Internal link (tautan internal) adalah tautan yang menghubungkan halaman satu dengan yang lainnya dalam satu website yang sama. Internal link bisa diibaratkan seperti sebuah kerangka bangunan yang saling berhubungan satu sama lain. Apabila Anda tidak mempunyai “kerangka” yang baik, maka website Anda tidak memiliki kekuatan. Tujuan adanya internal link adalah memudahkan mesin pencari dalam menjelajah, selain itu dapat melihat keseluruhan struktur website. Semakin rapi struktur website Anda, semakin baik pula mesin pencari mengindeks halaman website Anda pada mesin pencari. Berikut adalah tips membuat struktur website kuat dengan internal link.

 

Bagaimana Struktur Website Yang Baik?

Struktur website yang baik adalah isinya memiliki konten yang sudah terklasifikasikan berdasarkan konten utama, dan konten pendukung dari konten utama. Misalnya website Ardata memiliki konten artikel berjudul Contoh Copywriting Berbagai Niche Bisnis sebagai konten utama, lalu konten pendukungnya adalah Contoh Copywriting Produk Kecantinkan dalam bentuk artikel lain. Meski berbeda artikel, namun antarartikel seputar copywriting ini harus saling berkaitan dengan menggunakan Internal Link. Dengan begitu, struktur website menjadi kuat dengan adanya internal link.

 

Tips Membangun Internal Link

  • Sisipkan Dalam Konten

Cara terbaik membuat internal link adalah menyisipkannya dalam kalimat pada konten. Dengan cara ini maka internal link akan sangat terlihat natural, sehingga pembaca pun tidak merasa terganggu dan bahkan tertarik untuk mengklik link tersebut. Agar tidak mengganggu pembaca, Anda juga tidak boleh menyisipkan link yang sama terlalu banyak ke dalam sebuah konten, Anda bisa menyisipkan 2/3 link ke halaman yang berbeda ke dalam 1 konten, dari pada 2/3 link ke halaman yang sama ke dalam 1 konten.

  • Gunakan Anchor Text

Cara menggunakan anchor text adalah dengan menautkan setiap internal link. Dalam prakteknya, jangan menggunakan anchor text yang monoton, seperti : tips membuat website nomor 1 di mesin pencari, tutorial agar website nomor 1 di mesin pencari, dan lain-lain. buatlah bervariasi agar tidak membosankan untuk dibaca dan tetap menjaga struktur website agar optimal.

  • Hindari Link Menuju Halaman Berikut

Hindari menautkan link ke homepage Anda dari dalam konten karena sudah banyak link di website Anda yang menuju homepage. Dan Anda tidak perlu menautkan link ke halaman sendiri karena itu tidak akan berguna. Halaman seperti kontak, tentang, tidak perlu Anda optimasi terhadap mesin pencari.

  • Hubungkan Halaman Yang Relevan Saja

Dengan membuat konten yang saling berkaitan, fungsi internal link adalah menautkan agar struktur website rapi dan relevan. Jangan menautkan link konten yang tidak relevan di setiap konten Anda. Misalnya konten 1 membahas tentang teknik SEO, konten 2 tentang contoh SEO, konten 3 tentang Instagram. Maka Anda hanya perlu menautkan konten 1 dengan 2 menggunakan internal link.

  • Link Dofollow

Secara sederhana, link dofollow adalah link yang mempersilakan google untuk mengikuti link yang Anda tautkan. Tetapi justru banyak orang yang malah menggunakan nofollow di internal link yang menyebabkan google mengabaikan internal link yang Anda buat. Pastikan Anda menggunakan link dofollow pada semua internal link agar bisa diikuti oleh google.

  • Jangan Mengganggu Kenyamanan

Kenyamanan pembaca adalah prioritas Anda sebagai pemilik website, jangan buat mereka bosan dengan banyaknya internal link, dan menautkan ke link konten yan tidak relevan. Buatlah seefektif mungkin.

  • Batasi Jumlah Site-Wide Link

Site-wide link adalah link yang ada di semua halaman website Anda, seperti di navigation header, sidebar, dan footer. Karena link yang terlalu banyak, bukan berarti Anda akan diuntungkan, justru stuktur website Anda yang semula tersusun rapi menjadi pengganggu terhadap pembaca Anda.

 

Manfaat Internal Link

Ada beberapa manfaat yang didapatkan jika menggunakan internal link pada website, antara lain :

  • Meningkatkan Waktu Kunjungan

Dengan konten yang saling berkaitan, maka ini akan membuat pembaca betah berlama-lama di website Anda karena mereka akan selalu mengali informasi tentang topik yang mereka cari di website Anda. Buatlah konten yang menarik agar mereka tidak meninggalkan website Anda setelah membaca di awal konten.

  • Meningkatkan User Experience

Secara tidak langsung, internal link dapat menggantikan peran “search box” untuk mencari artikel terkait di website Anda. Dengan begitu, pembaca akan merasa lebih fleksibel tanpa harus repot-repot mengetikkan judul artikel.

  • Meningkatkan Traffic Pengunjung ke Artikel Lama

Artikel yang sudah lama Anda terbitkan pasti akan jarang dibaca dan “tertimbun”. Selain dengan cara menyebarkan artikel tersebut lewat media sosial, Anda juga bisa menautkan artikel lama tersebut ke artikel baru dengan internal link, tentu artikel tersebut harus saling berkaitan dan relevan.

 

Contoh Penulisan Internal Link

Ardata akan memberikan contoh cara membuat Internal link sederhana, pastikan Anda harus ingat bahwa konten harus saling berkaitan satu sama lain. Perhatikan gambar berikut.

 

website kuat dengan internal link

 

 

Pada awal artikel yang berjudul “30+ Contoh Copywriting Berbagai Niche Bisnis Paling Efektif Dan Mudah”, kami menyisipkan internal link di awal paragraf Produk Kecantikan (lihat gambar) dengan konten artikel yang masih berkaitan dengan artikel utama, yaitu “Contoh Copywriting Produk Kecantikan Untuk Bisnis Kosmetik & Skin Care”. Maka pada saat artikel sudah diposting, kata Produk Kecantikan sudah mengandung link yang menautkan ke artikel Contoh Copywriting Produk Kecantikan, lihat gambar di bawah ini :

 

website kuat dengan internal link

 

Dengan demikian, maka apabila pembaca mengklik kata “Produk Kecantikan” yang terdapat di awal paragraf, akan diarahkan menuju artikel yang berjudul Contoh Copywriting Produk Kecantikan di mana artikel ini masih berkaitan dengan artikel utamanya.  Setelah membaca artikel tentang tips membangun strukur website kuat dengan internal link, apakah Anda sudah tahu cara membuat internal link setelah membaca artikel ini? Jika sudah, segera terapkan internal link di website Anda karena banyak keuntungan yang akan didapatkan.

Continue Reading