Penggunaan landing page pada toko online memang sangat berperan besar dalam meningkatkan conversion. Tetapi pada saat pengunjung akan melakukan transaksi, biasanya pada landing page tertintegrasi dengan alamat email. Namun karena banyaknya pengguna WhatsApp, kini landing page pun dapat diintegrasikan dengan whatsapp untuk melakukan konversi. Mengapa WhatsApp? Karena aplikasi ini sangat populer dan dalam penggunaannya sangat mudah dan simpel, untuk pelanggan yang membutuhkan respon yang cepat, maka WhatsApp adalah solusinya dibanding menggunakan email yang mungkin akan lebih lama dalam merespon karena di Indonesia sendiri email tidak lebih populer dibanding aplikasi seperti WhatsApp, Line, dan sebagainya.

 

Langkah-Langkah Membuat Landing Page Terintegrasi Ke WhatsApp

Hal yang harus Anda persiapkan adalah pastikan Anda sudah memasang plugin toko online seperti WooCommerce atau yang lainnya. Karena jika website Anda tidak menjalankan toko online, Anda juga tidak perlu membuat Landing Page yang terintegrasi ke WhatsApp. Setelah itu, Unduh dan aktifkan plugin bernama OneClick Chat to Order yang bisa Anda akses melalui link berikut. Cara menginstal plugin tersebut sama seperti saat Anda menginstall plugin WordPress pada umumnya, jadi Anda tidak perlu khawatir jika berpikir cara menginstalnya akan sulit.

 

Cara Setting Plugin OneClick to Order

Kami akan menjelaskan bagaimana cara mengatur plugin ini agar Anda bisa membuat Landing Page yang terintegrasi ke WhatsApp. Berikut ini adalah tampilan dashboard wordpress yang telah menginstall plugin OneClick to Order.

cara membuat landing page whatsapp

 

  • Numbers, Anda bisa mengisikan nomor WhatsApp yang digunakan dan nantinya akan dihubungi oleh calon pelanggan.
  • Basic, berisi pengaturan dasar mengenai nomor WhatsApp, tombol WhatsApp pada setiap produk, dan lain-lain.
  • Floating, Pengaturan ini memungkinkan Anda dapat menggunakan tombol WhatsApp melayang di bagian sudut kanan bawah.
  • Display Options, Untuk mengatur desain tombol WhatsApp
  • Shop, Pengaturan untuk meletakkan tombol WhatsApp pada halaman Shop
  • Cart, Untuk menampilkan tombol WhatsApp di halaman Cart, atau juga dapat mengganti tombol proses checkout menjadi tombol WhatsApp
  • Checkout, Mengganti tombol buat pesanan atau checkout dengan WhatsApp, nantinya ini akan melewati proses payment & shipping gateway.

 

  1. Buka pada tab Numbers, klik Add WhatsApp Number, isikan title misalnya nama Anda dan nomor WhatsApp aktif Anda, Setelah itu, klik Publish.

cara membuat landing page whatsapp

 

Jika sudah, maka akan seperti di bawah ini.

cara membuat landing page whatsapp

 

  1. Lalu kembali ke pengaturan utama OneClick to Order, pilih tab Scroll ke bawah pada bagian Single Product Page. Untuk nomor WA, Anda tinggal memasukkan seperti nomor yang telah tambahkan sebelumnya. Custom Message adalah format pesan yang dikirim saat pelanggan menghubungi Anda, Atur sesuai kebutuhan Anda. Sedangkan Text on Button adalah kata yang terdapat pada tombol.

cara membuat landing page whatsapp

 

Lalu scroll ke bawah pada bagian Text Translation, Anda bisa memberikan terjemahan untuk memudahkan pelanggan memahami istilah-istilah Bahasa Inggris, selebihnya, silakan menggunakan pengaturan default. Jika sudah, klik Save Changes.

cara membuat landing page whatsapp

 

  1. Kembali lagi ke menu pengaturan utama OneCLick to Order, klik pada tab Isikan kembali nomor WhatsApp yang sama seperti sebelumnya, dan centang pada Hide Add to Cart? nanti akan digantikan oleh tombol WhatsApp. Setelah itu, ubah Text on Button dan Custom Message sesuai kebutuhan Anda.

 

Kemudian, scroll ke bawah untuk mengatur lainnya. Anda bisa mencentang Exclude Price? Jika tidak ingin menampilkan harga pada saat pelanggan melakukan transaksi via WhatsApp, sedangkan Remove Product URL? Akan menghapus tautan produk pada saat transaksi, Open in New Tab berfungsi untuk membuka tab baru ketika pelanggan akan memulai transaksi di WhatsaApp.

Setelah semuanya selesai, Klik  Save Changes.

 

Dan ini adalah Tombol Landing Page yang Sudah Terintegrasi Ke WhatsApp.

 

 

Baca Juga : Cara Membuat Landing Page Di Android

 

Itu adalah serangkaian cara untuk membuat Landing Page dapat terintegrasi ke WhatsApp. Sebagai pebisnis online terutama pemilik toko online, yang diinginkan oleh para pelanggan adalah kemudahan dalam melakukan transaksi. Dengan menggunakan OneClick to Order sebagai landing page, Anda sudah memberikan satu kemudahan untuk mereka. Selain itu, dengan berinteraksi dengan pelanggan, Anda dapat memiliki kontak mereka dan apabila ingin berinteraksi dengan mereka mengenai penawaran-penawaran, akan lebih mudah dalam menjangkau audiens.

Continue Reading