Seberapa Penting Nama Usaha Untuk Makanan?

Nama unik untuk usaha makanan sangat penting. Bukan hanya untuk usaha makanan, pada dasarnya pemilihan nama memang sangat krusial, utamanya nama brand. Hal ini berlaku untuk bisnis apapun, mulai dari bisnis kecil sekelas UMKM sampai bisnis berskala besar seperti perseroan. Mulai dari bisnis barang atau jasa, barang habis seperti makanan, kosmetik, minuman, dan lain sebagainya. Barang tidak habis seperti peralatan rumah tangga, kendaraan, smartphone, dan lain sebagainya. Berbagai jasa seperti jasa pembuatan website, penerjemah, kursus, dan lain sebagainya.

Brand Ibarat Tubuh dan Nama Adalah Kepalanya

Brand merupakan sebuah nama, desain, simbol, atau fitur lainnya yang mengidentifikasi produk penjual. Brand merupakan wujud identifikasi yang membedakan identitas bisnis anda dengan yang lain. Ibarat manusia, brand merupakan keseluruhan tubuh, sedangkan nama, desain, simbol, dan fitur lainnya ibarat bagian-bagian tubuh. Misalnya, tangan, kaki, dada, dan lain sebagainya.

Disini, nama dapat kita posisikan sebagai kepala pada tubuh manusia. Kepala dengan wajahnya merupakan bagian tubuh manusia yang paling sering dijadikan pembeda identitas. Ada 4 indera manusia yang mendeteksi dan menyampaikan informasi tentang nama; mata, telinga, mulut, dan ditambah lagi indera peraba khusus untuk kawan kita yang tuna netra. Nama merupakan  sebutan yang bisa dilihat dalam bentuk tulisan dan dibaca dalam bentuk suara atau tekstur. Berbeda dengan desain atau simbol yang hanya bisa disalurkan lewat mata.

Nah, dari dominasi indera tersebut nama merupakan identitas yang sangat penting dalam mengkomunikasikan usaha makanan anda.

Dapat kita tarik beberapa poin bahwa nama dalam sebuah brand makanan berfungsi penting untuk:

1. Identifikasi

Sebagai “kepala” dengan wajah, nama sangat penting untuk mengidentifikasi brand anda dengan brand lain.

2. Komunikasi

Sebuah nama dapat disampaikan dan diterima dengan 4 indera. Dibanding komponen lain dalam brand, nama paling dominan dalam proses mengomunikasikan brand anda.

3. Reputasi

Brand juga merupakan sebuah reputasi. Kekuatan yang sudah melekat pada identifikasi brand anda melalui berbagai testimoni dan strategi promosi menjadikan brand memiliki reputasi tertentu. Ketika kita membicarakan brand, termasuk identitas nama di dalamnya sebagai pemegang “saham” utama dalam komunikasi brand.

Yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Nama Usaha Makanan

Bukan hanya mementingkan nama unik dan bagus, dalam membuat nama usaha makanan setidaknya ada 7 hal yang perlu diperhatikan, diantaranya:

1. Nama Mudah Dibaca dan Ditulis

Jika nama anda susah dibaca, orang akan sulit mengucapkannya. Janganankan mengucapkannya, mengingatnya saja mungkin tidak! Selain itu, brand anda juga perlu mudah ditulis. Bukan hanya ditulis tangan, namun mengenai ejaan. Huruf-hurufnya mudah dicerna sehingga diketik pun juga mudah.

2. Nama Unik

Nah, brand merupakan identitas pembeda, begitu juga nama yang menempel pada brand anda. Nama untuk usaha makanan perlu cukup unik sehingga orang yang ingin membeli brand anda tidak salah beli ke brand lainnya. Untuk membuat nama yang unik, anda perlu survei kompetitor dan brand-brand diluar bidang anda untuk menghindari kemiripan yang tidak diinginkan.

3. Nama Pendek, Memiliki Punchline, dan Mudah Diingat

Nama brand usaha makanan anda sebaiknya pendek, itu nomor satu. Pelanggan cenderung menjauhi brand yang bernama terlalu kompleks, apalagi jika belum memiliki reputasi. Contohnya saja Sony, brand asal jepang ini dulunya bernama Tokyo Tsushin Kogyo.

Kemudian yang terakhir, nama memiliki punchline. Punchline dapat diartikan bagian paling mengena. Jika dalam stand up comedy, punchline adalah bagian materi komedi yang bisa membuat audiens tertawa terbahak-bahak. Nama sangat perlu mudah diingat agar konsumen juga mudah menyampaikannya ke orang lain.

4. Nama Terlihat Bagus Ketika Ditulis dan Terdengar Bagus Ketika Diucapkan

Ketika ditulis, rangkaian huruf dalam nama harus nyaman dilihat. Ketika diucapkan pun perlu terdengar cocok, keren, dan sesuai utamanya sesuai dengan konsep brand secara keseluruhan.

5. Nama Mengandung Emosi atau Ide Tertentu

Bisa dibilang nama brand makanan anda perlu memiliki filosofi yang berarti untuk dimengerti. Seperti kata pepatah,

“People buy stories, not products.”

yang dapat dimaknai

“Orang membeli kisahnya, bukan produknya.”

Dengan kata lain, orang bukan hanya membeli fungsionalitas produknya saja, namun juga nilai-nilai lain yang terkandung dalam produk. Ketika pertama kali didengar/ dibaca pun alangkah baiknya sudah menggambarkan imej brand anda.

6. Nama Memiliki Makna Positif

Yang dimaksud makna positif disini adalah baik untuk perkembangan pasar anda. Sebuah kaos distro dapat memiliki nama brand yang menyeramkan dan terkesan negatif secara umum, namun karena pasarannya kalangan yang menyukai konsep tersebut, bisnisnya makin lancar.

7. Nama Menyediakan Ruang Untuk Perkembangan

Tidak menutup kemungkinan bisnis usaha makanan anda meluas, jika anda membuat nama yang sulit diperluas, anda dapat menutup peluang perkembangannya, contohnya saja Amazon. Amazon tidak akan menjadi sebesar sekarang jika dulu masik menggunakan nama Book Barn yang terbatas pada buku.

Baca Juga : 20+ Ide Jualan Makanan Kekinian Yang Laris dan Bisa Dijual Online

10 Contoh Nama Unik Untuk Usaha Makanan

Ketika Anda ingin memulai dunia bisnis, pastinya memerlukan nama yang unik untuk brand produk Anda. Salah satunya ketika Anda ingin memulai usaha di bidang kuliner. Ketika memberikan nama yang unik, tentunya akan menarik perhatian calon konsumen. Dengan pemberian nama yang menarik dan mudah di ingat, bertujuan agar mudah di kenali khalayak umum.

Berikut 10 contoh nama unik untuk usaha makanan yang bisa Anda gunakan ketika akan memulai usaha kuliner:

1. Warung sewarege

Dalam Bahasa jawa kata sewarege memiliki arti sekenyang-kenyangnya. Nama ini cocok digunakan untuk Anda yang berjualan makanan dengan model warung tegal yang menawarkan berbagai macam jenis lauk. Ataupun, untuk yang menjual makanan dengan harga yang terjangkau, model warung tegal ini menjadi andalan orang Indonesia di setiap kalangan.

2. Omah eat mie

Nama omah memiliki arti rumah dalam Bahasa jawa, sedangkan eat memiliki arti makan dalam Bahasa Inggris. Yang jika digabungkan memiliki arti rumah makan mie. Nama ini cocok untuk tempat makan yang menjual berbagai macam olahan dari mie. Karena penamaanya penggabungan dua Bahasa yaitu jawa dan inggris, diharapkan dapat menarik hati calon konsumen untuk mencoba mengunjungi tempat ini.

3. Yummy meatball

Yummy dalam Bahasa inggris berarti enak, sedangkan meatball berartikan bakso. Penggunaan nama ini dapat menarik perhatian konsumen lokal maupun luar. Usaha dengan nama ini cocok sekali digunakan di kota yang ramai di kunjungi wisatawan.

4. Arion cloud bread

Mungkin banyak orang beranggapan nama Arion adalah nama pemilik tempat usaha namun kenyataannya tidak. Tetapi kata Arion adalah nama islami yang memiliki arti memikat hati, dan cloud bread yang berarti roti awan. Penggunaan nama arion ini bermaksud untuk menarik hati para konsumen dengan rasa yang lezat dan nikmat.

5. Ieu seblak

Ieu dalam Bahasa sunda memiliki arti ini. Seblak merupakan makanan khas dari jawa barat, namun saat ini sudah marak terjual di berbagai daerah. Dengan usaha seblak yang bermacam-macam, ini bisa menjadi referensi nama usaha Anda jika hendak berjualan seblak. Seblak saat ini sedang banyak di gandrungi baik dari kalangan muda sampai orangtua, karena bercita rasa pedas dan gurih.

6. Seafood andalanque

Seafood merupakan tempat yang menjual berbagai jenis makanan yang berasal dari laut. Dengan menambahkan kata andalan berarti kualitas makanan dari tempat ini tidak perlu diragukan lagi. Dengan rasa yang enak maka tempat ini akan menjadi incaran para pecinta seafood.

7. Sarfaraz chicken

Sarfaraz memiliki arti sejahtera dalam islam, sedangkan chicken berarti ayam dalam Bahasa inggris. Diharapkan dengan penggunaan nama sarfaraz, bisa mensejahterakan usaha ini sampai sukses dan nantinya memiliki banyak cabang.

8. Home steak

Home dan steak merupakan Bahasa inggris yang masing-masing memiliki arti rumah dan daging panggang. Steak merupakan salah satu masakan barat yang kini banyak ditemui di berbagai belahan dunia. Ini bisa menjadi alternatif jika Anda ingin memulai usaha dibidang kuliner, yang dikhususkan menjual berbagai macam olahan berbahan dasar daging. Steak memiliki banyak kandungan gizi, dengan cara pengolahan yang di panggang.

9. Doyan ngemil

Doyan dalam Bahasa jawa berarti suka. Cemilan saat ini banyak ditemui dimana saja baik sepanjang jalan maupun ditempat-tempat tertentu. Cemilan ini digunakan untuk menghilangkan rasa lapar sementara atau sebagai pengganti makanan utama. Ide nama usaha makanan ini diharapkan mampu menarik perhatian baik anak-anak, orangtua, maupun kalangan anak muda dengan berbagai jenis cemilan yang dijual.

10. Lava cake

Cake artinya adalah roti. Maksud dari lava cake sendiri adalah roti yang tekstur dalamnya terdapat lumeran coklat. Hidangan ini biasanya disajikan sebagai makanan penutup setelah makan-makanan berat. Namun sebagian orang juga menyukai lava cake untuk cemilan. Jadi ini bisa menjadi ide jualan dan sebagai nama brand jualanmu nantinya.
Sekarang Anda sudah tidak bingung lagi dalam menentukan nama unik yang cocok untuk memulai usaha dibidang kuliner. Untuk lebih dikenali tentunya kamu harus selalu berinovasi dan menjaga kualitas produk Anda.

Jadi, nama unik untuk usaha makanan anda akan seperti apa?

 

Continue Reading