Tidak hanya berfungsi sebagai media hiburan, Instagram sekarang ini juga menjadi media yang efektif untuk bisnis online atau online marketing. Sebab, aplikasi ini dapat memudahkan para pebisnis dalam memasarkan produk atau layanannya dan menggaet para pelanggan.

Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang ini hampir semua brand dan pengusaha memiliki akun Instagram. Dengan Instagram, aktivitas promosi akan lebih mudah dilakukan karena adanya fitur analitik di aplikasi ini. Instagram insight yaitu fitur yang mampu melakukan analisa mendalam terhadap followers. Jadi, kita sebagai pebisnis akan lebih mudah dalam menarik target market yang sesuai dan pastinya akan lebih efektif.

Mulai dari rata-rata usia, gender, jam berapa mereka online, dan lainnya dapat dengan mudah Anda lihat di Instagram Insight. Hal inilah yang membuat Instagram menjadi popular di kalangan pebisnis. Akan tetapi masih banyak orang yang tidak paham tentang istilah-istilah yang ada di Instagram Insight. Padahal, istilah-istilah tersebut sangat penting untuk kita pelajari, karena akan berguna untuk kita dalam memahami minat para pelanggan terhadap produk atau layanan kita.

Di dalam Instagram Insight terdapat istilah-istilah yang berisi tentang matriks-matriks penting tentang akun bisnis dan konten yang Anda buat. Supaya Anda dapat menggunkan dan memanfaatkan Instagram Insight dengan bik, berikut adalah beberapa istilah beserta penjelasan Instagram Insight yang perlu Anda ketahui.

baca juga https://ardata.co.id/keuntungan-mengikuti-trend-carousel-instagram/

  1. Activity

Fitur ini adalah fitur Instagram Insight yang menjelaskan terkait tindakan para audience terhadap akun Instagram Anda ataupun konten yang telah Anda unggah. Di dalam fitur activity ini terdapat beberapa sub kategori, yaitu:

Interaction

Disini Anda dapat melihat jumlah tindakan yang telah dilakukan oleh akun Instagram Anda dalam seminggu terakhir. Dalam sub kategori ini Anda bisa melihat daftar metric yang tertera yaitu,

  • Kunjungan profil : jumlah pengguna Instagram yang telah mengunjungi profil Instagram Anda
  • Klik situs website : jumlah pengunjung profil Anda yang telah mengklik tautan situs web yang tercantum di bio akun Instagram Anda
  • Email : jumlah pengunjung profil yang telah mengetuk email di profil Instagram Anda
  • Panggilan : jumlah pengunjung profil yang telah mengetuk panggilan yang ada di profil Anda

 

Discovery

Sub kategori selanjutnya adalah discovery. Bagian ini akan menampilkan keseluruhan kinerja serta pengaruh akun Instagram Anda dengan dua metric kunci yaitu reach dan impression. Reach disini akan menunjukkan jumlah akun yang telah berhasil dijangkau oleh akun Instagram Anda. Sedangkan impression akan menampilkan jumlah tayangan yang sudah didapat oleh konten yang Anda unggah, baik di feed ataupun di story. Akun Anda dapat meraih impression dari profil, followers, home, ataupun lokasi.

Informasi dari fitur-fitur diatas tentu sangat penting untuk akun Anda, sebab Anda bisa membanding jangkauan yang diperoleh akun Anda setiap harinya. Hal ini akan menjadi bagian penting dalam merancang strategi pemasaran media sosial Anda untuk kedepannya.

  1. Content

Fitur ini akan memberikan data analisis terperinci mengenai postingan yang ada di akun Instagram Anda. Dengan begitu Anda dapat melihat perbandingan mengenai tingkat tayangan dan juga keterlibatan yang terdapat setiap postingan. Disini Anda bisa melihat jumlah interaksi di setiap postingan, engagement, dan rincian penemuan di setiap postingan.

Insight juga diurutkan bersadarkan jenis konten, periode waktu, dan juga metriks. Jika Anda ingin memeriksa progress postingan tertentu yang sudah Anda bagikan, Anda bisa klik “lihat semua”. Cara lain untuk mengakses fitur content adalah dengan mengklik “view insight” yang ada dibawah setiap postingan.

Instagram story

  • Impression : frekuensi story Anda terlihat oleh audience
  • Reach : jumlah akun unik yang melihat story Anda
  • Exited : frekuensi pengguna yang menyapu story Anda
  • Replies : jumlah pengguna yang membalas story Anda
  • Viewers : jumlah pengguna yang melihat story Anda
  • Forward : jumlah audiens yang melewatkan story Anda
  • Backward : jumlah audiens yang kembali dari story yang Anda posting
  • Next story : jumlah ketukan ke story selanjutnya

Promotion

Disini Anda dapat melihat metriks yang berkaitan dengan promosi dan iklan berbayar yang sudah Anda lakukan di Instagram.

  • Kunjungan profil yang didapat dari promosi
  • Jumlah jangkauan, tayangan, dan juga keterlibatan pada postingan yang Anda promosikan
  • Jenis kelamin, usia, hingga lokasi audiens yang melihat postingan Anda

Dengan begitu, Anda dapat mengevaluasi hasil promosi yang sudah Anda lakukan di Instagram serta melihat konten mana yang paling efektif.

  1. Audience

Disini Anda dapat melihat dan menganalisis siapa saja pengikut akun Instagram Anda. Dari mulai usia, gender, lokasi, hingga jam berapa mereka aktif Instagram. Di bagian ini tentu akan lebih membantu Anda dalam menentukan strategi pemasaran untuk Instagram Anda. Sebab, disini Anda tidak hanya mendapatkan informasi tentang siapa pengikut akun Instagram Anda, tapi juga Anda dapat menguraikan waktu dimana pengikut akun Instagram Anda aktif. Hal ini dapat membantu Anda dalam merencanakan waktu yang tepat untuk mengunggah konten postingan.

Itulah beberapa istilah insight yang perlu Anda ketahui. Hal tersebut tersebut tentu sangat berguna terutama untuk Anda pebisnis yang sudah menggunakan Instagram sebagai media promosi.

Continue Reading