Bisnis online pada masa sekarang ini tentu sudah menjadi salah satu ide bisnis yang sangat menjanjikan. Pasalnya teknologi komunikasi semakin hari semakin berkembang. Oleh karena itu, tak heran jika semua orang berbondong-bondong membawa bisnisnya ke media social. Selain lebih menjanjikan, memasarkan produk atau layanan di media social juga lebih mudah dan sesuai target.

Namun, dengan segala kemudahan tersebut, tentu bisnis kamu tidak bisa berjalan sendiri tanpa adanya tim handal di dalamnya. Mungkin jika Anda adalah pengusaha online pemula, Anda masih bisa mengatur dan mengerjakan semua sendiri. Namun bisnis Anda tentu akan terus berkembang dan Anda akan membutuhkan tim spesialis yang ahli dibidang digital marketing. Lalu siapa saja sih yang perlu direkrut untuk menjalankan bisnis online supaya bisnis Anda semakin maju dan berkembang?

Berikut adalah beberapa tim digital marketing yang perlu Anda rekrut untuk menjalankan bisnis online Anda:

 

  1. Ahli Pemasaran Online

Untuk memasarkan produk di media social tentu membutuhkan strategi dan keahlian, supaya produk atau layanan yang dipromosikan dapat dipasarkan sesuai target perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan tim yang ahli dalam pemasaran online, sehingga promosi akan berjalan dengan efektif. Sebenarnya, dalam dunia marketing online diperlukan sebuah kombinasi antara keterampilan analitis dan juga kreatif.

Seorang yang ahli dalam bidang marketing online tentu diharapkan dapat menjadi manager social media yang nantinya bertanggung jawab atas promosi online yang dilakukan. Oleh karena itu, tim ahli pemasaran online harus menguasai strategi jitu mempromosikan suatu produk atau layanan di media social ataupun media pemasaran online lainnya.

 

  1. Manajer Media Sosial

Keberadaan manager media sosial sangat diperlukan dalam Tim Digital Marketing. Sebab, peran manager media sosial dalam mengelola langsung media sosial untuk memaksimalkan pemasaran online tentu sangat penting dan krusial. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa semakin hari pengguna media sosial semakin meningkat. Tentu hal ini menjadi peluang besar untuk bisnis online dalam memasarkan produk atau layanannya.

Tugas manager sosial media disini yaitu mengimplementasikan rencana pemasaran online yang telah disusun oleh tim ahli pemasaran. Disini tim manager media sosial harus ahli dalam berkomunikasi dengan para pelanggan dengan baik. Sehingga para pelanggan diharapkan akan merasa nyaman dan percaya terhadap produk atau layanan yang Anda sediakan.

 

  1. Content creator

Content creator merupakan salah satu tim digital marketing yang wajib ada pada bisnis online Anda. Sebab, sekarang ini dalam melalukan pemasaran online, Anda akan membutuhkan aktivitas pemasaran online yang unik dan menarik. Harapannya supaya menarik para pelanggan untuk berkunjung dan membeli atau menggunakan produk dan layanan yang Anda sediakan.

Untuk membuat sebuah promosi yang menarik, Anda membutuhkan content creator yaitu tim digital marketing yang ahli dalam membuat narasi promosi serta konsep iklan yang menarik. Perlu Anda ketahui bahwa konten bisnis merupakan hal yang sangat penting yang perlu diperhatikan. Pembuatan konten bahkan dapat berpengaruh langsung pada keberhasilan system pemasaran online.

Dalam suatu tim digital marketing. Seorang content creator diharuskan dapat bekerjasama dengan para tim pemasaran. Sehingga kegiatanmarketing akan berjalan dengan maksimal dan efisien. Selain itu, content creator juga harus bekerjasama dengan manager sosial media dalam pembuatan konten, supaya dapat tercipta sebuah konten media sosial yang terbaik.

 

  1. Desainer

Selain content creator, dalam tim digital marketing juga membutuhkan seorang desainer, yaitu seorang yang ahli dalam bidang desain grafis. Sebab, sebuah konten media sosial akan terkesan tidak menarik jika konsep desainnya terlihat biasa saja. Untuk menghindari hal tersebut, diperlukan desainer yang ahli dalam membuat desain grafis yang unik dan menarik sesuai dengan target pasar bisnis Anda.

Seorang desainer tentu harus bisa bekerjasama dengan seorang content creator dalam membuat desain konten. Dengan begitu, konten yang tercipta akan lebih menarik dan promosi online akan berjalan dengan baik serta tertarget.

 

  1. Analis data

Dalam menjalankan sebuah bisnis online, tentu kita harus pintar dalam menganalisis data. Hal ini bertujuan supaya data yang kita dapatkan bisa menjadi referensi dalam menentukan startegi pemasaran yang akan dilankukan selanjutnya. Oleh karena itu, tim digital marketing memerlukan seorang yang ahli dalam menganalisi data. Dengan begitu, tim pemasaran dapat fokus pada upaya membuat konten yang menghubungkan dengan para pelanggan.

Dengan adanya tim analis data, nantinya mereka akan menganalisis seberapa efektif dan efisiennya sebuah konten atau strategi yang dilakukan pada media sosial bisnis Anda. Tentu hal tersebut akan berdampak baik pada pemasaran bisnis online Anda.

 

  1. Ahli Teknisi

Karena sebagian besar peralatan yang digunakan untuk pemasaran online membutuhkan tingkat coding, maka diperlukan teknisi yang mumpuni. Seorang teknisi harus menguasai teknologi dan dapat merancang sebuah konten dalam sebuah template sehingga dapat menyesuaikan algoritma yang baru. Tim teknisi dangat diperlukan dalam tim digital marketing untuk menunjang keberhasilan pemasaran online bisnis Anda.

 

  1. Web developer

Selain tim sosial media yang kompeten, sebuah bisnis online juga membutuhkan sebuah website guna memaksimalkan pemasaran online. Jika bisnis online Anda tidak memiliki website, maka Anda akan kehilangan salah satu media promosi yang memiliki peran cukup penting. Oleh karena itu, Anda tentu membutuhkan web developer yang ahli di bidangnya. Salah satu manfaat website terhadap bisnis online Anda adalah dapat membantu tim digital marketing menjalankan berbagai strategi marketing dengan biaya yang cukup murah.

Itulah beberapa tim digital marketing yang perlu Anda rekrut untuk menjalankan bisnis online Anda. Tentunya memiliki tim digital marketing yang mumpuni sangat dibutuhkan, supaya bisnis online Anda bisa berjalan dengan baik dan semakin berkembang. Seperti halnya sebuah perusahaan, tentu memerluan sistem yang tepat untuk mengelola karyawan dengan baik. Sehingga risiko terjadinya kesalahan dapat dihindari dan pastinya dapat mengembangkan perusahaan kearah yang lebih baik.