Dalam sebuah aplikasi sosial media, pasti ada istilah yang tak asing bagi kita pengguna ponsel yaitu ‘shadowban’. Shadowban pada Instagram sendiri merupakan singkatan dari shadow banded yang berarti upaya pembatasan yang dilakukan oleh pihak platform aplikasi Instagram. Guna mencegah user melakukan pelanggaran maupun penyalahgunaan pedoman.

Hal ini tentu akan sangat mengganggu untuk kita yang aktif di media tersebut. Terlebih, apabila kita seorang influencer, content creator, dan marketing yang membutuhkan aplikasi itu. Berikut ini merupakan penyebab, cara mengecek, dan cara mengatasi instagram yang terkena shadowban.

Penyebab Shadowban

Shadowban Pada Instagram

Ada akibat, tentu ada sebabnya. Akun instagram yang terkena shadowban merupakan akun yang telah melanggar pedoman komunitas dari aplikasi tersebut. Akan tetapi, ada beberapa orang yang merasa tak menyalahi aturan dan kena shadowban. Hal itu tentu sangat membuat kita para pengguna tak nyaman, bukan? Berikut ini merupakan beberapa penyebab shadowban pada instagram:

1. Menggunakan Aplikasi Lain yang Melanggar Pedoman Instagram

Maksud dari penyebab ini adalah, apabila Anda menggunakan sejenis aplikasi atau bot yang otomatis menambah jumlah pengikut, jumlah like, jumlah komentar, bahkan juga menambahkan jumlah postingan secara otomatis, maka akan segera diketahui oleh pihak instagram dan membuat akun Anda terkena banned.

Dari hal tersebut, bisa disimpulkan bahwa tidak hanya memungkinkan akun Anda saja yang dibanned, akan tetapi, kesuluruhan instagram Anda pun akan berisiko.

2. Melanggar Batasan Penggunaan Instagram

Dalam hal ini, pihak instagram mengaskan bahwa ada semacam pembatasan penggunaan atau aktivitas pada aplikasi instagram. Misalnya pembatasan pada komentar, mengikuti dan batal mengikuti, bahkan hingga foto yang disukai sekalipun.

Dalam setiap jamnya, instagram membatasi penggunanya agar tak melakukan seperti  60 mengikuti atau batal mengikuti, 150 suka, dan 60 komen.

3. Menyalahgunakan Hastag

Penyebab selanjutnya terjadinya shadowban pada instagram adalah penyalahgunaan hastag. Biasanya, untuk membedakan sebuah tema maupun kategori setiap foto yang telah diposting, para pengguna akan menambahkan hastag di caption.

Akan tetapi, ada beberapa pengguna yang membuat hastag tidak sesuai dengan kategori postingan, nah hal ini akan memicu terjadinya shadowban pada instagram Anda.

4. Mengalami Laporan Akun Secara Berkala

Biasanya, apabila ada sebuah akun instagram yang tak sesuai, menimbulkan konflik, ataupun tak senonoh, akan mendapatkan laporan dari sekelompok pengguna. Dari hal tersebut, dapat menimbulkan terjadinya shadowban pada akun instagram. Maka dari itu, usahakan menggunakan aplikasi instagram dengan baik dan positif agar mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

Baca Juga Trik Tersembunyi Instagram Yang Membuat Kerja Lebih Cepat & Optimal

Cara Cek Shadowban

Ada sebuah cara yang dapat Anda ketahui dan anda lakukan untuk memastikan apakah akun anda terdampak shadowban ataukah tidak. Untuk memastikannya, gunakan akun lain yang belum mengikuti akun yang terindikasi shadowban tersebut.

Akun yang terindikasi shadowban dapat mencoba meng-upload kiriman dengan tagar tertentu yang tidak populer atau jarang digunakan, dengan tujuan agar mudah dilacak. Anda cukup memasukkan 2 hingga 3 tagar di caption dan di first comment.

Jika kiriman yang tadi anda unggah tidak dapat ditemukan oleh pengguna yang belum follow, maka kemungkinan akun terdampak shadowban. Namun jika kiriman yang di unggah muncul, maka kemungkinan besar akun tersebut aman.

Cara Mengatasi Shadowban Instagram

Cara Mengatasi Shadowban Instagram

Setelah anda mengecek akun anda, pasti anda mengetahui apakah akun anda terdampak shadowban atau tidak. Jika terdampak shadowban berikut adalah cara untuk mengatasinya:

1. Hentikan Menggunakan Aplikasi Automasi

Apabila anda menggunakan aplikasi otomatisasi untuk memberikan like, komentar, hingga follow dan unfollow, maka mulai sekarang anda harus menghindari dan menghentikannya. Karena, pada dasarnya aplikasi ini adalah aplikasi dan menjadi hal yang sangat dihindari oleh Instagram.

Mengapa seperti itu? Karena algoritma yang terdapat pada Instagram mendukung pengguna untuk mendapatkan suatu platform itu dengan wajar dan tentunya nyaman. Selain dapat menyebabkan dan dapat menimbulkan spamming, aplikasi ini juga melanggar ketentuan Instagram.

2. Membatasi Aktivitas di Instagram

Seperti yang sudah anda ketahui, Instagram memberlakukan batasan dan aktivitas untuk penggunanya. Nah, batasan yang diberlakukan salah satunya adalah dengan menghentikan aplikasi otomatisasi tersebut. Disini, anda tidak menggunakan aplikasi tersebut bukan berarti anda aman dari incaran Instagram.

Untuk itu, cara mengatasi shadowban selanjutnya adalah dengan membatasi aktivitasmu. Anda hanya perlu fokus untuk membuat konten yang berkualitas dan memberikan komentar yang interaktif untuk meningkatkan engagement.

3. Berhenti Menggunakan Instagram untuk Sementara

Cara mengatasi shadowban selanjutnya adalah dengan menghentikan menggunakan Instagram untuk smeentara waktu. Anda dapat menghentikan menggunakan Instagram dalam jangka waktu paling tidak 2 hari.

Tetap, anda harus menggunakan Instagram dengan wajar dan anda wajib menghindari apapun yang berhubungan memicu pelanggaran terhadap kebijakan Instagram agar tidak terjadi shadowban.

4. Melaporkan Kepada Pihak Instagram

Cara selanjutnya adalah dengan melaporkan kepada pihak Instagram jika akun milik anda terjadi shadowban. Email resmi yang dimiliki Instagram adalah support@instagram.com.

Cara Mencegah Agar Instagram Tidak Terjadi Shadowban

Semua pengguna tentu tak menginginkan terjadinya shadowban pada akunnya. Selama tak menyalahi dan melanggar pedoman komunitas. Upaya-upaya pencegahan ini bisa dilakukan guna tetap menjaga dan melindungi akun Instagram Anda tetap aman. Berikut ini merupakan cara mencegah agar Instagram tidak terjadi shadowban:

1. Hindari Penggunaan Hastag Yang Tidak Sesuai

Untuk membedakan kategori pada postingan Instagram, biasanya pengguna akan menambahkan hastag. Apabila menambahkan hastag, harus sesuai dengan kategori foto atau video yang akan diunggah. Hindari melakukan copy paste  daftar hastag yang sama dari postingan lain.

Buat hastag dengan mengkombinasikan beberapa daftar hastag untuk keselamatan akun instagram Anda. Penggunaan hastag yang sama di berbagai postingan atau menggunakan hastag secara berulang kali akan menyebabkan pihak Instagram menganggap akun Anda sebagai akun spam dan berisiko terbanned.

Instagram telah menciptakan fitur baru salah satunya adalah penggunaan 30 hastag dalam satu postingan. Hal tersebut, tidak akan membuat akun anda terkena shadowban jika kombinasi dan penggunaannya tepat.

2. Hindari Memublikasi Konten Yang Tidak Sesuai

Upaya untuk mencegah agar instagram tidak terjadi shadowban selanjutnya adalah dengan menghindari publikasi konten yang tak sesuai dengan aturan platform. Apabila Anda memublikasi konten seperti kekerasan, ujaran kebencian, penghinaan, ataupun pornografi, maka publik akan melaporkan akun Anda dan secara otomatis akan terkena shadwoban oleh pihak Instagram.

Apabila akun Anda terindikasi dengan konten yang telah disebutkan di atas, maka akan dilaporkan secara massif oleh para pengguna. Hal ini memungkinkan akun Anda akan mengalami terjadinya shadowban dalam waktu yang lama, bahkan bisa saja selamanya oleh pihak Instagram.

Sebelum Anda memposting konten yang agak sedikit sensitif, maka sangat disarankan untuk memberinya peringatan kepada publik terlebih dahulu.

 

Nah itu dia artikel yang membahas tentang shadowban pada Instagram, cara cek, dan mengatasinya. Pastikan akun anda tidak terdampak shadowban dengan cara mematuhi kebijakan yang diberikan oleh Instagram yaa!

Continue Reading