Di kesempatan kali ini, kami akan membahas cara mendapat verified Facebook centang biru. Apakah Anda seorang influencer atau pemilik bisnis? Mungkin beberapa dari Anda mengalami masalah adanya akun fake yang mengaku-ngaku menjadi Anda.

Nah, untuk menghindari akun penipu yang mengaku-ngaku tersebut Anda harus bisa menunjukan keaslian dari akun Facebook Anda.

Yap, caranya adalah dengan mendapatkan centang biru alias tanda bahwa akun Anda resmi verified oleh Facebook. Selain terjamin keasliannya, akun dengan centang biru bisa menghasilkan Facebook page rank yang lebih tinggi dan semakin mudah untuk menemukan customer dan followers.

Bagaimana cara untuk mendapatkan centang biru di Facebook? Nah berikut adalah cara-caranya.

 

Apa itu Verified Facebook?

Sebelum membahas lebih lanjut ke cara-cara untuk mendapatkannya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu Verified Facebook.

Facebook Verification adalah proses ketika akun Facebook Anda sudah terverifikasi identitasnya. Biasanya, akun yang sudah terverifikasi ditandai dengan centang biru di samping username.

Dimulai pada 2013, Facebook memberikan centang biru pada akun yang banyak dicari orang dan sudah terkenal. Contohnya seperti selebriti, artis, dan organisasi yang terkenal. Kemudian pada 2018, Facebook mulai memberlakukan centang biru pada profil individu yang populer dan memiliki sejumlah followers.

 

Bagaimana Cara Mendapat Facebook Verified Centang Biru?

Sebenarnya, cara untuk mendapatkan centang biru di Facebook bukanlah rahasia. Anda dapat mengajukan lewat request form yang tersedia di platform Facebook. Namun jika Anda ingin diterima untuk centang biru di Facebook, sebaiknya perhatikan langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pilih Akun yang Diinginkan untuk Terverifikasi

    Anda dapat mengajukan request agar akun Anda terverifikasi. Facebook merekomendasikan untuk melengkapi data-data dan informasi seputar diri Anda. Maka pastikan untuk memilih akun yang ingin diverifikasi, agar tidak terjadi kesalahan informasi.

  2. Konfirmasi Keaslian Akun dan Identitas Anda

    Setelah mengisi form request, biasanya Facebook akan meminta untuk menunjukan identitas Anda. Ini bertujuan agar Facebook mengetahui keaslian identitas dan informasi si pemegang akun. Beberapa identitas keaslian yang dapat ditunjukan meliputi KTP, paspor, SIM, slip tagihan bulanan (pajak, air, listrik), dan surat-surat perusahaan.Kami sarankan untuk scan dokumen-dokumen tersebut dan lihat peraturan Facebook tentang pengunggahan dokumen ke dalam form verifikasi.

  3. Konfirmasi keberadaan akun Anda di Facebook

    Selanjutnya di form verifikasi terdapat perintah untuk konfirmasi notability atau keberadaan Anda di Facebook. Mereka ingin mengetahui niche dan region atau domisili sebuah akun.

    Kemudian Anda akan diberikan form seputar audience. Maka, Anda perlu mendeskripsikan informasi tentang followers Anda, dan mengapa mereka perlu mem-follow akun Anda.Nah, di bagian paling bawah juga terdapat form untuk mengisi bukti yang menunjukan seberapa terkenal dan bagaimana sepak terjang akun atau perusahaan Anda. Bisa dari media sosial lain atau artikel yang menyebutkan perusahaan/nama Anda.

  4. Tunggu email

    Setelah submit form verifikasi, Anda perlu menunggu waktu sekitar 48 jam dan 45 hari. Memang bukan waktu yang singkat. Namun Facebook perlu cek dokumen dan keaslian Anda untuk menentukan apakah akun Facebook tersebut layak mendapatkan centang biru.

Baca Juga : Bahas Tuntas Algoritma Facebook Marketplace, Produk Berada di Paling Atas

Meraih Centang Biru pada Verifikasi Facebook

6 Cara Untuk Mendapatkan Verified di Facebook

Ada beberapa aspek yang menjadi penentu Facebook untuk memberikan centang birunya. 4 faktor-faktornya meliputi keaslian, kelengkapan, keunikan, dan kualitas keberadaan akun Anda. Nah, setelah mengetahui beberapa faktor penentunya, berikut adalah cara untuk memperbesar kemungkinan akun Anda mendapatkan centang biru, simak!

 

  1. Update Informasi Profil

    Setelah akun Facebook Anda terlihat bagus dan estetik, masih ada kemungkinan bahwa Facebook tidak akan memberikan status verified pada akun Anda. Informasi dan data yang ada perlu dilengkapi dan diperbarui jika ada perubahan.Untuk melakukan hal ini, perhatikan URL website official, alamat email, biografi, dan deskripsi.

  2. Lengkapi Detail Informasi

    Semakin detail informasi akun Anda, semakin besar juga kemungkinan akun Facebook Anda akan terverifikasi. Maka, cobalah untuk mengisi “About” pada laman akun.

    Isi detail-detail informasi seperti alamat kantor, nomor telepon, media sosial lainnya, visi dan misi, serta gambaran perusahaan.

  3. Post Secara Profesional

    Bagaimana post profesional dapat dilakukan? Hindari konten berkualitas rendah, hindari typo dan grammar yang buruk. Selain itu juga hindari postingan yang tidak relevan dengan brand voice perusahaan.

    Estetika dan terlihat profesional adalah yang terpenting, untuk melihat apakah konten-konten yang Anda masukan sudah profesional atau belum cobalah minta pendapat orang lain dan dari orang yang sudah ahli dalam bidangnya.

  4. Sertakan Link ke Official Website

    Jika ingin mendapatkan verifikasi oleh Facebook, Anda perlu memasukkan link yang merujuk ke official website perusahaan. Selain itu backlink juga diperlukan, maka masukkan link akun Facebook perusahaan ke dalam website.

  5. Buat Laman Facebook Business

    Sebuah perusahaan juga mampu mendapatkan centang biru dengan membuat Facebook Business Page. Jika performa akun tersebut bagus di laman Facebook Business, maka besar kemungkinan untuk mendapatkan centang biru di akun utama.

    Jangan lupa untuk melengkapi data-data dan informasi seputar perusahaan dan Anda di dalam laman Facebook Business.

  6. Bangun Komunitas

    Facebook yang memiliki komunitas atau penggemar tentu saja mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan centang biru. Tentu dengan followers yang masih aktif dan real.

    Ada beberapa cara untuk membuat komunitas dan meningkatkan engagement akun Anda. Seperti posting secara rajin, menjalankan Facebook Ads, banyak event dan giveaway, dan gunakan Facebook Analytics Tools untuk mengetahui konten yang disukai oleh audience Anda.

Baca Juga : Contoh Copywriting Status Facebook untuk Jualan Online

 

3 Cara Mempertahankan Centang Biru Verified di Facebook

Perlu diketahui, bahwa centang biru di Facebook bisa diambil sewaktu-waktu oleh Facebook. Terutama jika Anda melanggar peraturan dari mereka. Maka berikut adalah cara untuk mempertahankan status verified Anda di Facebook.

 

  1. Nyalakan Two-Factor Authentication

    Jika sudah mendapatkan centang biru, akun Anda artinya sudah terkenal dan banyak orang yang ingin memanfaatkan hal tersebut untuk pembajakan. Jadi, pastikan untuk menyalakan fitur two-factor authentication. Fitur ini akan mempersulit orang lain untuk untuk login ke akun Anda, diperlukan beberapa verifikasi lewat SMS, Whatsapp, atau email.

  2. Ikuti Peraturan Facebook

    Ada peraturan di Facebook bernama Facebook Community Standards. Peraturan untuk akun yang sudah terverifikasi juga berbeda dengan akun biasa.

    Semua konten yang diposting tentunya memiliki pertanggung jawaban. Hindari postingan ilegal yang dapat Anda lihat di peraturan Facebook.

    Selain itu, Anda sudah tidak boleh posting mentah-mentah konten dari akun Facebook lainnya dan tanpa persetujuan. Itu sama saja dengan melakukan plagiarisme yang sangat dilarang oleh Facebook karena melanggar hak cipta.

  3. Terus Berkembang dan Implementasikan Strategi Marketing

    Popularitas akun Anda yang konsisten akan membuat akun Anda tetap terverifikasi. Jadi bukan hanya informasi data diri saja yang diupdate. Namun juga berikan konten-konten yang fresh untuk audience Anda.

    Selain itu untuk tetap berkembang dan memperoleh lebih banyak followers atau engagement, terapkan strategi marketing untuk Facebook. Anda juga dapat melakukan strategi marketing Facebook bahkan sebelum mendapatkan centang biru di akun Anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara mendapat Facebook verified centang biru. Kuncinya adalah lengkapi data dan informasi, tunjukan keaslian akun Anda, berikan konten yang fresh dan profesional, serta implementasikan strategi marketing pada Facebook Anda.