Dengan adanya tambahan fitur Reels, data yang bisa anda analisa  di Instagram Insights pun juga bertambah. Insights menyuguhkan data lengkap terkait performa Instagram bisnis anda. Untuk dapat melihat Insight, akun Instagram anda perlu dialihkan menjadi akun bisnis terlebih dahulu karena akun personal tidak bisa digunakan untuk melihat Instagram Insights.

Anda dapat memeriksa Insight setelah kurun waktu tertentu mulai dari per 7 hari lalu, 14 hari lalu, 30 hari lalu, dan bulan sebelumnya. Anda juga bisa memeriksa Live Analytics (laporan langsung) yang sifatnya real-time, sehingga adan dapat mengamati perilaku user di saat itu juga.

Pentingnya Memahami Istilah Pada Instagram Insights

Instagram Insights penting dipahami sehingga anda dapat mengambil keputusan bisnis yang baik. Masih banyak pebisnis pemula yang ternyata belum paham dengan istilah-istilah dan fungsi fitur Instagram Insights. Padahal, mengingat pentingya peran Instagram Insights, istilah-istilah tersebut perlu dipelajari.

Di artikel kali ini kita akan membahas istilah-istilah Instagram Insight yang khusus untuk fitur terbaru Instagram, yaitu Instagram Reels. Apabila anda masih belum paham dengan istilah-istilah yang ada di Instagram Insights secara umum, simak dulu artikel berikut.

Memahami Istilah-Istilah Pada Instagram Insight 

Sebenarnya, Instagram sudah menyediakan keterangan akan fitur-fitur yang terdapat pada Instagram Insigh di menu information yang terdapat di kanan atas, yang ikonnya berupa huruf “i” dalam lingkaran. Namun, memang banyak yang kurang memperhatikan menu ini.

Memahami Instagram Insight Reels

Ada 6 hal yang bisa anda lihat di Instagram Insight Reels. Setiap fitur memiliki fungsinya masing-masing. Fitur-fitur tersebut yaitu Plays, Accounts Reached, Likes, Comments, Saves, dan Shares.

Contoh Instagram Insight Reels

1. Plays

Plays mirip dengan Views pada YouTube yang menjelaskan berapa kali video anda sudah ditonton orang.

2. Accounts Reached

Accounts Reached berhubungan dengan luas jangkauan postingan Reels anda, tepatnya menjelaskan berapa jumlah akun unik yang sudah menonton video anda.

3. Likes

Likes atau Suka mengacu pada banyaknya tap/ klik Like yang didapatkan video Reels anda.

4. Comments

Comments atau Komentar mengacu pada banyaknya komentar yang ada di Reels anda.

5. Saves

Saves mengacu pada banyaknya akun uni yang menyimpan video Reels anda disimpan.

6. Shares

Shares mengacu pada berapa kali video Reels anda dibagikan.

Memahami Instagram Live Analytics

Di Instagram Live Analytics anda dapat melihat 4 hal; Accounts Reached, Peak Concurrent Views, Comments, dan Shares.

1. Accounts Reached

Sama dengan yang terdapat di Instagram Insight, Accounts Reached  menjelaskan berapa jumlah akun unik yang sudah menonton video anda. Khusus di Instagram live analytics, secara real-time.

2. Peak Concurrent Viewers

Peak Concurrent Viewers adalah jumlah viewer (penonton) tertinggi pada video Reels anda.

3. Comments

Anda dapat melacak pertambahan atau pengurangan komentar yang ada di video Reels anda.

4. Shares

Anda dapat melacak pertambahan atau pengurangan komentar yang ada di video Reels anda.

Cara Akses Instagram Reels dan Live insights

Menu Instagram Insight Reels

Untuk mengakses fitur ini, kami ingatkan kembali bahwa anda perlu mengalihkan status akun Instagram anda menjadi akun bisnis.

Jika akun Instagram anda sudah merupakan akun bisnis, tap icon menu di pojok kanan atas, kemudian klik tab Insights. Anda juga bisa men-tap menu Insights yang ada di halaman profil anda.

Dari situlah anda dapat melihat berbagai metrik dan analisis untuk postingan video Reels anda.

Dengan analisa video Reels yang tepat, anda akan memiliki pertimbangan yang lebih masuk akal dan bijak untuk mengambil keputusan bisnis. Hasil analisa Instagram anda dapat digambungkan dengan beberapa tool Instagram menarik yang dapat membantu anda meningkatkan engagement. Simak juga :

5 Tools Instagram Gratis yang Bisa Digunakan Untuk Mengoptimalkan Bisnis Anda

Selamat Mencoba!

 

 

Continue Reading