Instagram merupakan salah satu aplikasi media sosial yang paling populer dan digandrungi banyak remaja hingga orang dewasa. Tak heran jika platform ini selalu melakukan upgrade dan memunculkan fitur baru yang lebih menarik dan modern. Selain itu, Instagram juga tidak pernah lepas dari trend anak muda zaman sekarang. Media sosial ini sudah menjadi platform dalam berbagai aspek. Nah, untuk kamu yang belum mengetahui berbagai macam trik tersembunyi di Instagram. Yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini:

Cara mendapatkan notifikasi dari akun yang kamu kepoin saat dia mengunggah postingan

trik tersembunyi Instagram

Trik yang satu ini pasti cocok sekali untuk kamu yang sering kepo akun media sosial orang lain. Sebab, dengan trik ini kamu bisa mendapatkan notifikasi langsung ketika akun yang kamu stalking mengunggah postingan. Wah, menarik sekali kan? Jadi kamu tidak perlu cek manual secara berkala nih.

Caranya bagaimana? Kamu cukup buka profil akun yang dituju, kemudian klik simbol lonceng di sisi kanan atas. Setelah itu klik Turn On Post Notifications. Jika sudah melakukan langkah tersebut, kamu akan mendapatkan notifikasi secara otomatis ketika akun tersebut upload postingan. Akan tetapi hal ini hanya berlaku jika kamu sudah mengikuti akun tersebut yaa.

Melihat Postingan Foto atau Video yang sudah di like sebelumnya

trik tersembunyi Instagram

Siapa nih yang suka like postingan-postingan Instagram yang menarik? Perlu kamu ketahui bahwa ternyata akun Instagram kamu bisa menyimpan postingan-postingan yang sudah di like loh. Caranya mudah sekali, kamu hanya tinggal klik profil Instagram, lalu klik garis tiga di kanan atas, kemudian klik setting, lalu pilih account dan pilih post you’ve liked. Disitu akan muncul semua postingan yang pernah kamu like.

Menyembunyikan postingan yang di tag oleh akun lain

trik tersembunyi Instagram

Betapa menyenangkannya jika kita bisa menyembunyikan postingan foto teman yang ada wajah kita, tapi sebenarnya tidak ingin kita tampilkan. Caranya, masuk ke dalam profil kamu dan klik bagian “tagged” atau “ditandai”. Kemudian klik “edit, setelah itu tandai postingan-postingan yang akan kamu hide atau remove. Setelah sudah ditandai, klik hide untuk menyembunyikan atau klik remove untuk menghapus. Foto kamu yang tidak sesuai bisa hilang semua. Mudah bukan?

Kepoin apa yang sudah orang lain like dan komen

trik tersembunyi Instagram

Bagi yang kepo atau ingin tahu apa saja yang sudah teman kita like atau komen, ada nih cara mengetahuinya. Kamu bisa kepoin apa yang sudah orang lain like atau komen dengan cara klik ikon hati, kemudian klik bagian following. Disini kamu akan mengetahui semua postingan yang sudah teman kamu like atau komen.

Menghapus rekam jejak history pencarian kita di Instagram

trik tersembunyi Instagram

Terkadang kita malu kan dengan history pencarian ketika orang lain meminjam Instagram kita untuk mencari sesuatu. Apalagi kalau history pencariannya aneh-aneh dan privasi, pasti lebih malu lagi bukan? Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu bisa menghapus rekam jejak history pencarian. Caranya, masuk ke profil Instagram, lalu klik garis tiga di kanan atas, kemudian klik setting, lalu pilih security, dan setelah itu klik clear search history. 

Cara editing foto di Instagram tanpa harus mengunggahnya

trik tersembunyi Instagram

Siapa nih yang sering mengedit foto menggunakan filter Instagram, tapi hasilnya hanya di screenshot? Kamu bisa loh mengedit foto menggunakan filter Instagram tanpa mengunggah foto tersebut. Caranya, kamu hanya cukup mengedit foto seperti biasa. Lalu setelah sudah jadi, nyalakan Airplane Mode , kemudian upload. Meskipun hasil uploadnya gagal, tapi foto tersebut akan secara otomatis tersimpan di galeri. 

Poin penting yang harus kamu perhatikan adalah pastikan kamu sudah mengaktifkan pengaturannya terlebih dahulu. Caranya dengan masuk ke profil, klik simbol tiga baris di kanan atas, lalu klik setting, kemudian klik account, setelah itu klik original photos, dan pilih save original photos.

Cara mencari foto di tempat kamu berada saat itu

trik tersembunyi Instagramtrik tersembunyi Instagram

Adapun hal unik lain yang bisa kamu dapatkan di Instagram yaitu kamu bisa menemukan foto orang-orang yang berada di lokasi yang sedang kamu kunjungi. Tentu hal ini dapat membantu kamu dalam menemukan spot-spot menarik saat liburan. Caranya mudah sekali, cukup klik ikon kaca pembesar pada Instagram, lalu klik kolom search, pilih Places, kemudian ketika nama tempat/lokasi, dan berbagai foto terkait lokasi tersebut akan muncul.

Menyembunyikan Iklan yang tidak menarik

trik tersembunyi Instagram

Untuk kamu yang sering merasa terganggu dengan postingan akun-akun iklan yang sering berseliweran di timeline. Kamu bisa loh menyembunyikan postingan tersebut agar tidak muncul lagi di timeline akun kamu. Cukup klik titik tiga di pojok kanan atas postingan, kemudian klik Hide Ad.

Cara Pakai Fitur Pesan Rahasia Instagram, DM Bisa Terhapus Otomatis

trik tersembunyi Instagram

Belum lama ini, Instagram memperkenalkan fitur terbarunya yang diberi nama Vanish Mode. Fitur ini memungkinkan chat atau pesan yang kamu kirim melalui Direct Message (DM) akan terhapus secara otomatis apabila kamu sudah keluar dari menu Direct Message.

Untuk cara menggunakannya sangat mudah, namun kamu harus pastikan bahwa Instagram kamu sudah di upgrade ke versi terbaru. Untuk menggunakan fitur ini, kedua pengguna baik pengirim maupun penerima harus mengaktifkan fitur Vanish Mode. Setelah itu, buka aplikasi Instagram dan masuk ke manu DM. Kemudian pilih pengguna yang ingin kamu kirim pesan. Lalu gulirkan kolom obrolan pesan kamu ke atas, seperti melakukan swipe up, ini bertujuan untuk mengaktifkan mode ini secara otomatis. Setelah kamu melakukan hal tersebut, akan muncul pesan “swipe up to turn on Vanish Mode”. Kemudian layar DM akan berubah warna menjadi hitam, dimana hal ini menandakan bahwa kamu sudah memasuki Vanish Mode.

 Cara membuat tulisan berubah jadi warna pelangi di Instagram Story

trik tersembunyi Instagram

Untuk kamu yang ingin membuat Instastory yang estetik, trik ini pasti akan sangat berguna. Ternyata tidak hanya bentuk font saja yang bisa berubah-ubah, warna font juga bisa kamu sesuaikan loh. Cara mendapatkan fitur ini sangatlah mudah, kamu hanya perlu menulis kata-kata apa saja di Instagram Story. Kemudian pilih “select all”, lalu aktifkan bar warna, setelah itu tekan dan geser jari sesuai dengan dan juga bar warna secara bersamaan. Setelah itu, tulisan yang kamu unggah akan secara otomatis berubah warna menjadi layaknya pelangi.

Cara pakai wajah untuk stiker di Instastory

trik tersembunyi Instagram

Sebenarnya fitur ini sudah lama hadir di Instagram. Namun, masih banyak pengguna yang belum tahu bagaimana cara menggunakannya. Cara pakainya mudah sekali, langkah pertama yaitu buka Instagram dan masuk ke Instastory. Kemudian ambil foto atau video dengan kamera Instastory. Setelah itu pilih menu stiker, nah disitu kamu akan menemukan tool stiker berupa kamera. Pilih kamera tersebut untuk melakukan selfie menggunakan berbagai pilihan frame. Jika sudah, tempelkan foto tersebut di foto maupun video yang sudah kamu buat tadi.

Cara menambahkan musik ke Instagram Story

Untuk saat ini Instagram memang belum menyediakan fitur memasukkan latar musik. Tapi jangan khawatir, karena sudah ada fitur rahasia yang bisa kamu gunakan untuk menambahkan musik ke dalam Instastory kamu. Caranya cukup mudah, buka musik di aplikasi pemutar musik pada ponsel kamu, biarkan musik tetap menyala. Lalu kamu bisa membuka Instastory dan mulai merekam video. Secara otomatis, musik tersebut akan masuk kedalam video yang kamu rekam loh. Mudah sekali kan?

Mengganti Font Instagram

trik tersembunyi Instagram

Apakah kamu ingin membuat tulisan di Bio atau nama Instagram kamu lebih menarik? Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu mengubah font tulisan sesuai dengan karakter kamu. Nah, untuk mengganti dan menggunakan font-font keren di Instagram kamu, caranya cukup akses igfonts.io. ini merupakan website Instagram font generator.

Di dalam website ini, kamu dapat memilih serta menggunakan berbagai font yang bisa kamu masukkan ke dalam akun Instagram kamu. Tenang saja, semua orang dapat menggunakan layanan ini dengan gratis.

Sekarang, bagaimana cara menerapkannya di Instagram kamu. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka browser di ponsel kamu
  • Akses igfonts.io
  • Tuliskan text yang ingin kamu jadikan nama, bio, ataupun story instagram.
  • Pilih jenis font yang kamu suka
  • Salin
  • Buka akun instagram kamu
  • Paste-kan text tersebut di akun instagram kamu

Mudah bukan? yuk dicoba.

Cara Memfilter Komentar di Instagram

hide comments

Kadang suka sebel kan dengan komentar-komentar negatif yang muncul di dalam postingan kita. Nah, agar kamu tidak tersulut emosi atau bahkan meladeni komentar negatif tersebut, kamu bisa loh menyembunyikan atau memfilter komentar di Instagram kamu. Bagaimana cara memfilter komentar berdasarkan kata kunci. Simak tutorialnya di bawah ini:

  1. Klik tanda foto profil kamu di kanan bawah untuk membuka profil kamu.
  2. Kemudian klik tanda 3 garis di kanan atas, lalu klik tanda Pengaturan.
  3. Setelah itu klik fitur Privasi, lalu klik Komentar.
  4. Klik tanda yang ada di samping “hide comments” untuk mengaktifkannya.

Selamat mencoba~

Cara Membuat Name Tag untuk Promosi

Untuk yang belum tahu apa itu Name Tag, ini merupakan fitur yang dapat menampilkan kartu identitas virtual. Dimana kartu ini dapat digunakan oleh pengguna Instagram lain untuk mempermudah dalam mencari akun kamu. Cukup memindai Name Tag, kamu sudah bisa berada di akun tersebut. Lalu, bagaimana cara membuat Name Tag?

Langkah pertama pastikan kamu sudah upgrade Instagram kamu ke versi terbaru. Kemudian buka aplikasi Instagram seperti biasa, kunjungi profil kamu, lalu klik tiga garis di pojok kanan atas. Setelah itu klik QR Code. Kemudian klik gambar emoji untuk mengganti ke gambar emoji lain. Setelah itu, klik menu emoji di tengah atas untuk mengubahnya ke mode selfie. Untuk mengubahnya ke mode warna, cukup klik lagi pada menu selfie.

Mematikan Fitur Activity Status

Sekarang ini, Instagram telah memiliki fitur baru dimana kita dapat melihat status aktif pengguna lain melalui DM. Fitur ini mungkin terkesan sederhana dan tidak banyak memberikan perubahan. Namun bagi sebagian orang, fitur ini justru dirasa mengganggu atau membuatnya tidak nyaman. Tapi jangan khawatir, ada trik tersembunyi Instagram, dimana kamu dapat mematikan mode active tersebut dengan kita. Bagaimana cara mematikannya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Langkah pertama update Instagram kamu ke versi terbaru
  2. Lalu masuk ke tab Profile di pojok kanan bawah
  3. Kemudian lanjut ke bagian pengaturan dengan klik 3 titik yang ada di kanan atas
  4. Pilih Setting
  5. Kemudian klik Privacy
  6. Dan yang terakhir pilih activity status

Cara Membuat Caption Instagram yang Rapi 

Siapa nih yang suka sebel dengan caption Instagram yang berantakan. Rasanya ingin sekali caption yang sudah kita buat dengan susah payah bisa rapi dan teratur. Tapi kenyataannya setelah diunggah malah jadi berantakan. Jangan khawatir, kali ini penulis akan memberikan tips membuat caption Instagram yang rapi.

Kamu bisa kunjungi web https://apps4lifehost.com/Instagram/CaptionMaker.html. Caranya mudah sekali, cukup siapkan caption sekeren mungkin dengan tanda baca, spasi, dan enter yang normal. Lalu salin caption yang sudah kamu buat ke dalam web tersebut. Setelah itu, caption kamu akan siap diposting. Dijamin deh, caption yang kamu buat akan lebih rapi dan sesuai dengan tulisan asli kamu.

Cara Upload Foto Instagram Melalui PC

Untuk para desainer grafis ataupun fotografer, mungkin akan lebih nyaman jika mereka bisa mengunggah hasil karya mereka melalui PC. Jadi, kita tidak perlu memindahkan hasil desain atau foto ke Ponsel. Nah, sebenarnya kita bisa loh mengunggah foto atau video ke Instagram melalui PC. Inilah trik tersembunyi Instagram yang cocok untuk para desainer ataupun usaha online. Caranya mudah sekali loh. Simak caranya di bawah ini:

  1. Buka PC kamu. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka situs Instagram di web browser
  2. Kemudian klik “Inspect”
  3. Ubah menjadi tampilan smartphone 
  4. Lalu Upload foto atau video
  5. Pilih foto yang kamu inginkan
  6. Edit foto jika perlu
  7. Tulis caption
  8. Lalu share

Mudah sekali bukan? Yuk dicoba~

Cara Scheduling Postingan Instagram

Untuk para pengusaha online yang sedang gencar branding di media sosial, tools ini tentu akan sangat berguna. Sebab, tool yang satu ini dapat kamu gunakan untuk menjadwalkan postingan Instagram ataupun  Fanspage Facebook. Jadi, akan lebih praktis dan efisien dan kamu tidak perlu posting setiap harinya secara manual. Mau tahu caranya? Yuk simak caranya di bawah ini:

  1. Buka creator studio, kemudian log in menggunakan user Facebook yang telah terhubung ke Instagram
  2. Klik icon instagram yang berada di atas.
  3. Create Post, kemudian Instagram Feed.
  4. Isi caption, lalu klik Add content untuk menambahkan foto atau video
  5. Setelah itu klik icon segitiga ke bawah dekat tombol “terbitkan sekarang”, pilih schedule atau jadwalkan.
  6. Atur tanggal dan jam posting, jika sudah oke, klik schedule atau jadwalkan.

Dengan tool ini, kamu bisa menjadwalkan postingan di jam-jam yang efektif. Untuk kamu yang mengelola banyak akun Instagram, tool ini perlu kamu pelajari lebih lanjut, agar pekerjaan kamu menjadi lebih mudah dan efisien.

Cara Tag Instagram ke Halaman Purchasing Melalui linkin.bio

Apakah kamu tahu bahwa kamu bisa tag di postingan Instagram kamu dengan link website ataupun link produk yang berasal dari marketplace ataupun platform lain. Pasti selama ini kamu tahu bahwa kita hanya bisa tag akun orang lain saja di postingan kita. Nah, dengan linkin.bio, kamu bisa loh tag Instagram menggunakan link dari blog atau website. Ini tentu cocok sekali untuk kamu yang memiliki toko online di berbagai platform. Dengan linkin.bio,kamu bisa tag postingan Instagram dengan link-link yang kamu inginkan.

Adapun cara agar muncul di lebih banyak hasil pencarian di Halaman Pencarian:

  1. Ketuk “Edit Profil” di kanan atas profil Instagram Anda
  2. Di bawah foto profil Anda, Anda akan menemukan kolom “Nama”. Ubah teks di sini untuk memasukkan kata kunci Anda
  3. Setelah selesai, ketuk “Selesai” di sudut kanan atas layar Anda

Itulah beberapa trik tersembunyi Instagram yang belum banyak orang ketahui di Aplikasi Instagram. Trik tersebut dapat kamu gunakan untuk mengoptimalkan kerja akun Instagram kamu, baik untuk pribadi maupun bisnis. Selamat mencoba~

Continue Reading