Plugin backup untuk WordPress sangat anda butuhkan dalam rangka menjaga keamanan website. Hal ini dikarenakan tidak ada yang bisa benar-benar menjamin keamanan webite anda. Bisa saja website diserang oleh hacker atau terjadi error lain yang menyebabkan anda tidak bisa mengaksesnya untuk waktu yang cukup lama. Padahal, kelangsungan digital website anda sangat penting untuk perkembangan bisnis. Jika anda memiliki backupnya, anda dapat mengembalikan (me-restore) website ke keadaan semula sebelum terjadinya serangan tersebut.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jadwal backup. Anda perlu rutin membackup website se-update mungkin. Mengapa begitu? Ketika serangan terjadi, anda akan mengembalikan website ke keadaan sebelumnya dengan backup. Jika backup-an anda tidak up to date sedangkan website anda sering di-update kontennya, sudah jelas anda akan kehilangan data-data tersebut. Website anda akan kembali pada versi yang terlalu lama ketika di-restore.

Jika anda sudah sampai di artikel ini, kami berasumsi anda sudah bisa membuat website untuk bisnis. Apabila belum, cek dulu artikel berikut untuk gambaran luasnya :

Step by Step Membuat Landing Page di WordPress dan Facebook

Sebenarnya sudah banyak penyedia hosting WordPress yang menawarkan jasa backup yang terbatas. Namun, kami menyarankan agar anda tidak bergantung hanya pada layanan tersebut. Lebih baik memiliki backup rutin sendiri.

Plugin Backup Terbaik & Termudah

Bagi anda yang pemula WordPress, jangan khawatir. Berikut kami sediakan 7 plugin backup WordPress terbaik & termudah beserta reviewnya agar menjadi petimbangan anda.

1. Updraft Plus

Plugin Backup Terbaik UpdraftPlus

Deskripsi fitur :

Plugin backup UpdrafPlus paling populer diantara plugin backup lain. Sudah lebih dari 2 juta website yang menggunakan plugin ini. Dengan UpdraftPlus anda abisa membuat full backup yang disimpan di cloud atau komputer anda. Anda dapat memilih file yang ingin anda backup. UpdraftPlus menyediakan fitur backup yang terjadwal dan manual (on-demand backup). UpdraftPlus dapat secara otomatis mengunggah backup-an anda ke Dropbox, Google Drive, S3, Rackspace, FTP, SFTP, email, dan layanan penyimpanan cloud lainnya. UpdraftPlus juga memmungkinkan anda me-restore backup melalui panel admin WordPress secara langsung. UpdraftPlus premium memiliki add-on yang dapat memindahkan atau menyalin website, mencari dan mengganti database, dan fitur-fitur lainnya. Dengan fitur premium anda juga akan mendapatkan support prioritas.

Harga :

Ada 2 versi, versi tidak berbayar dan berbayar. Untuk versi berbayar (UpdraftPremium Personal)  $70

Review :

Untuk pemula website, plugin ini dapat dikatakan kredibel karena penggunanaya yang banyak. Rating penggunaannya juga tinggi, 4.9 dari 5. Walaupun versi UpdraftPlus tidak berbayar sudah bagus, kami menyarankan menggunakan UpdraftPlus premium untuk backup yang maksimal.

Kunjungi https://updraftplus.com/

2. Jetpack Backup (VaultPress)

Plugin Backup Terbaik Jetpack Backup

Deskripsi fitur:

Jetpack Backup merupakan plugin backup WordPress premium yang dibuat oleh perusahaan milik Matt Mullenweg. Dia adalah co-founder dari WordPress, lho. Plugin ini dulu bernama VaultPress, namun kini sudah di rebranding sebagai Jetpack Backup yang lebih up to date. Jetpack Backup memungkinkan anda mengotomasi backup harian dan dan real-time di cloud tanpa memperlambat website anda. Pla-plan yang disedikan Jetpack Backup memiliki security scan dan fitur-fitur yang sangat bermanfaat. Karena itulah plugin ini sangat populer.

Walaupun begitu, pemula website mungkin akan merasa keberatan menggunakan Jetpack Backup, terutama dalam pembiayaan. Jika anda memiliki lebih dari satu website WordPress, anda akan dikenakan pembayaran per wesbitenya. Untuk backup unlimited anda akan dikenakan $49.95 per bulan. Pembelian fitur di Jetpack Backup juga cukup rumit. Akan ada fitur-fitur yang mungkin tidak terlalu berguna dalam plan yang anda beli. Namun, tenang saja, fitur-fitur tersebut dapat di-disable. Walaupun cukup mahal, Jetpack Backup sebenarnya menyediakan proteksi yang sangat pantas dengan harganya.

Harga:

Mulai dari $9.95 per bulan untuk backup harian, dan  mulai dari $49.95 per bulan untuk real-time backup.

Review :

Jika anda sudah menggunakan fitur lain JetPack seperti JetPack CDN for photos, Elastic search, dan lain sebagainya, menggunakan paket lengkap termasuk Jetpack Backup lebih kami sarankan. Namun, kalau adn aadalah pemula WordPress yang hanya memerlukan real-time cloud backup, sikam BlogVault di nomor 4 karena harganya lebih ramah kantong untuk pemula.

Kunjungi https://id.jetpack.com/

3. BackupBuddy

Plugin Backup Terbaik Backup Buddy

Deskripsi fitur :

BackupBuddy termasuk dalam salah satu plugin backup premium WordPress yang digunakan lebih dari setengah juta website WordPress di dunia. Dengan plugin ini anda dapat melakukan backup harian, mingguan, dan bulanan. Backup anda dapat tersimpan secara otomatis di Dropbox, Amazon S3, Rackspace Cloud, FTP, Stash, dan email. Jika anda menggunakan Stash, anda dapat melakukan real-time backup karena Stash merupakan cloud keluaran BackupBuddy.

Keuntungan utama menggunakan BackupBuddy ialah tidak ada biaya bulanan. Anda juga kan mendapatkan akses ke forum premium support, update reguler, dan 1GB penyimpanan Stash. BackupBuddy juga memiliki fitur iThemes Sync yang memungkinkan anda mengelola sampai 10 website melalui 1 dashboard. Dengan BackupBuddy anda juga dapat menyalin, memindahkan, dan me-restore website.

Harga :

$80 untuk Blogger Plan (1 Lisensi Situs)

Review :

BackupBuddy adalah backup WordPress premium yang cost-effective. BackupBuddy merupakan alternatif dari UpdraftPlus dan VaultPress.

Kunjungi https://ithemes.com/backupbuddy/

4. BlogVault

Plugin Backup Terbaik Blog Vault

Deskripsi fitur :

BlogVault terkenal karena merupakan Software as a Service (SaaS) yang menyediakan backup offsite independen di server BlogVault. Dengan begitu, server anda tidak dibebani oleh load. Dengan BlogVault, anda dapat melakuakn backup otomatis harian. Anda juga dapat membuat on-demand backup yang tidak terbatas. Anda juga dapat memindahkan website anda ke host lain.

Harga :

$89 per tahun untuk Personal Plan 1 Site License untuk backup harian. $249 per tahun untuk backup real-time.

Review :

Fitur-fitur yang ada di BlogVault sangat cocok untuk bisnis kecil. Realttime bakckup plan mulik BlogVault juga lebih terjangkau dibanding Jetpack, nyaris setengah harganya. Walaupun begitu, jika dibandingkan dengan plugin yang self-hosted sepertu Updraft dan BackupBuddy, harga per situsnya menjadi lebih mahal.

Kunjungi https://blogvault.net/

5. BoldGrid Backup

Plugin Backup Terbaik BoldGrid

Deskripsi fitur : 

BoldGrid Backup adalah backup otomatis WordPress yang dikembangkan website builder BoldGrid. Plugin ini memudahkan anda membuat backup website, mengembalikan website, dan memindahkan website ketiak anda memindahkan host. Dengan BoldGrid Backup, anda bisa melakukan backup otomatis atau manual.

Di BoldGrip Backup terdapat perlindungan khusus yang secara otomatis membackup website anda sebelum update. Jika ada update yang gagal, website akan otomatis kembali ke backup sebelumnya. Fitur ini sangat baik melindungi website anda dari kesalahan update.

Harga :

$60 per tahun (sudah termasuk semua tool dan layanan premium BoldGrid)

Review :

BoldGrid Backup sangat praktis dan sederhana dengan paket tool yang berkualitas. Plugin ini juga cocok untuk pemula WordPress.

Kunjungi https://www.boldgrid.com/

6. BackWPup

BackWPup

Deskripsi fitur : 

BackWPup merupakan plugin gratis yang memungkinkan anda melakukan backup secara gratis dan menyimpannya di cloud seperti Dropbbox, Amazon S3, Rackspace, dan sebagainya. Anda juga bisa menyimpannya di FTP, email, atau di komputer anda. Plugin ini sangat mudah digunakan. Dengan BackWPup anda dapat menjadwalkan update otomatis. Plugin ini sudah digunakan lebih dari 600.000 website.

Harga :

Gratis, ada juga yang berbayar di layanan Premium.

Review :

Plugin ini merupakan alternatif dari plugi-plugin terkenal di nomor-nomor atas. Penggunaanya sangat mudah sehingga cocok juga untuk pemula.

Kunjungi https://backwpup.com/

7. Duplicator

Duplicator

Deskripsi fitur :

Duplicator merupakan plugin WordPress yang terkenal untuk duplikasi (penyalinan website). Namun, plugin ini juga memiliki fitur backup. Di plugin ini tidak terdapat fitur backup terjadwal, sehingga plugin ini bukan plugin ideal untuk backup.

Harga :

Gratis

Review :

Plugin ini lebih baik digunakan sebagai backup manual, dan lebih cocok dijadikan plugin untuk perpindahan website.

Kunjungi https://www.duplicatorproplugin.com/

 

Dari ke 7 plugin tersebut, mana yang paling ingin anda coba?

 

Continue Reading