Social media merupakan sebuah media yang sering kita jumpai dan temukan. Media sosial sendiri adalah media yang digunakan untuk berinteraksi dan berkomunikasi secara online melalui jejaring internet. Social media ini digunakan tanpa mengenal batasan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa kini menggunakan social media. Dan taukah anda bahwa akun social media dikelola oleh admin media social perusahaan. Untuk mengetahui lebih lanjut, Yuk simak penjelasannya berikut!

Sekilas Tentang Admin Social Media

Sekilas Admin Social Media

Bagi kalian yang belum mengetahui dan mengerti apa itu Admin Sosial Media. Admin Social Media adalah sebuah seseorang yang bekerja dalam mengoperasikan, mnegelola dan mengawasi semua kegiatan yang berhubungan dengan social media. Bagi setiap perusahaan, tentunya pekerjaan menjadi admin social media perusahaan sangat dicari dan dibutuhkan. Karena dengan adanya Admin social media dapat memudahkan perusahaan dalam memantau serta mengelola semua kegiatan yang ada di perusahaan tersebut.

Jobdesk Admin Sosial Media

Bagi sebagian orang berfikir, bahwa menjadi admin social media hanya membalas chat saja. Namun perlu kalian ketahui bahwa, menjadi admin social media tidak semudah itu, karena menjadi admin social media kita harus mengetahui dan mengerti bagaimana cara mengoperasikan dan mengelola akun social media seperti : Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya. Lalu apakah jobdesk lainnya, Yuk simak penjelasan dibawah ini !
Jadi, selain mengelola akun media social. Admin media social memiliki tugas dan tanggung jawabnya. Berikut Tugas dan Tanggung Jawab dari Admin Social Media :

1. Tugas dari admin social media :

  • Merancang Konten
    Menjadi seorang Admin Social Media harus pandai dalam merancang konten. Konten yang dibuat harus semenarik mungkin, agar khalayak dapat tetarik mengenai konten yang sedang dipublish pada media social.
  • Waktu
    Menjadi seorang Admin Social Media perlu memperhatikan waktu yang pas dan sesuai untuk di publish ke media social. Biasanya seorang Admin social Media memiliki jam-jam terbaik untuk melakukan publikasi. Masalah waktu ini perlu dipahami, karena dengan kita mengerti mengenai jam-jam terbaik orang melihat social media, pada saat itulah kita konten-konten yang kita publish dapat dilihat oleh orang.
  • Menjaga Komunikasi
    Menjadi seorang Admin Social Media sangat perlu dan wajib menjaga komunikasi. Menjaga komunikasi seperti menjawab segala pertanyaan yang ditanyakan oleh orang. Karena dengan kita dapat menjaga komunikasi yang baik maka akan tercipta hubungan yang baik antara seseorang.

2. Tanggung Jawab dari Admin Social Media :

Ketika kamu menjadi seorang Admin Social Media, kalian memiliki tanggung jawab yaitu menjaga nama baik perusahaan. Oleh karena itu, anda harus dapat menjalankan tugas-tugas dengan baik dan benar, dengan telah dilakukannya tugas yang baik dan benar. Maka secara tidak sadar, anda telah menjaga nama baik perusahaan.

Baca Juga : 5 Teknik Meningkatkan Engagement di Sosial Media

SOP Admin Social Media

Menjadi seorang admin social media, anda harus memperhatikan SOP yang ada, yaitu diantaranya :

  • Kenali terlebih dahulu profil perusahaan
    Hal pertama kali yang dilakukan oleh seorang admin media sosial adalah mengenali profil perusahaan. Admin media sosial dituntut untuk mengetahui profil perusahan, hal tersebut akan membantu anda pada saat membuat dan mengembangkan konten-konten kreatif yang akan di posting pada media sosial.
  • Memahami produk yang dijual
    Admin media sosial harus memahami menganai apa produk yang dijual. Hal tersebut dapat membantu mempermudah pekerjaan terlebih ketika terdapat customer yang bertanya mengenai produk yang dijual. Ini menjadi sangat penting karena menggunakan media sosial merupakan salah satu strategi yang efektif untuk menaikkan omset.
  • Menentukan target pasar
    Hal selanjutnya yang harus dilakukan yaitu harus menentukan siapa yang akan menjadi target pasar. Hal ini dapat menentukan dengan gaya Bahasa yang digunakan. Jika target pasar adalah milenial yang berada pada rentang usia 20 tahun hingga 40 tahun maka gaya bahasa yang digunakan tidak terlalu resmi atau terkesan santai.
  • Memahami prime time di media sosial
    Meskipun media sosial dapat diakses 24 jam setiap harinya, namun ada beberapa waktu tertentu dimana para pengguna media sosial sedang online atau mengakses media sosial milik mereka. Waktu tertentu itulah yang biasa disebut dengan Prime Time. Waktu itulah waktu yang efektif untuk admin media sosial memposting konten yang dimilikinya.
  • Membuat sapaan yang khas untuk followers
    Selanjutnya adalah membuat sapaan kepada followers yang berbeda dengan admin media sosial lain. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar folloers merasa dekat dengan anda selaku admin media sosial. Dengan sapaan atau panggilan khusus yang sengaja dibuat untuk followers, membuat interaksi menjadi lebih menyenangkan, unik dan terkesan tidak membosankan.
  • Membuat akun media sosial
    Langkah yang terpenting adalah membuat akun media sosial guna untuk memposting konten yang dibuat. Akun media sosial dapat dibuat dibeberapa media sosial seperti Instagram, Youtube, Twitter, Facebook dan lainnya. Pilih media sosial dimana banyak masyarakat Indonesia yang mengaksesnya.
  • Promosi akun media sosial
    Hal selanjutnya yang dilakukan adalah dengan melakukan promosi akun media sosial yang telah dibuat dengan akun pribadi anda. Selain dengan memanfatkan akun pribadi bisa juga dengan memanfatkan jasa endorsement untuk mempromosikan akun media sosial yang telah dibuat agar lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas.
  • Kelola media sosial dengan kreatif
    Setelah akun dipromosikan maka akun akan dikenal oleh masyarakat luas. Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah dengan membuat atau memperbarui konten yang menarik dan berbeda dengan yang lainnya. Tentunya konten yang dibuat disesuaikan dengan tren yang sedang terjadi di zaman sekarang ini. Tujuannya adalah dapat menarik perhatian khalayak luas untuk mengunjungi media sosial milik anda.

Skill Yang Dibutuhkan Admin Social Media

Mungkin bagi sebagian orang menganggap menjadi seorang admin social media itu mudah, namun perlu diketahui bahwa, ada beberapa skill yang perlu diperhatikan dalam menjadi seorang admin social media, yaitu :

  • Komunikasi sesuai target
    Media social bertujuan sebagai tenpat untuk berkomunikasi kepada pelanggan. Oleh karena itu anda sebagai admin social media harus dapat membagikan konten yang menarik dan berbeda seperti orang lain. Untuk mendapatkan konten yang menarik dan berbeda kita harus melakukan riset, dengan melakukan riset kita dapat memahami dan mengetahui konten yang paling sesuai untuk dibagikan. Dengan begitu, anda sebagai admin social dapat berkomunikasi sesuai target.
  • Kreativitas
    Seorang admin social media membutuhkan kreativitas yang tinggi. Dengan memiliki kemampuan kreativitas tersebut anda dapat menciptakan ide yang menarik dan berbeda untuk konten yang akan dipublikasi nantinya.
  • Mengetahui strategi pemasaran dan periklanan
    Seorang admin social media harus dapat memgetahui bagaimana cara memasarkan dengan baik. Dengan Seorang admin social dapat memasarkan dengan baik, maka pengelolaan media social dapat terlaksana dan dapat berjalan dengan baik sesuai tearget.
  • Berpikir kritis
    Seorang admin social media harus dapat berfikir kritis. Karena dengan memiliki kemampuan berifikir kritis seorang admin dapat memahami dan menjawab segala persoalan yang ditanyakan oleh pelanggan. Selain itu, dengan berfikir kritis Seorang admin social media dapat menganalisis mengenai masalah yang sedang terjadi.

Kisaran Gaji Admin Social Media

Pekerjaan menjadi seorang admin social media mugkin terkesan aneh, namun pekerjaan menjadi admin social media pada era sekarang ini sangat penting. Lalu pernakah anda berfikir mengenai berapa kisaran gaji admin social media ? Kisaran gaji untuk seorang admin social media milik para selebriti yang dapat mengelola akun 4 sampai 5 akun yaitu memiliki gaji minimal 20 juta. Namun untuk mengambil job 4 sampai 5 akun sangat jarang. Sedangkan kisaran gaji seorang admin social media secara wajar yaitu sekitar 1 juta untuk tugas admin terendah, dan 8 juta untuk tugas yang tinggi. Jadi jika berbicara gaji yang puluhan juta, maka tugas untuk nilai tertinggi dan ternedah dikalikan dengan berapa akun yang urus.

 

Baca Juga : 5 Standar SOP Admin Toko Online Yang Perlu Diterapkan Supaya Penjualan Meningkat