Para pengguna CMS WordPress saat ini dapat fokus pada konten blog tanpa perlu mengkhawatirkan lagi akan adanya kendala teknis didalam situs websitenya. Dengan banyaknya pilihan layanan hosting yang tersedia saat ini, tentu saja fitur-fitur layanan hosting WordPress sangat praktis dan banyak pilihan yang tersedia dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan situs website milik Anda.

 

Apa itu WordPress Hosting

Sesuai dengan namanya, WordPress hosting merupakan suatu layanan penyewaan server yang berfungsi sebagai penyimpanan data pada sebuah situs yang diperuntukan para pengguna CMS WordPress. WordPress hosting digunakan para pengguna CMS WordPress bertujuan agar pemilik situs dapat fokus kedalam konten blog miliknya. Pengguna CMS WorPress tidak perlu menghawatirkan berbagai kendala teknis seperti kecepatan loading (speed), keamanan (security), dan permasalahan resource limit yang membatasi.

 

Pada intinya hosting untuk WordPress ini digunakan sebagai penunjang performa sebuah situs WordPress agar bekerja semaksimal mungkin. Penunjang performa tersebut dihasilkan dari penggunaan teknologi sampai dengan desain web yang digunakan untuk keperluan konten WordPress.

Para pengguna CMS WordPress perlu memperhatiakn ketika hendak menggunakan layanan Hosting atau penyewaan server. Resource limit yang diberikan penyedia WordPress hosting merupakan nilai value utama dari jenis Hosting. Resourch limit yang diberikan dapat Anda gunakan dan dapat dimanfaatkan. Setiap penyedia layanan hosting menawarkan resource limit yang berbeda-beda.

 

Anda sebagai pengguna CMS WordPress jangan langsung tergiur dengan tawaran tersebut. Walaupun presentase resource limit yang ditawarkan terbilang banyak bahkan penawaran unlimited ataupun penawaran semacamnya. Setiap hosting menggunakan server dan teknologi yang berbeda-beda, sebab itu para pengguna CMS WordPress tidak diperbolehkan langsung tertarik dengan tawaran resource limit.

 

Sebelum menggunakan layanan hosting, pengguna CMS WordPress perlu memperhatikan testimoni ataupun portofolio nyata dari pengguna layanan WordPress hosting tersebut. Selain itu, pengguna WordPress juga dapat mencoba untuk memantau pemilik situs lain yang telah menggunakan jasa penyedia WordPress hosting. Anda dapat memantau kecepatan loading website melalui website test seperti contoh PageSpeed. Dengan melakukan pengamatan ini, Anda dapat membandingan harga yang ditawarkan penyedia layanan WordPress hosting dengan kecepatan websitenya, hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah worth it dengan harga yang ditawarkan.

 

Kenapa WordPress perlu hosting khusus?

Para pengguna CMS WordPress perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum melakukan pembelian hosting. Karena dengan melakukan pembelian hosting yang tepat membuat situs yang dibuat berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang Anda rencanakan, selain itu uang yag Anda keluarkan untuk melakukan pembelian WordPress hosting tidak terbuang sia-sia.

 

Situs WordPress perlu hosting khusus

 

WordPress memerlukan hosting khusus untuk menjaga agar website WordPress milik Anda stabil serta mengamankan WordPress dari serangan hacker. Hal ini dapat menimbulkan kecemasan untuk para pengguna CMS WordPress, tidak terpungkiri juga pada zaman saat ini semakin marak akan penggunaan situs WordPress sehingga penggunanya akan timbul rasa cemas akan keamanan dan kecepatan akses yang akan berkurang pada situs WordPress miliknya.

 

Untuk memastikan performa situs website Anda terjaga dan tetap aman, pastikan Anda menggunakan layanan hosting yang tepat. Saat ini tersedia layanan hosting yang dikhususkan untuk WordPress. Mengapa Anda perlu menggunakan layanan Hosting khusus untuk WordPress? Jawabanya agar supaya website WordPress Anda lebih stabil dan memiliki kecepatann akses lebih cepat pada saat diakses.

 

Dalam pengelolaannya hosting khusus untuk WordPress didalamnya memiliki fitur-fitur khusus yang digunakan untuk melakukan pengelolaan pada situs WordPress dibandingkan dengan layanan hosting yang lainnya. Perbedaan hosting khusus WordPress dengan hosting biasa yaitu pada hosting biasa lebih digunakan untuk kebutuhan website umum. Sedangkan pada hosting WordPress penggunaanya lebih dispesifikan lagi.

 

Fitur-fitur yang ada pada hosting WordPress dihadirkan tidak hanya bertujuan untuk memberikan kemudahan saja, namun juga untuk memberikan keamanan data pada saat Anda melakukan aktivitas online.

 

Menjawab pertanyaan Kenapa WordPress perlu hosting khusus? bahwa pada hosting biasa belum tentu menyediakan fitur-fitur untuk mengelola situs WordPress, oleh sebab itu pengguna CMS WordPress perlu menggunakan layanan hosting WordPress yang pastinya memiliki fitur-fitur memudahkan pemilik situs WordPress. Dalam pemilihan hosting juga memerlukan pertimbangan, karena Anda perlu memastikan pemilihan hosting yang sesuai dengan kebutuhan situs WordPress yang anda miliki.

Apa perbedaan hosting wordpress dengan hosting biasa?

 

Menjaga dan mengelola situs WordPress

Sudah dijelaskan secara singkat di dalam sub judul sebelumnya mengenai perbedaan hosting WordPress dengan hosting biasa. Apabila anda memiliki situs WordPress maka pilihan hosting yang tepat yaitu hosting WordPress.

 

Hosting WordPress memiliki fitur-fitur yang memudahkan pemilik situs WordPress untuk menjaga dan mengelola situs yang dimilikinya, dan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa hosting biasa belum tentu memiliki fitur tersebut.

 

Fitur-fitur WordPress hoting yang biasanya ditawarkan oleh penyedia layanan hosting WordPress antara lain ;

  1. Mengamankan situs
    Fitur keamanan situs yang diberikan yaitu berupa fitur kata sandi yang diperuntukan website milik Anda.
  2. Mengoptimalkan Website
    Fitur lainnya yaitu WordPress Accelerator, fitur yang digunakan untuk mengoptimalkan website Anda.
  3. Pengatur Adminstrasi Blog
    Fitur ini berfungsi untuk memberikan pengaturan atau mengadministrasikan blog WordPress.
  4. Pembaharuan secara otomatis
    Fitur ini merupakan fitur yang memudahkan Anda untuk tidak perlu melakukan pembaharuan secara manual, namun dengan adanya fitur ini semua instalasi WordPress seperti sistem WordPress secara otomatis beroperasi. Tentunya fitur ini sangat praktis dan sangat memudahkan Anda.
  5. Security Scanner
    Fitur ini digunakan untuk memindai seluruh isi yang ada di WordPress, tujuannya untuk mengamankan situs Anda dari adanya skrip dan virus berbahaya.

Dan masih banyak fitur lain yang tentunya dimiliki oleh hosting WordPress, pastinya setiap penyedia layanan hosting memiliki penawaran fitur-fitur yang berbeda-beda.

 

Baca juga : Bisnis tanpa Digital Marketing, Bertahankah?

 

Selain fitur-fitur yang sering ditawarkan oleh penyedia hosting WordPress, ada fitur khusus yang menjadi value utama dari hosting WordPress antara lain ;

  1. Resource limit yang lebih besar
  2. Auto instal dan setting WordPress sehingga lebih memudahkan Anda
  3. Auto backup

Fitur-fitur yang disediakan bertujuan untuk memfokuskan para pengguna CMS WordPress terhadap konten pada situs WordPressnya dan tidak perlu mengkhawatirkan mengenai gangguan teknis pada situs WordPress.

 

Fitur-fitur diatas merupakan pembeda dari hosting WordPress dengan hosting biasa. dimana pada hosting biasa tidak ada fitur-fitur khusus seperti yang telah dijelaskan diatas. pada hosting biasa, fitur yang tersedia berupa fitur-fitur umum yang digunakan untuk mengelola situs website. Dibandingkan dengan hosting biasa, layanan hosting WordPress lebih spesifik lagi yang sangat membantu para pengguna CMS WordPress.

 

Rekomendasi hosting wordpress di Indonesia

Bagi para pengguna CMS WordPress perlu memperhatikan pemilihan hosting yang tepat untuk memperlancar tujuan dari situs WordPress yang telah Anda dibuat. Kami akan memberikan beberapa rekomendasi penyedia hosting tercepat di Indonesia untuk WordPress yang dapat dijadikan sebagai referensi. Berikut rekomendasi hosting WordPress di Indonesia;

 

PROVIDER SHARED HOST HARGA

(PER 12 BLN)

RATA-RATA UP TIME RATA-RATA SPEED LOAD IMPACT (AVG RESP TIMES) RATING KESELURUHAN
Niagahoster Rp.21.225/bln 99,90% 789 ms 167,48 ms 4/5
Dapur Hosting Rp.16.667/bln 99,78% 809 ms 243,24 ms 2,5/5
Dracoola Rp.20.833/bln 99,7% 978 ms 199,49 ms 2/5
Qwords (cPanel) Rp.19.900/bln 99,85% 862 ms 3456,75 ms 2/5
Jagoan Hosting Rp.12.000/bln 99,44% 812 ms 1409,42 ms 0,5/5

 

Rekomendasi hosting WordPress di Indonesia diatas memiliki rata-rata speed yang bagus. Rekomendasi ini didapatkan dari tabel perbandingan 18 provider shared hosting Indonesia dengan mengambil hosting WordPress yang memiliki rata-rata speed tercepat.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara mempercayai review pelayanan hosting, Anda bisa baca di https://penasihathosting.com/

 

Pada penelitian terhadap 18 penyedia layanan hosting WordPress masing-masing memiliki kelebihan serta kekuranganya masing-masing. Tentunya Anda harus lebih jeli dalam pemilihan hosting WordPress, pastikan hosting WordPress yang anda pilih sesuai dengan kebutuhan situs web yang Anda miliki.