Sekarang ini, jualan makanan online melalui internet dan sosial media banyak diminati oleh pengusaha muda. Hal ini terjadi karena adanya perkembangan pasar yang semakin meluas khususnya di dunia internet. Dengan adanya internet, para pebisnis muda ini dapat memasarkan produknya secara online.

Seperti yang kita ketahui bahwa menjalani bisnis ini tidaklah mudah. Promosi menjadi salah satu alternatif dalam sebuah usaha online. Strategi melalui internet dan sosmed dapat membuat calon pelanggan tertarik dengan produk makanan yang dijual.

Disini penulis akan memberikan tips supaya bisa laris manis berjualan makanan melalui sosmed. Simak informasinya lengkapnya mengenai Tips supaya jualan makanan bisa laris di internet dan sosmed sebagai berikut.

Tips Supaya Jualan Makanan Bisa Laris Manis Di Internet dan Sosmed

Tips Supaya Jualan Makanan Bisa Laris Di Internet dan Sosmed

1. Sering Mempromosikan Melalui Media Sosial

Tips yang pertama yang harus Anda lakukan adalah sering mempromosikan jualan Anda melalui media sosial. Media sosial yang paling tepat digunakan untuk berbisnis adalah WhatsApp dan Instagram. Foto produk dan video makanan Anda dapat diposting melalui media sosial tersebut.

Hal yang perlu diperhatikan ketika mengunggah foto yaitu produk harus unik dan menarik agar calon pelanggan tertarik dengan produk yang kita jual. Selain itu juga, gunakan waktu yang tepat seperti pada pagi hari upload 2 story, begitu juga pada siang dan malam harinya. Hal ini dimaksudkan agar calon pelanggan tidak bosan melihat story tersebut.

2. Memberikan Pilihan Pembayaran Yang Beragam

Kemudahan pembayaran merupakan suatu hal yang disukai oleh konsumen. Anda perlu memberikan pilihan pembayaran yang mudah dan beragam. Misalnya melalui transfer bank atau bisa juga dengan Cash On Delivery. Pilihan pembayaran harus aman dilakukan, sehingga konsumen tidak perlu takut pada saat melakukan pembayaran.

3. Memberikan Diskon Dan Promo Yang Menarik

Ketika Anda berjualan makanan secara online, Anda perlu memberikan diskon kepada para pelanggan. Karena ini sangat berpengaruh kepada calon pelanggan dan dapat menarik perhatian pelanggan. Disko yang dimaksud dapat berupa potongan harga dengan jumlah pembelian tertentu.

Selain itu juga Anda perlu memberikan promo menarik seperti beli 2 gratis 1. Akan tetapi persentase diskon dan promo ini harus disesuaikan dengan harga produk atau laba yang diinginkan.

Baca Juga 20+ Ide Jualan Makanan Kekinian Yang Laris dan Bisa Dijual Online

4. Bekerjasama Dengan Food vlogger

Banyak sekali food vlogger yang mempunyai banyak followers maupun subscriber. Food vlogger ini biasanya mereview berbagai jenis makanan. Selain itu, pengusaha yang mempunyai bisnis online ini bekerjasama dengan food vlogger dengan cara mengirimkan makanannya untuk di endorse. Review positif tersebut dapat menarik calon pelanggan untuk membeli dan mencoba makanan tersebut.

5. Ramah Pada Konsumen

Tips yang perlu diperhatikan ketika Anda melakoni bisnis online makanan yaitu harus ramah dengan konsumen. Bisnis secara online ini tidak mempertemukan penjual dan konsumen secara langsung. Keramahan penjual tersebut dapat dilihat dari cara membalas pesan dan mengangkat telepon dari konsumen.

Penjual harus bersikap ramah kepada konsumen meskipun ada beberapa konsumen yang sering bertanya. Jika ada komplain mengenai produk yang Anda jual, Anda perlu menanggapinya dengan ramah juga. Kesalahan dari pihak produksi perlu diperbaiki atau bahkan mengganti dengan yang baru.

6. Melakukan Inovasi

Inovasi produk perlu dilakukan dalam setiap bisnis terutama bisnis makanan. Melakukan inovasi juga termasuk salah satu tips supaya jualan makanan bisa laris di internet dan sosmed. Inovasi ini bisa dilakukan dengan cara yaitu seperti membuat varian baru dari produk yang telah ada.

Anda juga dapat dengan cara menawarkan produk makanan Anda yang benar-benar baru. Misalnya membuat menu makanan baru. Selain itu inovasi produk makanan ini juga dapat dengan cara mengubah kemasan dari produk makanan Anda. Hal ini dapat mencegah supaya konsumen tidak bosan.

Seperti contoh produk makanan keripik pisang. Anda dapat menambahkan rasa atau varian baru contohnya rasa keju atau balado. Kemasan dari produk makanan Anda harus dibuat semenarik mungkin agar dapat menarik di mata konsumen. Contohnya seperti kemasan yang dulu berbahan plastik bisa diganti dengan toples unik.

7. Buatlah event berhadiah

Pastinya semua orang menyukai hadiah, begitu pula dengan pengguna internet. Salah satu tips supaya jualan makanan bisa laris di internet dan sosmed selanjutnya adalah membuat event berhadiah. Yaitu contohnya dengan melakukan promosi dan juga event berhadiah.

Event berhadiah ini dapat dilakukan pada hari-hari tertentu atau secara berkala. Jika pada hari-hari tertentu bisa saat hari menjelang hari raya atau juga bisa saat hari kemerdekaan. Hadiah dari event ini dapat berupa produk makanan Anda secara gratis. Atau juga dapat berupa hadiah-hadiah menarik yang lain.

Membuat event berhadiah seperti ini bisa menarik pengguna internet yang belum pernah membeli makanan Anda. Sehingga setelah itu dapat mengenal produk-produk makanan dari Anda.

8. Melakukan penawaran gratis ongkos kirim

Tips supaya jualan makanan bisa laris di internet dan sosmed berikutnya adalah melakukan penawaran gratis ongkos kirim. Tips yang satu ini banyak sekali disukai oleh para konsumen online. Dengan gratis ongkos kirim dianggap dapat menghemat pengeluaran ketika membeli makanan di internet dan sosmed.

Tips yang satu ini juga biasanya ditawarkan oleh mall online tetapi dengan persyaratan tertentu. Bagi Anda yang memiliki bisnis makanan yang dijual di internet atau sosmed dapat mencontoh tips tersebut. Tetapi juga harus dengan adanya syarat tertentu supaya tetap bisa menguntungkan penjual dan pembeli.

9. Posting review positif atau testimoni

Review positif atau testimoni dari para pelanggan dapat diposting di internet dan sosmed. Hal ini dapat menumbuhkan rasa kepercayaan untuk para calon pelanggan agar bisa membeli produk makanan Anda. Review positif atau testimoni dari beberapa pelanggan dapat ditempatkan contohnya di cerita aplikasi Instagram. Hal tersebut dapat memudahkan calon pelanggan agar melihat testimoni positif dari produk makanan yang Anda jual.

Tetapi review negatif kadang memang tak bisa dihindari oleh pemilik usaha makanan. Karena banyak sekali macam jenis dari konsumen. Ketika ada yang memberi review negatif atau mengajukan komplain, Anda harus tetap menanggapi hal itu dengan baik.

Dan jika perlu Anda juga bisa menanyakan apa dari keluhan konsumen tersebut. Jadi Anda tak perlu memaksa konsumen agar selalu memberikan review positif. Karena penjual juga perlu kritik serta saran supaya dapat lebih baik lagi. Selain itu Anda harus tetap ramah saat melayani calon pembeli dan jangan sampai Anda memakai bahasa yang kurang sopan kepada calon pembeli.

Itulah tadi pembahasan mengenai tips jualan makanan online agar bisa laris di internet dan sosmed. Anda dapat langsung menerapkan tips di atas untuk bisnis makanan Anda. Selain itu Anda juga harus sabar saat jualan Anda sepi pembeli. Karena berjualan makanan tentunya mempunyai tantangan tersendiri supaya pelanggan terus berdatangan.

Continue Reading