Salah satu alasan mengapa para pebisnis yang menjalankan bisnisnya secara online enggan memakai landing page adalah proses membuatnya yang dinilai sulit dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit jika menggunakan jasa pembuatan landing page. Padahal landing page merupakan salah satu alat untuk promosi yang cukup andal. Sebenarnya ada banyak penyedia landing page secara gratis, salah satunya adalah Google Sites. Apa itu Google Sites? Kami akan menjelaskannya kepada Anda apa itu Google Sites dan bagaimana cara membuatnya dengan Google Sites.

 

Pengertian Google Sites

Google Sites adalah sebuah layanan milik Google yang dapat memudahkan penggunanya dalam membuat halaman website, landing page, hingga website secara gratis.

 

Keunggulan Google Sites

Keunggulan Google Sites adalah Integrasinya dengan Google, pengguna dapat menggunakan satu akun yang dapat terhubung dari Google Drive hingga Google Sites dan akan lebih mudah dalam melakukan backup. Selain itu, tampilannya yang simpel sangat mudah dipahami bahkan untuk pemula sekalipun, memang Google membuat semuanya terasa lebih mudah dan praktis. Untuk segi keamanan, Google Sites dijamin aman dari virus maupun malware berbahaya. Keunggulan lainnya adalah kecepatan website yang tinggi, ini dikarenakan server Google sendiri memang sangat besar, sehingga tidak diragukan lagi dalam performa.

 

Cara Membuat Landing Page Dengan Google Sites

 

  1. Buka link Google Sites berikut ini, lalu login dengan email Anda.cara membuat landing page google sites
  2. Setelah itu akan muncul tampilan utama pada Google Sites, Klik logo + bagian kanan bawah.cara membuat landing page google sites
  3. Dan ini adalah tampilan konfigurasi halaman pada Google Sites, Silakan kreasikan landing page sesuai dengan tujuan Anda.cara membuat landing page google sites
  1. Anda juga bisa merubah tampilan latar belakang, logo dan menambahkan Untuk mengubah gambar latar belakang, klik Ubah Gambar, lihat contoh berikut.

cara membuat landing page google sites

 

cara membuat landing page google sites

 

  1. Untuk menambahkan tombol CTA, klik pada tab Sisipkan di bagian kanan. Di sana terdapat banyak elemen yang dapat Anda tambahkan. Seperti Diagram, Formulir, Carousel, Youtube, dan masih banyak lagi. Anda bisa memilihnya dengan men-scroll­ ke bawah.

 

  1. Untuk menambah layout baru, Anda cukup memilih tipe layout yang sesuai. Ini berguna untuk memuat konten apa saja yang ingin Anda tampilkan pada landing page Anda nantinya. Pilih Tata letak.
  2. Lalu, ubah dan isi sesuai dengan tujuan Anda. Jangan lupa untuk mengubah gambar yang menarik perhatian audiens.

 

  1. Untuk menambahkan tombol Call To Action (CTA), pilih menu Sisipkan, dan scroll ke bawah, cari “Tombol”, setelah itu Anda bisa mengubah CTA menjadi apa saja sesuai tujuan Anda. Di sini, kami mencontohkan dengan mengubahnya menjadi Hubungi Sekarang. Baca Juga : (Artikel CTA).

 

Jika Anda sudah selesai menyunting, Anda bisa langsung mempublikasikan landing page yang baru saja Anda buat, caranya adalah dengan mengklik Pubikasikan di bagian sudut kanan atas.

 

Dalam mengisi gambar dan deskripsi, usahakan jangan terlalu menggunakan kalimat yang umum/biasa, buatlah beda dan semenarik mungkin agar audiens juga aware dengan brand Anda serta dapat melakukan conversion. Karena landing page yang baik akan dapat mengarahkan audiens untuk bisa melakukan CTA (call to action).

 

Simpulan

Umumnya, para marketer hanya mengetahui bahwa cara mereka dapat memiliki landing page adalah dengan membeli template. Anda bisa memanfaatkan Google Sites untuk merancang landing page tanpa mengeluarkan biaya untuk membuatnya. Meskipun layanan Google Sites ini gratis, bukan berarti mereka tidak bisa menghasilkan landing page yang baik, bahkan Anda dapat membuat landing page yang profesional ‘hanya’ dengan menggunakan Google Sites. Setelah Anda mengetahui langkah-langkah membuat landing page ini, apakah Anda siap untuk mencoba membuatnya?

 

Baca Juga Artikel Membuat Landing Page di Android

Continue Reading