Banyak pembeli yang berbelanja ingin mendapatkan layanan yang memuaskan pada produk yang telah dibeli. Untuk mendapatkan layanan yang memuaskan pada produk yang telah dibeli, para penjual kini berlomba untuk dapat memuaskan para pembelinya dengan cara bergabung menjadi bagian dari Official Store di Tokopedia. Dengan bergabung menjadi bagian dari Official Store di Tokopedia anda dapat memberikan kepercayaan konsumen yang lebih tinggi terhadap toko dan barang jualannya. Bagi anda yang ingin mengetahuinya dan tertarik mengenai Official Store di Tokopedia yuk simak penjelasan di bawah ini.

 

Apa itu Official Store Tokopedia?

Official store di Tokopedia merupakan layanan khusus diperuntukan bagi toko yang telah terverifikasi. Seller yang menjual merek resmi dan barang asli bisa mendapatkan label official store di Tokopedia.

Toko yang telah tergabung menjadi Official Store di Tokopedia diberi tanda pada halaman toko dan produk yang dijual menggunakan logo centaang. Pelanggan dapat dengan mudah menemukan toko-toko official store dengan mengunjungi homepage Official Store di Tokopedia.

Dengan begitu, seller mendapatkan keuntungan berupa kepercayaan konsumen yang lebih tinggi terhadap toko dan barang jualannya. Label ini didapatkan dengan melakukan pendaftaran dan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai official store simak penjelasan berikut ini.

Keuntungan Menjadi Official Store Tokopedia

Toko yang telah memiliki label official store tentunya memiliki banyak sekali keuntungan, antara lain :

  1. Dapat melakukan diskusi dengan Relationship Manager Tokopedia.
    Menjadi seorang seller tentunya memiliki tujuan untuk menguasai pangsa pasar. Dalam menguasai pangsa pasar dibutuhkan strategi-strategi yang tepat. Toko yang memiliki label official store dapat melakukan diskusi dengan Relationship Manager Tokopedia. Hal ini dapat dijadikan untuk menentukan strategi-strategi tepat pemasaran produk Anda. Dengan begitu akan berdampak pada meluasnya pangsa pasar.
  2. Sebagai pilihan utama konsumen
    Saat ini konsumen cenderung lebih suka berbelanja di toko yang sudah memiliki label official store di tokopedia. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan saat berbelanja, seperti penipuan berupa kualitas barang yang tidak sesuai dengan deskripsi di toko. Dengan adanya label official store ini, dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap toko dan produknya. Sehingga tidak ada keraguan saat melakukan transaksi pembelian toko Anda. Selain kepercayaan pelanggan, menjadi official store Tokopedia mendapatkan banyak pilihan fitur-fitur eksklusif yang disuguhkan untuk memanjakan konsumenn saat melakukan transaksi pembelian. Dengan begitu, akan meningkatkan ketertarikan konsumen untuk berbelanja di toko Anda.
  3. Mempermudah dalam pengaturan toko
    Selain fitur-fitur yang disediakan untuk memanjakan konsumen saat berbelanja, Tokopedia juga memberikan fitur API, dimana fitur ini dapat digunakan oleh seller untuk mengatur stok barang, lokasi pengiriman barang dan dapat digunakan untuk menganalisia statistik dari penjualan di toko.
  4. Bebas memilih ekspedisi pengiriman
    Fitur lain yang didapatkan oleh seller yaitu, dapat memiliki kebebasan dalam pemilihan ekspedisi. Bebas memilih disini dalam arti dapat memilih kurir yang tersedia di Tokopedia atau dapat pula menggunakan kurir sendiri. Tak hanya dapat dinikmati oleh seller, fitur ini juga dapat dinikmati oleh konsumen, dimana konsumen dapat dengan leluasa dalam melakukan pemilihan ekspedisi saat membuat pesanan dan checkout.
  5. Bebas mengatur diskon.
    Toko yang berlabelkan official store di Tokopedia memiliki kebebasan dalam pengaturan diskon yang akan diberikan kepada konsumen sesuai dengan keinginan seller. Di dalam fitur ini seller juga dapat melakukan perhitungan berdasarkan keuangan dan anggaran. Fitur ini bertujuan agar diskon yang diberikan tidak mengganggu jumlah laba yang didapatkan.
  6. Meningkatkan kepercayaan pembeli
    Konsumen tentunya akan merasakan sebuah kenyamanan saat melakukan transaksi pembelian dengan toko resmi. Tak hanya kenyamanan yang didapatkan, konsumen juga merasa aman saat melakukan pembelian melalui official store dibandingkan dengan toko-toko biasa yang tidak memiliki label official store. Dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan toko lainnya, tidak membuat konsumen enggan untuk membeli produk di official store. Karena dengan adanya rasa aman yang dirasakan saat melakukan transaksi tidak akan membuat konsumen berpaling memilih toko lainnya.
  7. Memiliki data statistik toko yang lengkap
    Fitur lainnya yaitu data statistik penjulan yang lengkap. Didalam fitur ini, seller dapat melihat pergerakan pasar serta hasil penjualan produk. Selain itu, hasil statistika penjualan ini dapat pula didiskusikan bersama Relationship Manager dan dapat dijadikan untuk menentukan strategi ataupun cara seller menjual produk agar dapat meningkatkan minat konsumen terhadap produk.

 

Cara Daftar dan Syarat Menjadi

Official Store di Tokopedia

Bagi anda yang tertarik dan berminat menjadi official store, anda wajib mengetahui bagaimana cara mendaftarnya. Untuk dapat mengetahui cara mendaftar menjadi tokopedia official store, yuk simak penjelasan dibawah ini.

  • Langkah pertama yaitu klik link daftar official store di tokopedia. Setelah mengklik link daftar official store di tokopedia anda diminta untuk membaca syarat dan ketentuan dari tokopedia serta terdapat dokumen yang harus disiapkan.
  • Langkah selanjutnya yang harus dilakukan setelah membaca syarat dan ketentuan dari tokopedia. Anda harus mempersiapkan semua dokumen yang telah tertera pada langkah pertama.
  • Setelah anda mempersiapkan semua dokumen anda, silahkan centang kemudian klik lanjutkan.

  • Langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu melakukan registrasi dan mengunggah semua dokumen yang telah dipersiapkan.

  • Data yang harus dimasukan yaitu yang pertama berupa profil perusahaan yang isinya antara lain Nama perusahaan ( Sesuai dengan NPWP ), Nomor NPWP, Nama Brand, Alamat Perusahaan ( Sesuai NPWP ), Email PIC.
  • Data yang harus dimasukan kedua yaitu berupa informasi pihak kedua yang isinya yaitu Nama Pihak Kedua, NIK Pihak Kedua, Jabatan Pihak Kedua, Email Pihak Kedua, Nomor Telepon.

 

  • Data yang harus dimasukan ketiga yaitu informasi mengenai identitas toko yang isinya antara lain Nama Toko, Domain Toko, Kategori Utama.

  • Data selanjutnya yang dimasukan yaitu informasi akun yang berguna untuk melakukan pencairan dana dan pembayaran lainnya. Isinya terdiri dari Nama Bank, Cabang, Nama Akun, Nomor Rekening.

 

  • Langkah selanjutnya yang harus dilakukan setelah mengisi data-data tadi yaitu melakukan upload dokumen yang telah di scan dengan format JPG, PNG, atau JPEG.

  • Dokumen terdiri dari Merek Dagang (HAKI) yang wajib diupload, Identitas Diri (KTP) yang wajib diupload, NPWP Perusahaan yang yang wajib diupload, SIUP yang wajib diupload, Akta Perusahaan yang wajib diupload, SPPKP sebagai dokumen pendukung, SKT sebagai dokumen pendukung, serta dokumen pendukung lainnya.
  • Setelah melakukan upload dokumen tersebut, anda dapat melanjutkan proses selanjutnya yaitu dengan melakukan konfirmasi perjanjian kerjasama, pembayaran deposit, memasukan produk, dan melakukan edit top content.
  • Langkah terakhir yaitu menunggu persetujuan untuk menjadi Tokopedia Official Store. Apabila dalam waktu 7 hari pengajuan tidak mendapatkan tanggapan maka toko anda belum sesuai dengan profil bisnis pada Tokopedia Official Store.

Setelah anda memahami bagaimana cara mendaftar menjadi Tokopedia Official Store. Anda juga perlu memahami dan mengerti apa saja syarat-syarat nya.

Untuk dapat mengetahuinya yuk simak penjelasan dibawah ini meengenai syarat-syarat menjadi tokopedia official store.

  • Termasuk kedalam toko-toko unggulan yang menjual produk secara original atau asli serta dapat dibuktikan keasliannya.
  • Menyetujui ketentuan layanan dari official store
  • Menyetujui syarat dan ketentuan situs tokopedia
  • Mempunyai dokumen legal yang sesuai pada kategori toko. Kategori toko tersebut terdiri dari : flagship store, authorized distributor, specialized toko.

 

Ini adalah contoh yang telah sukses mendaftar Official Store Tokopedia.

Toko : Speedcube Indonesia

 

Biaya Layanan Tokopedia Official Store

Dalam menjadi bagian dari Tokopedia Official Store dikenakan biaya layanan tokopedia official store. biaya layanan tokopedia official store yang dikenakan setiap transaksinya disesuaikan oleh kategori brand pada setiap tokonya dan juga ada deposit sebesar 1 juta.

Baca Juga : Mengenal TopAds Tokopedia

Continue Reading