Pada zaman sekarang ini, semua kegiatan yang dilakukan oleh setiap orang dapat dilakukan secara online seperti kegiatan menonton film, membaca sebuah buku, dan berbelanja secara online. Belanja dengan online bagi setiap orang dapat memudahkan seseorang tanpa perlu keluar rumah. Dengan banyaknya orang yang berbelanja secara online. Maka juga banyaknya toko online yang beredar. Lalu apakah kalian mengerti apakah toko online itu ? jadi, Toko online adalah sebuah tempat penjualan yang menjual sebuah barang pada sebuah tampilan website yang dapat diakses menggunakan jaringan internet.

Apa itu Shopify ?

shopify

Bagi anda yang belum mengetahui dan mengerti, bagaimana cara membuat sebuah toko online. Shopify adalah solusi nya. Shopify merupakan sebuah platform e commerce yang dapat berguna untuk membuat sebuah toko online. Dalam pembuatan toko online melalui Shopify biasanya cocok untuk digunakan oleh seseorang yang memiliki bisnis dan ingin membuat toko online sendiri, namun mereka tidak memiliki pengalaman dalam mengcoding. Jadi, bagi anda para pemilik bisnis yang membutuhkan website untuk keperluan berjualan, tidak perlu memesan di jasa pembuatan website yang membutuhkan biaya yang lumayan besar.
Namun sebelum menggunakan shopify, anda harus memperhatikan apa saja kelebihan yang dimiliki oleh shopify. Berikut adalah kelebihan dari shopify.

 

  • Trial selama 14 hari secara gratis
    Bagi anda yang masih ragu ? shopify menyediakan fasilitas berupa percobaan selama 14 hari. Fasilitas ini diberikan bagi anda yang ingin mencoba shopify sebelum berlangaganan.
  • Layanan 24/7
    Bagi anda yang mendapati kesulitan atau kendala, anda tidak perlu khawatir, karena shopify menyediakan layanan 24 jam melalui email, chat, dan telepon.
  • Manajemen toko
    Bagi anda yang masih bingung, bagaimana cara mengelola toko. Shopify memiliki fitur yang dapat digunakan untuk mengelola dan memantau toko anda dengan mudah menggunakan aplikasi yang ada di smartphone anda.

Apa itu WooCommerce?

Bagi anda yang belum tahu dan mengerti. Woocommerce sebenarnya hampir sama dengan shopify. WooCommerce merupakan sebuah plugin toko online pada sebuah platform wordpress. WooCommerce memiliki sifat yaitu open source dari sifat itulah khalayak dapat menjadi seorang contributor dalam pengembangan plugin dalam sebuah toko online. Serta WooCommerce ini juga memiliki fungsi antara lain sebagai metode pembayaran & pengiriman yang berbeda, variabel produk, dan lainnya.

Fitur-Fitur Shopify

Shopify memiliki fitur yang dapat berguna untuk memudahkan pelanggan untuk membuat toko online dan mengoperasikan. Fitur – fitur tersebut diantaranya adalah:

  1. Fitur Blogging & SEO
    Dengan adanya fitur ini anda dapat membuat toko online dengan shopify mereka menyediakan panel bloging yangbisa kita manfaatkan untuk kegiatan online marketing. Dengan panel bloging dengan built-in SEO ini anda juga dapat bisa menulis content marketing yang baik untuk toko online anda sehingga mampu menjaring lebih banyak pelanggan
  2. Fitur kode diskon
    Pada fitur ini pembuatan kupon diskon dapat dilakukan secara mudah. Dengan menggunakan diskon akan dapat lebih menarik konsumen untuk melakukan pembelian.
  3. Server
    Shopify juga menyediakan fitur server yang cepat dan tangguh.
  4. Tampilan Profesional
    Shopify memiliki lebih dari 100 tampilan atau theme untuk toko online yang nantinya, terdapat tampilan yang gratis maupun yang berbayar.
  5. Sertifikat SSL & Metode Pembayaran
    Shopify memberikan fitur SSL Agar data Anda dan pelanggan dapat dienkripsi yang dapat berguna untuk menjamin keamanan.

Fitur-Fitur WooCommerce

WooCommerce memiliki beragam fitur yang diberikan yang dapat berguna untuk memudahkan pelanggan dalam mengoperasikannya. Fitur – fitur tersebut diantaranya adalah:

  • Manajemen Produk
    Di dalam fitur ini, Anda dapat membuat berbagai jenis produk. Pada fitur ini anda juga dapat melakukan pemilihan terkait produk dengan menambahkan ukuran, warna, harga, dan lain-lainnya.
  • Manajemen Pesanan
    Di dalam fitur ini anda juga dapat mengelola pesanan yang dikirimkan pelanggan Anda dengan sangat mudah. Anda pun juga dapat membuat offline order secara manual.
  • Laporan Penjualan
    Anda dapat melihat laporan penjualan dengan mudah. Apabila laporan penjualan bawaan terlalu sederhana, Anda juga bisa menambah extension laporan tertentu sehingga Anda bisa melakukan ekspor laporan ke dalam bentuk dokumen excel
  • Pengiriman
    Dalam fitur ini, Anda dapat memasukkan harga ongkir barang secara manual maupun bisa mengintegrasikan dengan aplikasi lain

Cara Menggunakan Shopify

Setelah berhasil melakukan pendaftaran, Anda dapat mengikuti langkah ini supaya Anda dapat mengetahui cara menggunakan Shopify dengan maksimal:

1. Mengenal Dashboard dan Fungsi

Pada tampilan dashboard Shopify memiliki penampilan yang cukup simple, yaitu :

  • Home : Halaman depan yang dapat digunakan untuk mengelola semua aktivitas yang terjadi di toko secara detail dan ringkas.
  • Orders: Halaman berisi tentang pemesanan produk yang dimiliki, pada halaman ini juga dapat digunakan untuk mengelola pesanan yang masuk, hingga status pembayaran.
  • Product: Halaman ini berisi mengenai pengelolaan produk yang Anda jual, pada menu ini Anda dapat mengelola produk dengan mudah. Mulai dari pembuatan kategori hingga Gift Card.
  • Customers: pada halaman Customers Anda bisa melihat informasi pelanggan Anda secara detail.
  • Analytics: Halaman ini berisi mengenai segala jenis transaksi jual beli, dari keuntungan hingga kerugian. pada halaman ini Anda juga dapat melihat laporan tentang transaksi penjualan secara detail.
  • Marketing: pada halaman ini Anda bisa merencanakan dan mengatur kegiatan marketing toko online Anda.
  • Discounts: Halaman ini digunakan untuk membuat diskon produk/layanan. Mulai dari memberikan promo maupun kode pembelian.
  • Apps: pada halaman ini menyediakan tools untuk mengembangkan toko online Anda
  • Online Store: pada halaman yang berisi tentang pengaturan umum seperti, penggantian tema toko, blog post, pages, navigation, domain dan preference.

2. Cara Menambahkan Produk Ke Shopify

Setelah memahami isi pada dashboard dan masing-masing fungsi di dalamnya, Anda dapat menambahkan produk di Shopify. Berikut langkah menambahkan produk Anda di Shopify:
Langkah 1. Klik Add Product

Klik Add Product
Klik icon products kemudian Anda akan menemukan button “Add product”, klik untuk langkah berikutnya.

Langkah 2. Isi Data Produk

isi data produk

Langkah selanjutnya yaitu isi semua data yang berkaitan dengan product.

Langkah 3. Tambahkan Gambar

Tambahkan Gambar
Masih pada halaman yang sama, masukan gambar tentang produk Anda. Pada “Add Image from URL” yang dapat berguna untuk menambahkan gambar yang diambil dari situs dan “Add Images” yang dapat berguna untuk mengambil gambar dari komputer Anda.

Langkah 4. Tambahkan Harga

Tambahkan Harga
Masih pada halaman yang sama tentukan harga produk anda.

Langkah 5. Tambahkan Inventaris Produk

Tambahkan Inventaris Produk
Masih pada halaman yang sama, pada bagian inventory dapat berguna untuk memasukan data berdasarkan kebijakan bisnis. Mulai dari SKU, Barcode,dan Inventory policy.

 

Cara Menggunakan WooCommerce

Adapun cara yang dilakukan untuk menggunakan WooCommerce di WordPress yaitu,

Buka website wordpress lalu tambahkan /wp-admin atau /wp-login pada belakang nama domain. Langkah selanjutnya yaitu isi username dan password dari WordPress. Lalu klik Log In

Buka website wordpress
Setelah itu, pada langkah selanjutnya anda akan diarahkan pada dashboard WordPress. Klik pada menu WooCommerce kemudian pilih Settings.

dashboard WordPress pada menu WooCommerce
Lalu anda akan diarahkan pada halaman settings dari WooCommerce itu sendiri
Pada bagian tab setting terdapat beberapa hal yaitu,

Pada bagian tab setting

  • General : pada tab ini anda akan diarahkan kepada pengaturan woocomerce terdapat bagian Base Location (lokasi toko anda), Selling Location (tujuan pasar dari toko anda). lalu Pada bagian Currency Options, anda dapat mengatur mata uang yang digunakan. Pilih Indonesia pada bagian Currency. Kemudian pilih Left pada Currency Position. Setelah selesai, klik Save Changes.
  • Product : pada tab ini terdapat 4 bagian. Yaitu General, Display, Inventory dan Downloadable Products.
  • Tax : pada bagian ini, anda dapat mengatur pajak dari produk yang dijual.
  • Checkout : pada tab Checkout, anda dapat mengatur metode pembayaran yang digunakan
  • Shipping : Pada tab Shipping ini, anda dapat mengatur metode pengiriman barang
  • Account : Pada bagian account, anda dapat mengelola pengaturan akun yang dimiliki,
  • Email : pada bagian ini anda dapat mengelola email yang masuk ke customer maupun ke admin toko.

 

 

Baca juga : https://www.niagahoster.co.id/blog/shopify-vs-woocommerce/

Perbedaan Shopify dan WooCommerce

Perbedaan Shopify WooCommerce
Desain Pilihan tema tidak sebanyak WooCommerce.- Setiap tema sudah disertai desain dan Anda tinggal mengaturnya. Pilihan tema lebih banyak daripada Shopify.- Desain toko harus dibuat dari nol, tapi Anda mendapatkan fleksibilitas lebih.
Kemudahan Penggunaan Setup lebih singkat dan simpel daripada WooCommerce. Namun penggunaannya sama-sama mudah. setup memerlukan waktu yang lebih lama, tetapi penggunaannya tidak kalah mudah dari Shopify
Metode Pembayaran Anda dikenai potongan 2% untuk setiap transaksi melalui payment gateway pihak ketiga. WooCommerce tidak mengambil potongan apapun dari transaksi melalui payment gateway pihak ketiga.
Keamanan Keamanan sudah dikelola oleh Shopify. Pengelolaan keamanan ada di tangan Anda.
Biaya Estimasi biaya per bulannya jelas, tapi lebih mahal daripada WooCommerce. Estimasi biaya per bulannya tergantung dari layanan hosting yang digunakan.- Karena itu, biayanya bisa lebih murah daripada Shopify.

 

 

Baca juga : 7 Tim Digital Yang Perlu Direkrut Untuk Menjalankan Bisnis Online