Sebagai pemasar digital yang menggunakan website, tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah Call To Action. CTA sering ditemui pada website-website bisnis yang menjual suatu produk/ layanan. Lalu, Apakah CTA itu dan bagaimana tips membuat CTA yang efektif? Simak informasi tentang pengertian CTA dan manfaatnya berikut ini.

 

Pengertian Call To Action

Call To Action (CTA) sederhananya adalah sebuah ajakan untuk melakukan tindakan yang bersifat komersial, seperti melakukan pembelian, dan berlangganan. CTA umumnya berbentuk seperti sebuah tombol yang terdapat kalimat ajakan seperti “klik di sini untuk berlangganan”, “daftar”, “pesan sekarang”, dan lain-lain.

 

Mengapa CTA Penting?

Jika manusia diajak melakukan sebuah ajakan, maka secara otomatis mereka akan meresponnya, antara YA atau TIDAK. Dalam hal ini, CTA memiliki peran penting untuk mengarahkan para audiens untuk melakukan tindakan. Apabila tidak ada ajakan, maka materi promosi Anda tidak akan berjalan dengan baik. CTA juga berperan untuk dapat meningkatkan jumlah download, berlangganan, hingga pembelian, sehingga bisnis Anda pun dapat optimal dengan menggunakan CTA. Meski pun terlihat sederhana, justru CTA bisa membantu memaksimalkan konten promosi Anda.

 

Jenis-Jenis CTA

Selain harus mengetahui pengertian CTA dan manfaatnya, Anda juga harus mengetahui jenis-jenis CTA agar tidak salah dalam membuatnya.

 

  1. Social Sharing

Social Sharing adalah bentuk CTA yang berfungsi untuk mengajak audiens membagikan konten di platform lain seperti facebook, twitter, instagram, linkedin, dan lain-lain. Biasanya tombol CTA ini berada di bagian bawah. Dengan banyaknya orang yang membagikan konten, maka traffic kunjungan semakin meningkat.

 

  1. Promosi Event

Sesuai dengan namanya, CTA ini berfungsi untuk mempromosikan event dan agar mereka juga bersedia untuk membeli tiket acara yang dipromosikan serta menjalin hubungan baik dengan pihak lain dalam menjalankan binsis. CTA promosi event bisa dilakukan pada e-mail, banner website, maupun media sosial.

 

  1. Leads Generation

Leads Generation adalah daftar pengunjung yang berminat dengan bisnis Anda dan berpotensi akan menjadi pelanggan Anda. Banyak cara yang digunakan untuk mendapatkan leads, tetapi umumnya dengan memberikan penawaran-penawaran kepada audiens dan mereka harus memberikan informasi kontak berupa e-mail. Dengan begitu, Anda bisa menawarkan kembali promo dan diskon melalui e-mail. Gunakan CTA ini pada konten yang paling banyak dikunjungi agar mendapatkan prospek yang tinggi.

 

  1. Tombol “Baca Selengkapnya”

Tombol ini biasanya sering ditemui pada website. Untuk membuat tampilan website menjadi lebih nyaman dilihat, Anda tidak perlu menampilkan seluruh konten Anda dalam satu website. Tetapi tampilkan ‘cuplikan’ setiap konten dengan tombol “Baca Selengkapnya” ini. Agar pengunjung tertarik untuk membaca konten Anda, pastikan tulisan yang ada di konten tersebut menggunakan kalimat yang menarik sehingga pengunjung akan penasaran dan mengklik CTA Anda.

 

Tips Membuat CTA Yang Efektif

 

  1. Gunakan Kata Kerja Perintah Yang Kuat

Karena dalam membuat CTA tidak bisa menggukan kalimat yang panjang, maka buatlah secara spesifik dengan singkat agar audiens tahu apa yang Anda maksud. Kata kerja yang kuat akan dapat menjelaskan CTA Anda dengan ringkas. Contoh : “daftar untuk mendapatkan diskon”, “unduh ebook di sini”, “berlangganan untuk uji coba gratis”.

 

  1. Gunakan Kata-Kata Yang Memancing Emosi

Emosi di sini bukan berarti amarah dari audiens, melainkan antusiasme mereka dalam melakukan CTA karena membaca kata-kata Anda. Tentu Anda akan sangat menyukai jika banyak audiens yang antusias untuk melakukan CTA milik Anda. Contoh : “beli sekarang untuk dapat diskon 40%!”. Kata-kata yang menggunakan tanda seru dapat efektif untuk memancing antusian audiens.

 

  1. Gunakan Strategi FOMO

FOMO (the fear of missing out) bisa diartikan takut melewatkan sesuatu. Dalam penerapannya, lakukan penawaran agar mereka seolah-olah takut melewatkan penawaran Anda. Misalnya “check out sekarang untuk dapat gratis ongkir, berlaku hari ini saja”. Ketika apa yang Anda tawarkan sedang dibutuhkan audiens, maka mereka akan sulit untuk menolak penawaran yang Anda berikan.

 

  1. Beri Alasan Kenapa Mereka Harus Melakukan CTA

Anda bisa menggunakan contoh seperti berikut : “bagikan ini untuk mendapatkan ebook ini”. Bisa disimpulkan jika Anda mengatakan bahwa audiens akan mendapatkan ebook bila mau untuk membagikan konten Anda. Lalu apa alasan mereka untuk membagikan konten Anda? Untuk mendapatkan ebook.

 

  1. Gunakan Angka

Seperti pada contoh di atas, gunakan angka-angka (potongan harga, diskon) untuk membuat penawaran Anda terlihat lebih spesifik mengenai keuntungan yang akan audiens dapatkan bila melakukan CTA Anda.

 

Baca juga : JENIS-JENIS LANDING PAGE UNTUK PENJUALAN ONLINE YANG HARUS ANDA TAHU

 

Fungsi CTA

 

  1. Meningkatkan Lead

Lead bisa dikatakan adalah prospek, artinya banyak yang berminat untuk menjadi pelanggan. Jadi CTA dapat meningkatkan lead apabila Anda menerapkan tips-tips di atas karena. Karena tingkat efektivitas CTA dapat ditentukan dari bagaimana Anda membuat CTA yang baik dan sesuai dengan tujuan Anda serta yang dicari oleh audiens.

 

  1. List Kontak E-Mail

Tujuan CTA bukan hanya tentang pembelian, namun masih bersifat komersial. Dalam hal ini, promosi bisa dikatakan untuk tujuan komersial. Anda bisa menambahkan CTA untuk meminta email audiens agar Anda bisa melakukan promosi berupa email marketing. Dengan begitu, maka brand awareness Anda semakin meningkat.

 

  1. Evaluasi

Anda bisa melakukan evaluasi terkait penawaran yang Anda berikan, mulai dari “mengapa mereka tidak melanjutkan pembayaran dan hanya sampai di keranjang”, “mengapa mereka hanya mengklik daftar tetapi tidak diselesaikan?”, dan masih banya lagi evaluasi yang bisa dilakukan. Setelah itu, Anda pun bisa merubah apa yang salah dan terus meningkatkan apa yang sudah berjalan dengan baik.

 

Apakah Anda sekarang sudah tahu pengertian CTA dan manfaatnya? Sebagai pebisnis online, Anda tidak boleh melewatkan strategi marketing menggunakan CTA ini karena cukup berpengaruh pada tingkat pembelian. Semoga Anda semakin mengerti bagaimana penggunaan CTA, dan jangan takut untuk menerapkannya pada bisnis Anda.

Continue Reading