Saat ini dunia digital sudah semakin berkembang, hampir setiap orang mengenal internet, dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Anda tentu juga merasakan perkembangannya bukan? Apakah Anda suka membaca artikel di media online? Atau mencari gambar-gambar di sana? Jika iya, maka Anda perlu tahu bahwa ada orang-orang yang berjasa dalam menyediakan konten di media online tersebut, mereka itulah yang dinamakan content writer.

Apa itu Portfolio Content Writer?

Portfolio Content Writer adalah beberapa hasil kerja dan pengalaman kerja yang dibuat oleh content writer. Merekalah yang berjasa dalam menyediakan berbagai macam informasi yang diakses oleh banyak orang setiap hari. Seorang content writer memiliki tugas untuk membuat tulisan berupa artikel yang menarik di media. Biasanya, selain menyediakan tulisan, mereka juga memiliki tanggung jawab untuk menyelaraskan antara gambar, tulisan, dan tampilan pada website. Sehingga akan banyak orang yang tertarik membaca.

Mereka ini juga tidak asal menulis, berbagai riset dilakukan untuk menulis, supaya pembaca tidak mudah bosan dan tulisan menjadi menarik. Jadi, mereka akan menyesuaikan tema atau topik apa yang sedang banyak dicari orang di internet. Isu-isu atau hal-hal yang sedang viral biasanya akan dijadikan sebagai bahan tulisan supaya mendapat banyak viewers. Bisa dikatakan bahwa content writer ini juga cukup bertanggung jawab dalam traffic sebuah website yang dikerjakannya.

Membuat Portofolio Content Writer untuk Melamar Pekerjaan

Para content writer biasanya akan menemukan masalah saat mereka harus membuat  portofolio. Padahal, membuat portofolio merupakan salah satu hal penting bagi orang yang bekerja di industri kreatif. Perusahaan biasanya akan meminta portofolio kepada para content writer ini untuk mengetahui sejauh mana pengalaman mereka bekerja dalam bidang tersebut. Kesibukan para pekerja di bidang kreatif ini biasanya menjadi salah satu penghambat bagi mereka untuk menyusun portofolio. Maka dari itu, karena pentingnya portofolio, setidaknya seorang content writer harus tau bagaimana cara membuat portofolio dan apa saja yang harus dimasukkan agar portofolio yang dibuat dapat menarik perhatian dan minat banyak orang.

Membuat portofolio memang tidak semudah membuat CV. Meski tidak gampang, namun banyak sekali tips dan panduan yang bisa Anda dapatkan melalui internet. Tulis saja di kotak pencarian, tips membuat portofolio atau panduan membuat portofolio untuk content writer. Di sana akan muncul banyak sekali referensi yang bisa dipilih. Pastikan Anda memilih yang lengkap dan menarik ya, sebab portofolio ini akan sangat menentukan apakah Anda akan dipertimbangkan dalam pekerjaan content writer atau tidak oleh perusahaan. Jadi, jangan asal pilih dan sembarangan dalam membuatnya yaa.

baca juga : Mendalami Pekerjaan Content Writer : Tugas, Gaji serta Syarat

Beberapa Hal yang Perlu Dicantumkan Ketika Membuat Portofolio Content Writer

Jika Anda hendak membuat portofolio, tentu Anda akan bertanya-tanya. Apa saja yang harus dimasukkan ke dalamnya? Apakah harus sedetail mungkin? Ataukah tak perlu mencantumkan banyak tulisan di sana? Ataukah membuat portofolio memiliki ketentuan yang baku? Jawabannya, tak ada ketentuan yang diharuskan dalam pembuatan portofolio. Setiap content writer bebas membuatnya. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan perlu dipertimbangkan ketika hendak membuatnya. Nah, berikut ini adalah rangkumannya:

Buat Biografi Semenarik mungkin

Konten pertama yang harus Anda masukkan dalam portofolio adalah biografi. Tulislah biografi sekeren mungkin. Usahakan untuk memasukkan berbagai elemen biografi dengan teliti juga ya, dan jangan dipalsukan. Anda bisa membuat biografi singkat namun mencakup atau menggambarkan diri Anda yang sebenarnya. Tulis juga kelebihan dan kekurangan Anda. Selain itu, pengalaman kerja juga penting untuk dituliskan di sini, pekerjaan apa yang pernah Anda lalui, lalu jika ada jabatan khususnya bisa juga menjadi nilai plus bagi Anda. Buatlah biografi sesingkat dan semenarik mungkin, sehingga portofolio tersebut dapat dipertimbangkan oleh penerima kerja.

Pilih tulisan-tulisan terbaik yang Anda buat

Kedua masukkan tulisan-tulisan yang sudah pernah Anda buat. Jangan lupa pilih tulisan yang menurut Anda paling baik dan menarik. Karena bidang yang akan Anda masuki juga berkaitan dengan dunia tulis menulis, maka yang utama, Anda harus punya tulisan yang menarik dan enak dibaca. Sebab keahlian tersebut lah yang memang dicari oleh perusahaan. So, jika menurut Anda belum ada tulisan yang menarik, Anda bisa membuatnya lebih dulu untuk dimasukkan dalam portofolio.

10 Tempat untuk Menyimpan Portofolio Content Writer secara Online

Jika Anda sudah menyiapkan berbagai hal yang perlu dimasukkan dalam portofolio, Anda juga bisa memasukkannya secara online. Nah, tentu saja penyimpanan secara online ini akan lebih memudahkan Anda menyusunnya. Berikut ini adalah rekomendasi tempat penyimpanan portofolio secara online yang bisa Anda pakai:

Journo Portofolio Content Writer

Di tempat online pertama ini, Anda dapat membuat portofolio dengan praktis dan mudah. Tampilan yang ada di web ini juga akan sangat membantu Anda. Selain mudah dipahami, Anda juga bisa menyesuaikan tampilannya. Ada enam tema berbeda yang bisa Anda ubah-ubah, sesuaikan saja dengan selera Anda. Di sini Anda juga bisa mengunggah hampir semua jenis file, baik itu video, gambar, ataupun tulisan dalam bentuk pdf. Selain itu, Anda juga bisa melihat berapa banyak orang yang mengunjungi tulisan Anda dan membacanya.

Freelancer by Contently

Tempat berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah Freelancer by Contently. Situs ini biasa dipakai untuk menyimpan portofolio online oleh jurnalis dan juga penulis lepas. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh situs ini adalah, selain untuk menyimpan, Anda juga dapat terhubung langsung dengan klien, karena situs ini juga berfungsi untuk mencari pekerjaan. Di sini Anda bisa menampilkan portofolio dalam halaman khusus supaya bisa dinilai oleh klien yang sedang mencari pekerjaan. Kemudian, Anda juga bisa melihat tarif yang diberikan oleh freelancer lain. Dengan begitu, Anda dapat menentukan tarif untuk jasa Anda sendiri.

Clippings.me

Selanjutnya, Anda bisa menyimpan portofolio di Clippings.me. Situs ini akan memberikan Anda kemudahan untuk menampilkan portofolio yang dimiliki. Jika Anda memiliki banyak file dalam berbagai format, file tersebut juga bisa diupload di sini. Pastinya situs ini recomended untuk Anda. Tampilannya sederhana, namun tetap memiliki desain yang bagus dan minimalis. Portofolio online Anda tentu akan lebih bagus dan menarik. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya secara gratis.

Writer Folio

Tempat selanjutnya adalah Writer Folio. Anda bisa membuat portofolio yang menarik dan juga nampak profesional di sini. Dengan membuat portofolio online, tentu akan banyak orang yang mempertimbangkan Anda untuk mendapatkan pekerjaan menulis. Tema tampilannya juga bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Desainnya juga sederhana dan dapat memudahkan Anda mengunggah lampiran.

Muck Rack

Muck Rack adalah tempat Anda bisa mengupload portofolio berikutnya. Situs ini menjadi penghubung bagi Anda dengan pencari kerja yang membutuhkan jasa sebagai content writer. Anda juga bisa menyusun artikel, profil, dan yang lainnya secara otomatis. Di sini Anda bisa menampilkan karya terbaik dengan cara yang mudah dan cepat.

Squarespace

Tempat keenam adalah Squarespace. Situs web untuk portofolio online ini merupakan pilihan bagus yang bisa Anda gunakan. Anda juga bisa memasukkan desain atau grafik ke pekerjaan yang sudah dibuat. Desain tampilannya juga sangat rapi, bersih, dan minimalis. Desainnya yang ramping juga sangat fleksibel, bisa dilihat di laptop ataupun ponsel. Lalu apabila Anda mendapatkan masalah pada pukul 3 pagi, Anda bisa berkonsultasi dengan pelayan dari situs tersebut secara langsung.

WordPress.com

WordPress.com adalah tempat recomended berikutnya. Meski di sini tidak dikhususkan untuk membuat portofolio secara online, namun Anda bisa melakukan banyak hal di situs ini. Anda bisa membuat blog secara gratis dan mengelolanya sesuai keinginan. WordPress memiliki tampilan sederhana, jika Anda ingin portofolio yang bagus, coba telusuri sendiri dengan kunci tema WordPress untuk portofolio.

Carbonmade

Situs ke delapan yang bisa Anda pakai adalah Carbonmade. Situs ini merupakan alat khusus untuk materi iklan yang sudah ada sejak 2005. Disini, mereka juga menawarkan banyak fitur khusus. Di sini Anda dapat mempersonalisasi tata letak khusus untuk profesi yang digeluti. Kemudian, situs ini juga sangat responsif dan dapat dioptimalkan untuk semua jenis perangkat.

Dengan begitu, tampilan portofolio Anda pun bisa dilihat dari mana pun. Desain yang dibuat juga mudah, Anda bisa merancang sendiri web yang diinginkan, lalu cukup dengan menyeret dan melepas kursor untuk membuat portofolio yang Anda inginkan. Sayangnya, situs ini tidak menyediakan versi gratis, namun tetap ada trialnya.

Format

Situs kesembilan adalah Format. Melalui situs ini, Anda bisa membuat sendiri portofolio yang menyenangkan dan menarik. Format memberikan tampilan yang menarik untuk karya Anda yang bagus dan unik. Setiap orang juga bisa mengakses portofolio dari perangkat apapun, karena Forat dapat dioptimalkan secara otomatis. Lalu kabar baiknya, situs ini juga memberikan Anda nama domain selama setahun, gratis.

Writer’s Residence

Situs terakhir adalah Writer’s Residence. Situs ini dikelola oleh Monica Shaw dan juga Tim Harding. Mereka adalah dua penulis dan pemrograman dari Inggris. Writer’s Residence ini memiliki dua tujuan, yaitu:

Memberikan para penulis kemudahan untuk menampilkan karya-karya terbaik yang mereka miliki dengan tampilan yang indah dan menarik. Situs ini memahami bahwa para penulis perlu menampilkan apa yang sudah dibuat supaya bisa disoroti oleh orang yang membutuhkan jasa mereka.
Memberikan alat berharga bagi para penulis memamerkan karya dan untuk meningkatkan karir mereka.

Writer’s Residence juga memahami bahwa situs web yang dirancang dengan baik akan memudahkan setiap editor untuk melihat dan menyoroti setiap karya. Melalui situs ini, Anda juga melakukan kustomisasi. Dengan tampilan yang sederhana dengan banyak pilihan, maka Anda bisa mengotak-atik sendiri dan membuat portofolio sesuai dengan selera dan keinginan.

Nah, itulah tadi beberapa hal tentang content writer dan portofolio yang bisa dibuat. Jika Anda memiliki kemampuan dalam bidang tulis menulis, content writer tentu menjadi pekerjaan yang cukup menjanjikan. Anda bisa membuat portofolio dengan panduan yang sudah ada di atas semenarik mungkin. Jika mengalami kesulitan, tentu juga ada banyak panduan yang dijadikan referensi dalam membuatnya. Jadi, buatlah portofolio Anda sendiri dengan sungguh-sungguh supaya para pencari kerja menjadi tertarik dan menjadikan Anda sebagai partnernya. Selamat mencoba ya.

Continue Reading