Seperti halnya copywriter, content writer merupakan profesi atau bidang pekerjaan yang berkenaan dengan digital marketing strategist. Keduanya memiliki tujuan untuk menulis konten atau informasi dari suatu produk agar mudah dipahami oleh konsumen. Namun keduanya memiliki tugas yang berbeda. Pada artikel kali ini penulis akan membahas mengenai pekerjaan content writer, mari kita mulai dari pengertian.

Apa itu Pekerjaan Content Writer? 

Pekerjaan Content Writer adalah salah satu bidang pekerjaan yang memiliki tugas sebagai penulis profesional untuk beberapa kebutuhan seperti menulis jurnal, artikel, berita, informasi-informasi di media sosial serta lain sebagainya. Pekerjaan ini dapat didefinisikan pula sebagai penulis profesional yang bertugas menulis konten di berbagai macam media.

Selain menulis konten, content writer juga bertugas untuk memastikan tulisan serta gambar pada konten tersebut berkesinambungan. Seorang content writer perlu memperhatikan konten yang ditulisnya dapat menarik pembaca atau dapat menerangkan suatu produk dengan jelas. Oleh karena itu, content writer dianggap bertanggung jawab pada kelancaran atau traffic suatu media beriklan.

baca juga Perbedaan Content Writer & Copywriter

Apakah Perusahaan Butuh Content Writer? 

Apakah Perusahaan Butuh Content Writer?

Perusahaan harus memiliki rencana jangka panjang agar dapat mengembangkan perusahaanya, berbagai strategi pemasaran tentu saja direncanakan serta dikonsep dengan matang oleh perusahaan tersebut. dengan menggunakan jasa content writer, Anda dapat melaksanakan serta menyempurnakan strategi marketing, seperti user – generated content. Selain itu terdapat beberapa keuntungan lain dengan merekrut content writer, berikut penjelasannya. 

  1. Company branding, merupakan keuntungan pertama yang Anda dapatkan melalui jasa content writing. Anda perlu membranding perusahaan Anda sebaik mungkin, sehingga akan nampak professional. Semakin bagus branding suatu perusahaan, maka kepercayaan konsumen terhadap perusahaan tersebut akan semakin tinggi. 
  2. Nilai keunikan atau unique value, dengan menuliskan konten-konten menarik pada media perusahaan Anda, perusahaan tersebut akan memiliki nilai keunikan atau nilai pembeda dari perusahaan lain yang menjual atau menawarkan barang serta jasa yang sama. 
  3. Kredibilitas, semakin banyak konten yang Anda bagikan, semakin sering Anda berinteraksi dengan konsumen, semakin percaya atau setia konsumen tersebut kepada perusahaan Anda. Oleh karena itu dengan content writer, Anda dapat dengan mudah merencanakan strategi atau topik yang menjadi daya tarik target market Anda, sehingga perusahaan Anda mendapatkan kredibilitas dimata konsumen. 
  4. Optimasi SEO, seperti yang kita ketahui SEO merupakan basic skill yang perlu dikuasai apabila suatu perusahaan ingin menerapkan digital marketing. Dengan SEO website perusahaan Anda dapat berada di halaman pertama Google, hal ini mempermudah target market Anda untuk dapat menemukan produk Anda. Dengan content writer, Anda dapat merencanakan konten yang menarik serta sesuai dengan algoritma Google, sehingga website Anda dapat tetap berada di halaman pertama Google. 

Syarat Menjadi Content Writer 

Syarat Menjadi Content Writer

Seperti halnya profesi-profesi lain untuk menjadi content writer Anda memerlukan skill atau syarat yang harus Anda penuhi. Syarat atau skill tersebut harus Anda penuhi demi menunjang pekerjaan Anda sebagai content writer, berikut syarat serta skill yang dapat penulis rangkum. 

  1. Keahlian menulis, pekerjaan utama content writer merupakan menulis. Oleh karena itu keahlian menulis merupakan basic skill atau seperti syarat tak tertulis untuk menjadi content writer. Wajib dimiliki. Anda juga perlu memiliki kemampuan bercerita dengan baik, sehingga artikel atau konten yang Anda terbitkan nantinya dapat menarik pembaca. 
  2. Melek teknologi, profesi satu ini merupakan pekerjaan berbasis online, sehingga Anda dibutuhkan untuk mengenal teknologi atau mampu mengikuti perkembangan teknologi setidaknya sosial media. 
  3. Peka terhadap tren, konten-konten yang Anda tulis harus up to date atau sesuai dengan tren yang digemari oleh masyarakat kebanyakan. Oleh karena itu peka terhadap tren,peka terhadap perkembangan atau peristiwa yang sedang viral atau ramai di bincangkan merupakan salah satu cara untuk dapat membuat konten yang menarik bagi pembaca. 

 

5 Jenis Content Writer 

Konten yang digunakan sebagai digital marketing tentu beragam, tergantung dengan kebutuhan perusahaan untuk mencapai engagement dari konsumen maupun pengikut sosial media. Oleh karena content writer memiliki beberapa jenis untuk menyesuaikan setiap kebutuhan kepenulisan. Berikut penjelasannya. 

  1. Content Writer Search Engine Optimization (SEO), pada bidang satu ini, artikel SEO dibutuhkan bagi perusahaan agar website yang mereka kelola dapat berada di halaman depan search engine seperti Google. Apabila website yang dikelola berada di halaman depan, maka akan lebih banyak orang yang mengunjungi website atau meng-klik link tersebut. seorang content writer perlu menulis artikel SEO yang sesuai dengan kata kunci atau keyword yang telah diberikan oleh digital marketer. 
  2. Jurnalistik, jenis content writer yang kedua akan Anda butuhkan apabila Anda menerima pekerjaan dari media berbasis daring. Biasanya tulisan-tulisan yang diminta berupa feature, entertainment serta artikel-artikel lainnya. 
  3. Generalist, merupakan jenis content writer yang akan dituntut untuk menulis konten tanpa adanya acuan atau kata kunci khusus yang diminta oleh perusahaan, namun Anda akan diminta untuk menulis atau memenuhi konten pada media perusahaan sesering mungkin. Biasanya konten yang diinginkan dari generalist merupakan tulisan untuk menerangkan suatu produk atau brand. 
  4. Technical, technical writer merupakan jenis penulisan content writer yang dibutuhkan apabila Anda diminta untuk menulis panduan atau guide. Bahasa yang diperlukan untuk technical writer ini merupakan bahasa ringan yang mudah dipahami oleh pembaca awam. 
  5. Media sosial, social media content writer merupakan penulisan konten yang ada di media sosial. Menulis konten di media sosial Anda dituntut untuk menjadi kreatif. Anda perlu memperhatikan konten yang Anda tulis agar menarik serta dapat meraih pengikut di sosial media. 

Itulah kelima jenis content writer, setelah mengetahui jenis content writer Anda dapat menyesuaikan jenis tulisan serta kebutuhan Anda sesuai dengan tuntutan perusahaan. 

 

7 Jenis Content Writing

Nah untuk memperlancar pekerjaan content writer terdapat 7 jenis content writing, berikut penjelasannya. 

List article, konten satu ini merupakan konten yang perlu ditulis oleh content writer dalam bentuk list atau isinya berupa list serta daftar dari kata kunci yang diminta oleh SEO. 

How To Post, merupakan konten yang biasanya judul artikel diawali dengan bagaimana atau cara untuk. Nah, jenis how to post ini merupakan konten yang biasanya banyak menarik minat pembaca. 

Why Post, seperti halnya how to post, why post biasanya berawalan dengan kata kenapa. Contohnya seperti judul artikel ‘kenapa harus memilih makanan sehat?’ dan lain sebagainya. 

What Post, jenis content writing satu ini sesuai dengan namanya, biasanya diawali dengan pertanyaan apa dan isi artikel atau kontennya merupakan informasi. 

Story Telling, jenis content writing satu ini biasanya diunggah pada blogger pribadi. Isinya berupa cerita mengenai pengalaman, informasi dengan bentuk tulisan bercerita kepada pembaca. 

Content Curation, merupakan tulisan atau konten yang biasanya merupakan kumpulan dari berbagai jenis artikel. Content curation ini biasa ditulis oleh content writer apabila sedang bingung atau memerlukan sumber untuk dapat memenuhi standar SEO serta kata kunci yang diminta. 

Rewrite, adalah menulis ulang suatu artikel atau konten lain baik dari bahasa asing ke bahasa si penulis atau menggunakan ide yang sama. 

 

Gaji Content Writer

Gaji Content Writer

Nah setelah memahami pengertian, jenis serta syarat content writer apakah Anda tertarik untuk menjadi content writer? Tentu saja sebelum memutuskan untuk bekerja dibidang ini Anda ingin mengetahui gaji seorang content writer? Menurut salah satu sumber, rata-rata gaji seorang content writer mencapai sekitar Rp 4.115.890 setiap bulan. Namun, untuk mencapai gaji tersebut terdapat beberapa jenjang karir yang perlu Anda lalui, selain itu jumlah gaji yang diberikan bergantung pada perusahaan tempat Anda bekerja.

Selain itu, untuk Content Writer Freelance, nominal biayanya antara Rp 10 – 30 per kata nya. Tentunya disesuaikan dengan pengalaman dan kompleksitas artikel yang dibuat.

 

Jenjang Karir Content Writer

Jenjang karir seorang content writer belum ada acuan yang pasti. Namun perkembangan karir seorang content writer di awali sebagai junior content writer kemudian naik jabatan menjadi content writer, kemudian senior content writer hingga content strategist. Namun jenjang karir tersebut tidak dapat disamaratakan, setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda. 

 

Platform Freelance Untuk Content Writer

Anda dapat memulai karir sebagai content writer dengan melakukan pekerjaan freelance atau bekerja lepas. Selain dapat memulai jenjang karirs sebagai content writer, Anda dapat mendapatkan keuntungan dari bekerja lepas yaitu waktu yang fleksibel. Berikut adalah platform-platform freelance yang dapat Anda kunjungi apabila tertarik menjadi content writer. 

1.  Freelancer.co.id 

Platform yang pertama merupakan website berbahasa Indonesia yang berupa marketplace untuk freelancing atau crowdsourcing. Platform satu ini merupakan platform freelancer terbesar di dunia. Menurut Wikipedia, lebih dari 17 pengguna dan 8 juta proyek telah teregister secara global. 

Cara kerja website ini yaitu dengan menghubungkan perusahaan maupun bisnis kecil hingga besar kepada para tenaga lepas. Freelancer dapat dengan bebas membagikan proposal kepada pemilik bisnis sebagai pengajuan agar dapat mengikuti proyek perusahaan tersebut. 

Agar mendapatkan proyek yang Anda inginkan, buatlah profil pada akun Freelancer Anda semenarik mungkin. Sertakan pengalaman serta kemampuan yang Anda miliki. Apabila pemilik bisnis tertarik dengan profil Anda, Anda serta pemilik bisnis tersebut dapat berkomunikasi secara langsung dan mendiskusikan proyek yang ingin Anda jalankan. 

2. Sibulancer.com 

Platform kedua merupakan situs yang menghubungkan setiap individu secara global. Tujuannya agar terbangun satu komunitas yang dapat dimanfaatkan oleh setiap individu serta sebagai sarana mengekspresikan diri. 

Pada Sribulancer.com pemilik bisnis dapat menemukan freelancer di berbagai bidang seperti penulisan artikel, pembuat video, voice over, desainer grafis, programmer dan lain sebagainya. Pada situs ini jasa yang ditawarkan kepada pemilik bisnis fokus kepada kecepatan serta akurasi produk yang diinginkan. 

Cara kerja situs ini sama seperti Freelancer, yaitu Anda diperbolehkan menuliskan dan mengajukan proposal kepada pemilik bisnis yang mengajukan suatu proyek. 

3. Projects.co.id 

Platform ketiga ini merupakan marketplace atau tempat transaksi secara daring antara pemilik bisnis dengan worker atau freelancer, khususnya Indonesia. Untuk menggunakan platform satu ini Anda perlu mendaftarkan akun terlebih dahulu, jika Anda adalah freelancer, maka setelah mendaftar carilah project yang menarik bagi Anda. Kemudian setelah memilih project mana yang ingin Anda kerjakan, Anda dapat melakukan penawaran dengan pemiliki bisnis secara tertutup, promosikanlah diri Anda sesuai dengan bidang Anda. Apabila Anda mendapatkan kesepakatan dengan pemilik bisnis, maka mulailah mengerjakan project tersebut dan unggah hasilnya di projects.co id. 

Nah itulah tiga rekomendasi platform freelancer yang dapat penulis rangkum. Dari ketiga platform tersebut website mana yang ingin Anda coba? Platform manapun yang Anda pilih, Anda perlu mempromosikan serta mengajukan proposal menarik yang dapat memikat pemilik bisnis. 

Sekian pembahasan mengenai content writer yang dapat penulis berikan informasinya. Apakah Anda merasa tertarik mempelajari skill atau menjadi content writer? Jika iya, maka Anda perlu memulai dari jenjang paling rendah serta mempelajari setiap syarat content writer dengan tekun sesuai dengan informasi yang telah penulis cantumkan. Selamat mencoba. 

Continue Reading