Anda sedang menjalankan bisnis online di Facebook? Tepat sekali, Anda harus mencoba senjata ampuh contoh copywriting status Facebook. Apa itu copywriting? ini adalah teknik penulisan yang merupakan salah satu bagian dari creative advertising.  Untuk membuatnya Anda membutuhkan keterampilan menulis dengan kata yang kreatif, intelektual, dan seni agar mencapai tujuan penjualan tersampaikan dengan baik kepada calon pelanggan.

Teknik ini dapat Anda jadikan sebagai strategi untuk menarik minat pembaca menjadi calon pelanggan Anda lewat status Facebook. Anda pasti setuju jika platform yang satu ini masih menjadi media sosial yang memiliki pengguna terbesar di Indonesia. Itu lah sebabnya Anda harus memiliki strategi bisnis yang baik karena Facebook menjadi ladang bisnis yang menggiurkan bagi para pelaku internet marketing. Media sosial ini telah memberikan ruang yang luas untuk Anda beriklan di sana dengan menggunakan copywriting. 

Perlu Anda ketahui bahwa ini adalah teknik menulis yang sangat penting dalam dunia periklanan, terutama di dunia digital marketing. Harapannya, ketika pembaca sudah terpikat dengan copywriting kita, kemudian mereka akan respon dengan membeli produk. Sederhananya, teknik penulisan ini menjadi sales yang berbentuk tidak langsung secara tatap muka. 

Copywriting yang Anda buat dikatakan berhasil jika sudah memenuhi beberapa kriteria. Copywriting tersebut harus mampu menarik perhatian klien, menarik minat mereka, dan mempengaruhi kebutuhan dan keinginan mereka. Copywriting Anda juga harus meyakinkan klien dan memberi pengaruh kepada mereka untuk melakukan seperti pada pesan iklan yang Anda sampaikan.  

Lalu bagaimana cara membuat copywriting yang bagus dan menarik di status Facebook? Anda perlu mengetahui beberapa karakter dasar dalam membuat copywriting di status facebook agar berhasil dalam beriklan. Karakter  tersebut antara lain pengulangan, bersifat menjual, mengefektifkan kata-kata, dan mudah dipahami. Agar sukses beriklan di status Facebook, Anda perlu menerapkan prinsip-prinsip dalam copywriting.  Berikut ini akan saya tunjukan beberapa contoh copywriting yang bisa Anda buat di status Facebook untuk jualan online. 

Berikan Sugesti

Contoh Copywriting Status Facebook

Saat Anda membuat copywriting usahakan memberikan sugesti terhadap pembaca. sugesti tersebut bisa berupa pernyataan yang tidak langsung disetujui atau diabaikan oleh pembaca. Meskipun demikian, Anda harus membuat memastikan jawaban pembaca secara umum adalah “iya”.  Jika sugesti tersebut sudah berhasil Anda buat, maka selanjutnya adalah memberi pesan utama dari produk yang Anda jual. 

Contoh kalimat sugesti yang bisa Anda pakai adalah kalimat pertanyaan sebagai berikut: 

Tidakkah Anda ingin….?

Apakah Anda bisa…?

Fokus dan Manfaat

Contoh Copywriting Status Facebook

Fokus dan Manfaat adalah salah satu prinsip copywriting yang tidak boleh dilupakan. Kebanyakan orang jika beriklan akan terlalu mementingkan spesifikasi produknya saja, sehingga kurang memperdulikan hal ini. Tonjolkan pula manfaat dari produk Anda. Buatlah produk Anda menjadi sebuah solusi, bukan membicarakan kecanggihan fitur. Anda bisa memulai mengenalkan produk Anda kepada calon pelanggan dari apa manfaat produk Anda. 

Contohnya dalam kalimat berikut ini: Dapatkan layanan internet dengan kecepatan mencapai 50 mbps. Kalimat tersebut tampa biasa saja dan sudah lumrah terjadi. Kalimat tersebut tentu tidak cocok untuk iklan karena tidak tepat sasaran. Mengapa demikian? Karena tidak banyak orang yang paham manfaat kecepatan internet dan apa perbedaan kecepatan 50 mbps dibandingkan dengan 20 mbps. 

Double Binding

Apa itu double binding? Double binding merupakan bentuk pemberian tawaran semu. Bagaimana tawaran semu itu? Anda seolah-olah memberikan pilihan, padahal Anda hanya memberikan satu jawaban yang akan diabaikan oleh pembaca. Teknik penulisan double binding ini terbukti efektif menarik perhatian pembaca. Contoh kalimat double binding yang bisa anda buat sebagai berikut: sebaiknya, rahasia ini diberikan sekarang atau nanti ya?  

 Ciptakan Urgensi

Saat Anda menawarkan produk, usahakan membuat urgensi yang mengarah kepada produk Anda. Urgensi seperti apa yang bisa dilakukan? Anda bisa memberikan penawaran terbatas dalam waktu tertentu atau pemberian bonus untuk beberapa pembeli pertama. Anda juga bisa memberi diskon untuk pembelian produk dalam jangka waktu tertentu yang sudah ditentukan. Cara seperti ini akan mensugesti calon pelanggan Anda untuk segera melakukan pembeliaan. Cara menciptakan sugesti ini bisa Anda buat dalam copywriting agar mendesak calon pelanggan Anda segera membeli produk. 

Jelaskan dengan Spesifik

Usahakan jika Anda membuat Copywriting untuk penawaran, buatlah kalimat yang spesifik. Perlu Anda ketahui bahwa orang akan lebih tertarik dengan hal-hal yang spesifik, jelas, dan terlihat pasti. Contoh kalimat yang bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut: Anda ingin kurus hanya dalam waktu satu bulan? Kalimat tersebut lebih efektif dibandingkan dengan kalimat yang tidak spesifik berikut ini: Apakah Anda ingin kurus? 

Menggunakan Kata “Dan” dan “Tanpa”

Dalam membuat copywriting, Anda bisa menggunakan kata “dan” untuk menunjukan manfaat produk Anda. Kata “dan” ini akan menunjukan produk Anda terkesan memiliki banyak keunggulan atau manfaat. Anda bisa mengkombinasikannya dengan kata “tanpa”. Kata “tanpa” dapat memberikan kesan Anda lebih unggul dibanding dengan produk lain.

Contoh kalimat dengan kombinasi penggunaan kata “dan” dan “tanpa” yang bisa Anda buat sebagai berikut: 

Kapan lagi makan enak dan Cuma bayar 50% 

Dapatkan diskon 50% hari ini dan jadilah yang pertama. 

Saatnya ngemil enak tanpa takut gemuk

Cara mudah bersihkan toilet sampai kinclong tanpa ribet 

Testimoni

Testimoni

bahan berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk menulis copywriting adalah testimoni. Anda perlu meminta testimoni dari pelanggan dan menunjukkannya kepada calon pelanggan agar mereka percaya dengan produk Anda. Buatlah testimoni senatural mungkin agar tidak terkesan dibuat-buat. Berikan pula biodata singkat dari pelanggan Anda yang memberikan testimoni. Testimoni ini menjadi sangat penting untuk penjualan berbasis online seperti ini karena rawan penipuan.kepercayaan pelanggan adalah hal utama yang perlu Anda ciptakan dan pertahankan. 

Tampilkan Visual Produk

hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan dalam membuat copywriting adalah bahan visual produk Anda. Karena calon pelanggan Anda tidak bisa melihat produk secara langsung, maka Anda harus membuat foto produk atau gambar visual produk sejalas dan sebagus mungkin. Bahan visual produk yang bagus akan sangat membantu copywriting produk Anda karena calon pelanggan akan mendapat gambaran produk secara nyata. Itulah sebabnya keberhasilan copywriting juga ditentukan oleh gambar visual produk yang memadai. Jadi perhatikan kembali bagaimana foto atau visual produk Anda terpampang di etalase toko online Anda.

  Jangan Memaksa

Istilah “jangan memaksa” memperingati Anda untuk tidak terlalu keras dalam beriklan. Maksudnya adalah hindari penggunaan kalimat yang memaksa calon pembeli untuk membeli produk Anda. Gunakanlah kalimat yang membuat pembaca nyaman mengenal produk Anda dan tidak merasa dipaksa membeli. Kalimat memaksa tersebut justru akan membuat pembaca terganggu dan ogah membeli produk Anda. Usahakan buat kalimat yang halus dan menyenangkan. 

Nah, itulah beberapa cara dan contoh bagaimana membuat copywriting yang bagus dan menarik di status facebook untuk keperluan jualan online. Mudah bukan? Dalam Copywriting Anda hanya perlu menguasai pelanggan dan produk Anda. Jika Anda sudah bisa menguasai copywriting, maka bisa jadi Anda akan mendapat peningkatan penjualan. Selamat mencoba, semoga berhasil.   

Continue Reading