Visual yang indah menjadi hal yang bisa didapat di Instagram diantara banjirnya konten di berbagai media sosial. Siapa sih yang tidak bahagia jika melihat foto atau video yang indah di Instagram? Itu lah sebabnya para pelaku bisnis harus memanfaatkan Instagram sebagai media utama untuk mempromosikan produk atau pelayanannya. Instagram memiliki banyak fitur yang mendukung hal tersebut. Salah satunya yang sedang trending di Instagram adalah metode carousel atau posting fitur multiple upload. Anda pasti sudah tidak asing dengan postingan yang ber-slide di Instagram. Dengan metode ini Anda dapat mengunggah beberapa gambar atau video secara langsung dengan tema atau topik yang sama.

carousel instagram

Tahukah Anda jika metode carousel Instagram ini sangat menguntungkan bagi dunia bisnis. Mengapa menggunakan carousel Instagram untuk mengembangkan bisnis Anda? karena dengan menggunakan carousel di instagram Anda dapat membuat konten yang bisa memberikan value yang utuh tanpa mengorbankan visual.

Jika Anda masih mengunggah postingan di Instagram menggunakan single image, maka Anda akan menjadi orang yang rugi. Jika diamati perbedaan antara carousel dengan single image terasa signifikan karena postingan single image sagat terbatas dengan satu slide postingan saja sehingga biasa berpengaruh pada visual. Misalnya huruf yang terlalu kecil, kabur, atau informasi yang terlalu padat dan monoton.

baca juga https://ardata.co.id/menaikkan-engagement-media-sosial/

Sedangkan dengan memposting menggunakan metode carousel Anda akan memiliki ruang yang lebih besar, yakni sepuluh slide untuk gambar. Efeknya postingan Anda akan terlihat lebih santai dalam menyajikan informasi yang sifatnya step by step atau sedikit demi sedikit.

Apabila hanya dituangkan dalam satu postingan saja tentu membuat orang yang melihat menjadi terlalu lelah untuk memahami postingan Anda. Akibatnya mereka sudah malas untuk mengetahui lebih jauh lagi soal produk atau layanan Anda.

Selain itu, keuntungannya Anda juga dapat mengeksplorasi bahan konten anda menjadi lebih lengkap. Fitur Carousel Instagram sangat mendukung hal tersebut. Jika Anda dapat memanfaatkan fitur ini dengan baik, tentu akan menghasilkan hal yang baik pula bagi Anda.Keunggulan konten carousel secara visual stimulus membuat konten Anda lebih tinggi dibandingkan single image.

Disadari atau tidak, sebenarnya konten carousel mengubah kebiasan orang dari scroll to swipe, sehingga akibatnya durasi waktu konsumsi konten Anda menjadi semakin lama. Jika hanya single image saja maka orang akan sangat mudah meng-scroll sehingga produk atau layanan Anda tidak mendapat perhatian mereka.

 

Sungguh disayangkan jika Anda sudah bersusah payah membuat konten, namun tidak mendapat respon sama sekali, hanya karena Anda salah strategi.. Hal ini menunjukan read time atau watch time konten Anda menjadi sangat rendah. jika sudah begini, media sosial Anda akan sulit berkembang.

Nah berbeda lagi jika Anda menggunakan carousel Instagram. Durasi orang yang melihat postingan Anda akan lebih lama karena perlu menggeser satu per satu postingan.  Carousel Instagram ini cukup memancing orang untuk memperhatikan postingan Anda. Anda harus menyadari kebiasaan followers Anda akan berubah dengan durasi perhatian terhadap postingan Anda lebih lama. Disinilah Anda telah menciptakan brand otority yang tinggi dalam bisnis yang akan Anda dikembangkan.

Konten carousel memungkinkan Anda menyajikan informasi lengkap dalam 1 konten, tanpa harus dipecah-pecah atau terpisah. Selain itu, ajaibnya lagi konten carousel juga memiliki tingkat interaksi yang paling tinggi dibandingkan tipe Konten lainnya. Bagaimana bisa demikian? Hal itu terjadi karena selain dari like, coment, konten yang lebih lengkap mengandung informasi akan mudah di share oleh orang. percaya atau tidak, jika Anda sukses membuat konten carousel yang menarik dan lengkap, tingkat save-nya pun tinggi karena orang tersebut ingin membaca lagi dan lagi.

Pasti Anda inginkan media sosial kalian ramai pengunjung dan dihujani followers? Jika Anda ingin pertumbuhan follower akun tinggi, maka Anda wajib menjaga atau meningkatkan engagement rate (ER). Menggunakan konten carousel dapat menjadi salah satu trik yang digunakan untuk meningkatkan ER karena konten carousel di Instagram memiliki tingkat interaksi yang kuat.

Selain ER menjadi sinyal yang kuat, juga ada relevansi antara konten dengan pengguna Instagram (pembaca). Aplikasi Instagram tentu menginginkan penggunanya betah saat mengkonsumsi konten aplikasinya. Oleh karena itu Anda perlu membuat konten yang membuat pembaca betah pula, sehingga Anda diuntungkan dengan mendapat privilege yang lebih baik.

Nah jadi salah satu metode untuk mendapat ER yang bagus adalah dengan konten carousel karena Anda tidak perlu mengorbankan empat interaksi pembaca yakni like, coment, save, dan share.   Justru dengan carousel Anda akan semakin mudah mendapat interaksi tersebut secara penuh. Kali ini Anda harus memulai memposting bahan konten bisnis Anda menggunakan metode carousel karena sangat menguntungkan bagi promosi produk atau layanan Anda.