilan yang mudah dipahami. Sehingga membuatnya mudah untuk diikuti.

Moz keyword explorer

Platform ini juga memiliki bagian bantuan yang luas dengan panduan, tutorial, dan artikel yang detail.

Moz support

Moz menawarkan platform yang kuat untuk mengelola SEO situs web Anda. Namun, tools tersebut tidak memiliki banyak fitur yang tersedia dibandingkan kedua tools lainnya. Misalnya, pelacakan iklan, pemantauan media sosial, alat pengoptimalan konten, dan banyak lagi.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan Semrush vs Ahrefs vs Moz. Ketiga tools tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, Anda hanya perlu memilih diantara ketiga sesuai dengan kebutuhan Anda.

Continue Reading