Skin care di zaman sekarang memang sudah seperti sesuatu yang penting bagi pria maupun wanita. Mereka yang sadar pentingnya merawat kulit dari sinar UV, kulit berminyak, kusam, dan sebagainya. Melihat fenomena ini, sebagai pelaku bisnis skin care anda harus lebih kreatif lagi untuk meningkatan penjualan skin care anda karena tentunya banyak kompetitor yang juga sukses dalam menjual skin care. Berikut adalah Contoh Copywriting Produk Kecantikan langkah-langkah membuat Copywriting Produk Kecantikan. Baca juga : 30+ Copywriting Untuk Berbagai Bisnis.

 

contoh copywriting produk kecantikan

Tentukan Niche Skin Care Anda

Sebelum menentukan niche skin care, apakah anda sudah tau pengertian niche? Niche adalah sebuah segmen pasar yang sangat spesifik tetapi menguntungkan. Berbeda dengan mass market yang cakupannya sangat luas tetapi masih sesuai dengan segmentasi. Lalu bagaimana cara menentukan niche produk skin care anda? Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Riset Pasar

Riset pasar adalah kunci agar niche anda berjalan baik. Ketahui tren apa yang sedang populer di masyarakat dan juga ketahui siapa kompetitor anda. Lakukan uji produk skin care anda dengan menjualnya ke beberapa orang yang tidak anda kenal, misalnya lima orang. Kemudian telusuri mereka apakah dengan membeli skin care anda masalah kulit mereka sudah teratasi?

 

  1. Buat Sesuatu yang “Out of The Box”

Buatlah produk skin care anda unik dibanding produk di pasaran, Jika produk anda sama saja seperti yang tersedia di mass market, maka anda tidak bisa menembus segmen yang lebih spesifik.

 

Buyer Persona & Skin Care Yang Mereka Butuhkan

Buyer Persona adalah karakter pembeli ideal yang bisa anda bayangkan. Tentu anda tidak bisa asal-asalan membayangkan tanpa memerhatikan isi dari buyer persona, yaitu catatan tentang karakter calon pelanggan anda. Intinya adalah, jika anda mengetahui karakter calon pelanggan anda, maka semakin mudah mereka menerima produk yang anda tawarkan kepada mereka. Isi buyer persona adalah data-data mengenai nama, jenis kelamin, lokasi, usia, gaya hidup, dan lain-lain.

Langkah-langkah membuat buyer persona :

  1. Isi Data Demografi
  • Usia
  • Pekerjaan
  • Jenis Kelamin
  • Cara belanja
  • Cara menemui mereka

 

  1. Setelah mengetahui data mereka, anda bisa mencari masalah yang mereka alami, misalnya :

Masalah utama : wajah berminyak dan timbul jerawat

Ketakutan : minder saat bertemu orang lain karena merasa insecure dengan wajahnya.

Frustrasi : Sudah mencoba berbagai produk skin care tetapi hasilnya sama saja.

 

  1. Catat Kesenangan Pelanggan Anda

Keinginan : Memiliki wajah yang halus dan glowing

Harapan : Tidak lagi merasa insecure dengan orang lain

Impian : Terhindar dari masalah kulit berminyak, berjerawat dan kulit wajah terlalu kering

 

Tulis Deskripsi dan Keunggulan 

Catat semua deskripsi, manfaat, hingga keunggulan skin care anda bahwa produk anda dapat membantu mengatasi masalah mereka. Misalnya :

  • Produk skin care anda lebih cepat menghaluskan wajah dibanding produk yang dipasaran. Anda bisa menambahkan testimoni dari pelanggan anda sebelumnya agar anda tidak dicap sebagai penipu
  • Anda dapat menjelaskan skin care anda terbuat dari bahan apa saja (komposisi)
  • Tulis Manfaat skin care anda misalnya ekstrak bengkoang dapat mencerahkan, melindungi dari sinar UV, menunda penuaan kulit, dan sebagainya.
  • Jangan lupa menuliskan cara penggunaan dengan benar, berikan langkah-langkahnya
  • Cantumkan Komposisi agar pelanggan yakin bahwa produk anda memang original

 

Contoh Copywriting Produk Kecantikan Dengan Kalimat Padat & Efektif

Anda bisa menjelaskan produk skin care anda dengan kalimat yang padat namu efektif dan tidak membosankan. Anda bisa meng-highlight deskripsi produk anda.

Ini adalah contoh copywriting produk kecantikan yang singkat tetapi kurang efektif :

SKIN CARE X

-Bebas Merkuri

-Produk 100% Original

-Packaging Premium

 

Dan Ini adalah contoh Copywriting yang padat namun efektif :

Sekarang kamu ga perlu khawatir karena produk kami 100% original dari pabrik. produk ini sudah terjual ratusan pcs dan dilengkapi dengan ekstrak bengkoang yang akan membuat kulit kamu lebih cerah dan halus. Ditambah lagi desain produk ini memakai premium glass yang tidak mudah pecah apabila terjatuh.

 

Sebutkan Fitur & Manfaat Skin Care Yang Tidak Ada Di Kompetitor

Dalam menuliskan fitur yang ada, misalnya skin care anda dapat memulihkan kulit berjerawat dalam 7 hari, dan menghilangkan bekas jerawat dalam waktu 5 hari. Pastikan anda jujur dan apa adanya, jangan pernah anda membohongi pelanggan karena itu akan menghancurkan reputasi anda sebagai penjual.

 

Tips Copywriting Bisnis Skin Care: 4 Tren Utama Di Bidang Produk Kecantikan

Menurut Jennifer Hessel, seorang konsultan industri dan alumni di L’Oreal, mengatakan bahwa terdapat 4 tren utama yang mengalami perkembangan cepat, di antaranya adalah :

  1. Pemulihan Instan (Cepat)

Para pengguna skin care pasti mengidam-idamkan hasil yang instan, maka buatlah terobosan baru untuk menciptakan skin care yang lebih cepat dari biasanya dalam memulihkan kulit.

 

  1. Tampilan Boneka

Menggunakan make up yang tebal seolah tak peduli dengan tampilan yang natural agar mereka terlihat sempurna.

 

  1. Perawatan Kulit Ramah Lingkungan

Para produsen skin care hadir dengan produk yang lebih alami, bersih, dan bahkan berstandar makanan, hal ini karena terbentuk persepsi bahwa kulit dan pikiran terhubung satu sama lain dan terdapat koneksi antara perawatan kulit dan kebaikan alam.

 

  1. Kustomisasi & Personalisasi

Penggunaan data pelanggan untuk menciptakan produk skin care baru adalah sebuah kemewahan baru.

 

Manfaatkan Beauty Vlogger

Selain Copywriting Produk Kecantikan, Untuk meningkatkan penjualan skin care anda, manfaatkan beauty vlogger yang sering mengulas produk-produk skin care. Banyak beauty vlogger yang populer di instagram hingga tiktok. Biasanya mereka memiliki exposure yang sangat tinggi, sehingga anda bisa mendapatkan trafik yang besar jika anda memakai jasa mereka. Baca juga : Teknik Copywriting Untuk Rekrut Reseller

Continue Reading