Aplikasi facebook memang tidak pernah kehabisan cara untuk menjadi media sosial yang paling dominan di internet. Setelah sebelumnya facebook sudah mempunyai produk yaitu facebook group, facebook ads, fanspage, video watch, dan kini aplikasi ini baru saja mengeluarkan produk terbarunya yaitu facebook marketplace. Ini adalah tool marketing baru yang cukup efektif untuk memasarkan produk atau jasa di internet. Gunakan tool ini dan dapatkan peningkatan penjualan yang signifikan.

Indonesia sendiri adalah salah satu negara yang diprioritaskan untuk mendapatkan layanan tersebut. Walaupun dalam penerapannya belum semua akun facebook bisa menggunakan layanan facebook marketplace. Pada artikel kali ini, penulis akan menjelaskan mengenai algoritma facebook marketplace dan bagaimana cara memaksimalkan penjualan Anda di aplikasi tersebut.

Apa Itu Facebook Marketplace?

Facebook marketplace adalah suatu platform yang sudah terintegrasi dengan aplikasi facebook dan memungkinkan penggunanya untuk menjual atau membeli produk di sekitar area tempat tinggal dengan sangat mudah. Cara kerja facebook marketplace hampir mirip dengan aplikasi OLX atau Craigslist. Akan tetapi, tampilan yang tersedia hampir sama dengan konsep tampilan dari Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan marketplace lain yang memiliki tampilan dalam bentuk grid.

Di aplikasi ini, pengguna facebook dapat dengan mudah menambahkan produk yang akan mereka jual, baik itu baru maupun barang bekas dengan lebih cepat. Produk yang telah diunggah akan langsung tampil di katalog produk serupa yang dijual juga oleh pengguna lain. Apabila Anda tertarik untuk membeli suatu produk di facebook marketplace, Anda cukup menekan tombol Hubungi Penjual untuk langsung bertransaksi dengan penjualnya melalui facebook messenger. Proses transaksi di facebook marketplace sangatlah cepat dan mudah.

Algoritma Facebook Marketplace

Algoritma facebook dirancang untuk membantu proses penentuan postingan yang sudah layak dan juga sesuai dengan para pengguna aplikasi Facebook. Konten produk atau layanan yang sudah diposting akan langsung muncul ketika pengguna membuka halaman utama pada facebook marketplace. Kemudian algoritma facebook akan menyesuaikan urutan postingan yang paling relevan atau sesuai dengan profil dan juga apa yang biasa dicari oleh pemilik akun.

Pembuatan algoritma facebook tidak dapat sembarangan. Bahkan, algoritma yang dipakai facebook ada lebih dari satu. Oleh sebab itu, semua sistem yang digunakan terbuat dari teknologi yang disebut sebagai machine learning. Teknologi tersebut dapat memprediksi tipe postingan Anda, apakah sudah sesuai dengan aktivitas pengguna facebook atau belum. Adanya algoritma ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi antar pengguna facebook marketplace.

Cara Kerja Algoritma Facebook Marketplace

Algoritma facebook marketplace yang pertama diawali dengan mengumpulkan semua postingan yang ada di jaringan pengguna facebook. Hal tersebut biasanya disebut sebagai inventory. Kemudian, algoritma akan mengeliminasi postingan yang tidak disukai oleh pengguna facebook. Setelah itu, facebook akan menghubungkan beberapa konten yang paling cocok dengan aktivitas pengguna. Dari kumpulan konten tersebut biasanya akan langsung tampil saat Anda masuk ke halaman utamanya. Konten yang paling sesuai akan berada di paling atas.

Dengan begitu, pengguna facebook akan semakin tertarik untuk scroll lebih lama lagi. Oleh sebab itu, para pemilik bisnis harus bisa membuat konten yang bersifat universal dan banyak disukai oleh pengguna facebook.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk memaksimalkan penjualan di facebook marketplace.

1. Lakukan Riset Sebelum Berjualan

Sebelum mulai berjualan di facebook marketplace, sangat disarankan untuk melakukan riset terlebih dahulu dengan cara memeriksa produk apa yang sedang banyak dicari di kategori yang masih relevan dengan produk yang Anda sediakan. Selain itu, periksa juga halaman toko yang menjual produk serupa. Dengan menjelajahi facebook marketplace sebelum mulai berjualan, Anda dapat memperoleh gambaran terkait ekosistem jual-beli, persaingan harga, dan apa saja yang dapat Anda lakukan untuk menarik perhatian calon konsumen.

2. Maksimalkan Dengan Facebook Ads

Gunakan facebook ads untuk menjangkau lebih banyak audiens dan memperluas jangkauan penjualan Anda. Targetkan siapa saja customer yang ingin Anda capai dan mulailah beriklan di facebook ads. Selain bisa menjangkau customer baru, facebook ads juga dapat membantu Anda dalam mempertahankan customer lama dan mendorong mereka untuk melakukan transaksi lagi di toko Anda.

3. Gunakan Kata Kunci yang Relevan

Supaya postingan produk Anda berada di peringkat teratas di halaman pencarian, maka pastikan Anda menggunakan kata kunci atau keyword yang relevan dengan produk Anda. Optimalkan penjualan Anda dengan cara memasukkan keyword utama pada judul dan juga pada bagian deskripsi produk. Misalnya saja, Anda dapat memasukkan keyword pada nama produk, warna, jenis, model, bahan, kondisi, dan yang lainnya. Anda juga dapat melakukan riset keyword terlebih dulu untuk memahami kata kunci apa yang banyak dicari oleh pengguna dan pastinya ideal untuk produk Anda.

4. Pilih Kategori yang Sesuai

Agar postingan Anda bisa menempati peringkat teratas, maka hindari untuk memasukkan terlalu banyak kategori dalam satu produk. Contohnya, apabila Anda menjual baju, maka jangan memberikan label produk aksesoris pada listing tersebut. Hal tersebut dapat membuat unggahan Anda dinilai sebagai spam dan bisa dilaporkan atau bahkan di blokir oleh Facebook. Oleh karena itu, pilih kategori yang sesuai dengan produk yang akan Anda jual. Dengan memasukkan kategori secara sembarangan, hal tersebut tidak hanya bisa mempersulit pengguna, tapi juga bisa membuat postingan Anda sulit ditemukan oleh target konsumen yang tepat.

5. Gunakan Foto dengan Kualitas Tinggi

Baik itu di facebook marketplace maupun platform penjualan lain, foto adalah salah satu faktor yang sangat penting karena bisa mempengaruhi persepsi konsumen. Hampir 93% konsumen mengatakan bahwa tampilan visual menjadi salah satu faktor penentu dalam memutuskan apakah mereka akan membeli produk tersebut atau tidak. Oleh sebab itu, jangan sampaI Anda memposting foto yang buram, tidak jelas, dan memiliki kualitas yang rendah.

Agar bisa memproduksi foto yang berkualitas, maka pastikan Anda mempunyai pencahayaan yang baik. Alangkah lebih baik lagi jika pencahayaan yang Anda miliki bersifat natural. Kemudian, siapkan background dengan latar yang bersih. Misalnya dengan menggunakan warna hitam atau putih. Hal tersebut dapat membantu calon konsumen bisa melihat produk dengan baik. Jangan lupa untuk menggunakan tripod agar foto tidak buram.

6. Mempertahankan Reputasi yang Baik

Cara Anda dalam melayani konsumen juga menjadi salah satu faktor yang dinilai oleh facebook. Aplikasi facebook marketplace akan memberikan penjual dua badge. Hal tersebut dapat digunakan penjual untuk membangun hubungan baik dengan para konsumen. Badge yang pertama akan diberikan kepada para penjualan dan bisa memberikan respon dengan cepat kepada calon konsumen. Sedangkan badge kedua akan diberikan kepada para penjual yang memiliki rating tinggi di facebook marketplace. Kedua badge ini tentu akan membuat toko Anda semakin terlihat kredibel dan bereputasi baik serta memperoleh kepercayaan dari para konsumen.

Jika Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia dengan maksimal, maka facebook marketplace dapat menjadi salah satu platform tambahan untuk menjangkau lebih banyak pembeli dan meningkatkan penjualan toko Anda.

Demikian penjelasan mengenai algoritma facebook marketplace dan bagaimana cara memaksimalkan penjualan di platform tersebut. Untuk Anda yang akan memulai berjualan di facebook marketplace, jangan lupa untuk selalu update strategi marketing Anda. Agar penjualan tetap stabil dan terus meningkat.

Continue Reading