Semakin hari, animo masyarakat untuk mulai membangun bisnis mereka semakin bertambah. Banyak yang memulai dengan membangun bisnis sederhana di rumah. Memulai menjadi reseller ataupun distributor suatu produk. Namun, sebagian besar masih memasarkan produk mereka secara offline. Ketika dunia mulai beralih ke digital, apakah membangun bisnis tanpa  digital marketing bisa bertahan?

Kali ini ardata media akan membahas mengapa dunia mulai beralih ke digital.

Mari belajar dari seluler sejuta umat “NOKIA”

bisnis tanpa digital marketing

Pada masanya, nokia pernah menjadi penguasa industri seluler yang paling populer. Hal tersebut sangat berbanding terbalik dengan keadaan sekarang. Saat ini, jarang sekali kita melihat ada orang yang masih menggunakan ponsel nokia. Sebagian besar  masyarakat sudah beralih untuk menggunakan smartphone. Karena beragam fitur-fitur menarik yang ditawarkan, dan kemudahan penggunaannya.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Alasannya cukup sederhana, perusahaan nokia tidak bisa membaca peluang dan mengikuti perubahan pasar.  Mereka masih tetap mempertahankan  teknologi konvensional pada selulernya. Ketika mereka menyadari jika mereka telah tertinggal, dan berusaha mengejar, mengikuti permintaan pasar. Konsumen sudah terlanjur melupakan brand tersebut dan memilih brand yang lebih diminati oleh masyarakat saat ini. Kebutuhan, gaya hidup, dan proses berfikir konsumen saat ini sudah berubah drastis. Dunia telah berkembang dan konsumen memiliki banyak pilihan.

Jadi jika bisnismu tidak bisa mengikuti perkembangan pasar, maka kemungkinan besar bisa menghilang begitu saja.

Salah satu hal yang menarik di bidang pemasaran saat ini adalah digital marketing. Digital marketing telah menjadi sebuah revolusi besar dalam dunia bisnis dan pemasaran.

Bill Gates pernah berkata, “Jika bisnis anda tidak ada di internet, maka bisnis anda akan bangkrut.”

Inilah beberapa quotes yang menginspirasi lainnya dari Bill Gates https://www.goalcast.com/2017/12/07/27-bill-gates-quotes/

Kekuatan digital marketing saat ini tidak dapat disangkal. Pemasaran dengan menggunakan media online menjadi cara paling efisien dan efektif karena terus berkembang dengan cepat.

Berikut adalah beberapa kelebihan dari digital marketing:

  • Menarik pelanggan secara real time
  • Menjangkau lebih banyak orang seketika
  • Bisa membangun dan mengembangkan brand anda
  • Menggunakan strategi yang lebih efektif untuk mengarahkan pelanggan
  • Memungkinkan anda berkomunikasi dengan konsumen serta target pasar secara langsung
  • Membantu anda mengetahui apa yang disukai dan yang tidak disukai pelanggan
  • Mengurangi pengeluaran karena lebih hemat biaya daripada metode pemasaran konvensional lainnya

Dari beberapa alasan yang telah disebutkan diatas, tentunya bisnis anda tidak dapat bertahan dalam jangka panjang tanpa diimbangi dengan digital marketing. Karena digital marketing merupakan kombinasi dinamis dari perkembangan teknologi dan trend untuk mempengaruhi dan memikat masyarakat.

Go digital dan buat bisnis anda tidak hanya bertahan tetapi juga berkembang! Kami siap membantu untuk memanage semua digital marketing dari bisnis anda. Konsultasikan sekarang https://ardata.co.id/hubungi/