Bisnis online kini sudah mulai menjadi tren bisnis yang cukup menjanjikan. Dengan memanfaatkan teknologi komunikasi yang sudah semakin canggih, menjalankan sebuah bisnis online pasti akan memberikan sensasi tersendiri. Selain dapat mendapatkan keuntungan dengan mudah, bisnis online juga bisa membuat produsen ataupun konsumennya termudahkan dalam berbagai urusan. Tanpa perlu menyewa kantor, tanpa pergi ke pusat perbelanjaan, kini transaksi jual beli dapat berlangsung hanya dengan menggunakan internet. Wah menarik sekali bukan?

Kemudahan inilah yang menjadi prioritas dalam bisnis online, dimana hal ini ternyata dapat dinikmati oleh banyak pihak yang terlibat, yaitu penjual dan juga pembeli. Inilah yang kemudian menjadi keunggulan bisnis online dan membuatnya semakin marak, khususnya di Indonesia.

Akan tetapi, meski bisnis online terlihat sangat menggiurkan karena kemudahannya, ada beberapa hal dari bisnis online yang perlu diperhatikan dan di cermati dengan seksama. Sebab, hal ini memiliki peran penting dan krusial dalam mendatangkan penjualan. Salah satu hal yang sering membuat sulit para pebisnis online yaitu pelayanan konsumen atau yang sering kita sebut sebagai customer service.

Customer service adalah salah satu bagian yang sangat penting dan krusial bagi semua bisnis, terlebih bisnis online. Jika pelayanannya baik, maka peluang bisnis online menghasilkan penjualan akan semakin tinggi. Begitupun sebaliknya, jika semakin buruk maka semakin sulit pula bisnis online akan mendapatkan pembeli dan meningkatkan penjualan.

Pelayanan konsumen yang baik merupakan hal yang mutlak dan wajib dilakukan oleh pebisnis online, hal ini terjadi karena bisnis online adalah bisnis jual-beli yang tidak bertatap muka. Lau, seperti apakah standar customer service yang baik dari sebuah toko online? Simak ulasan berikut ini:

  1.   Kemudahan dan kelengkapan informasi

Standar customer service yang pertama adalah terkait kemudahan dan kelengkapan informasi. Seperti yang kita ketahui bahwa informasi yang jelas dan lengkap adalah salah satu hal yang dibutuhkan oleh para konsumen. Ketika konsumen mendapatkan informasi yang sesuai dengan kebutuhannya, maka mereka akan merasa puas dan yakin untuk berbelanja di toko online tersebut.

Kemudian jika para konsumen sudah merasa puas dan senang berbelanja di toko online tersebut, maka mereka mungkin akan menjadi pelanggan setia yang nantinya akan sering berbelanja secara berkala. jika hal ini terjadi, maka bisa dipastikan Anda akan mendapatkan banyak keuntungan karena semakin banyaknya penjualan.

  1.   Adanya fitur keranjang belanja

Fitur yang satu ini merupakan ciri khas dari belanja online. Dimana dengan adanya fitur ini, para konsumen akan lebih mudah dalam berbelanja. Untuk itu, jika Anda adalah pebisnis online, sebaiknya Anda tidak melewatkan fitur shopping cart tersebut.

Supaya fitur ini berfungsi secara maksimal, maka Anda perlu membuat transparansi dengan jelas. Selain itu, Anda juga perlu menambahkan fitur untuk “menambahkan” dan “mengedit”. Saat proses check out, Anda perlu membuat para konsumen merasa aman dan nyaman. Hal ini bisa Anda lakukan dengan memastikan bahwa Anda membuat prosesnya secara singkat dan tidak membuat langkah-langkah yang terlalu panjang.

  1.   Jangka waktu pengiriman barang

Seperti yang kita ketahui bahwa di dalam bisnis online, barang yang kita beli tidak bisa langsung diterima oleh pembeli. Hal ini terjadi karena barang yang dibeli secara online memerlukan waktu pengiriman hingga sampai kepada konsumen. Nah, dalam pengirimannya, pastikan Anda membuat layanan customer service yang baik dan juga konsisten sesuai dengan yang sudah ditentukan.

Anda bisa memberikan pilihan jangka waktu pengiriman serta biaya pengiriman di awal proses check out. Dengan begitu, konsumen akan mengetahui dengan pasti kapan barang yang mereka pesan akan datang.

Usahakan untuk tidak membuat konsumen menunggu terlalu lama dengan adanya keterlambatan pengiriman. Jika hal ini terjadi, maka konsumen akan merasa tidak puas dan kemudian berdampak pada kredibilitas brand bisnis online Anda.

  1.   Konfirmasi pesanan

Setelah proses transaksi selesai, pastikan Anda melakukan konfirmasi order dengan cepat. Jika Anda melakukan konfirmasi order dengan cepat maka hal ini akan sangat membantu Anda dalam menciptakan kepuasan konsumen terhadap layanan customer service bisnis online Anda. Jangan lupa untuk selalu menampilkan nomor kontak layanan customer service agar memudahkan konsumen dalam menyampaikan keluhan ataupun pertanyaan.

  1.   Kualitas layanan call center

Jika dibutuhkan, Anda juga dapat membuat layanan call center customer service yang dapat melayani konsumen sepanjang hari. Anda juga bisa membuat layanan call center ini paruh waktu, jadi Anda harus menjelaskan waktu kerja pelayanan call center kepada para customer dengan baik. Jangan lupa untuk memberikan layanan call center yang dapat berkomunikasi dengan baik dan juga sopan. Supaya konsumen merasa nyaman dan memberikan kesan yang baik.

Dari penjelasan diatas, kita semua dapat memahami tentang pentingnya customer service untuk bisnis online. Oleh karena itu, jika Anda memiliki bisnis online, maka Anda harus lebih memperhatikan lagi pelayanan customer service Anda supaya bisa meningkatkan penjualan dan juga mendapatkan banyak pelanggan