Setelah melakukan pengaturan untuk mengoptimalkan iklan Google Ads Anda, sekarang saatnya melakukan pemilihan kata kunci untuk iklan Anda. Pemilihan kata kunci adalah faktor terpenting dalam pembuatan iklan google Ads ini.
Kami akan memberikan tutorial mencari kata kunci dan penerapannya dalam google Ads pada tutorial kali ini. Simak terus ya!
Cara Riset Keyword / Kata Kunci
Ketika Anda sedang melakukan riset keyword / kata kunci, terdapat 2 cara yang gampang untuk Anda lakukan. Yang pertama menggunakan tools Keyword Planner dari Google dan yang kedua adalah menggunakan fitur rekomendasi kata kunci pada google search.
Keyword Planner
Yang pertama adalah menggunakan tools keyword planner dari google di https://ads.google.com/aw/keywordplanner/ dan silahkan login dengan akun Anda kemudian klik discover new keyword maka akan muncul search bar.
Silahkan masukkan kata kunci yang menurut Anda sesuai dengan bisnis Anda. Misalnya disini akan saya contohkan dengan kata kunci “cuci karpet semarang” kemudian klik enter dan search.
Nantinya keyword planner akan memberikan hasil dari keyword yang Anda cari, dan rekomendasi keyword atau keyword yang sesuai dengan keyword yang Anda cari. Jika dilihat lebih seksama, akan muncul data di sebelah kanan kata kunci.
Data inilah yang akan Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan. Akan saya jelaskan satu persatu. Average Monthly Searchs adalah rata-rata pencarian bulanan, cara membacanya seperti ini. Misalnya “pencarian rata-rata perbulan dari kata kunci “cuci sepatu semarang” berada di kisaran 100 sampai 1000. Kemudian Competition adalah tingkat persaingan dalam kata kunci tersebut, ada 3 tingkatan dalam competition ini, Low, Medium hingga High.
Usahakan untuk menggunakan kata kunci yang memiliki monthly searchs yang tinggi dan competition yang cukup rendah.
Menggunakan Google Search
Untuk metode ini sebenarnya cukup mudah, namun metode ini lebih fokus pada insting atau naluri Anda. Caranya Anda cukup mencari kata kunci yang berkaitan dengan iklan Anda, disini saya menggunakan “cuci karpet semarang” lagi
Jika Anda perhatikan, di bawah search bar akan ada jumlah hasil pencarian. Hal itu disebut volume pencarian dan angka itulah yang akan digunakan sebagai bahan pertimbangan.
Setelah itu, cobalah untuk scroll kebawah dan Anda akan menemukan sejumlah kata kunci yang direkomendasikan dan relevan dengan keyword yang Anda cari. Anda dapat menekan kata kunci rekomendasi dan mengecek volume pencariannya, setelah itu Anda dapat menentukan kata kunci mana saja yang akan Anda pilih untuk iklan google Ads Anda
Keyword Matching pada Google Ads
Saat melakukan penerapan kata kunci, Anda akan dapat menambahkan beberapa kata kunci dan tidak hanya satu saja. Selain itu, ada simbol yang berperan sebagai komando untuk google Ads dalam menerapkan kata kunci Anda di algoritma mesin pencariannya. Berikut Penjelasannya
Ada 3 jenis kecocokan kata kunci yang dapat digunakan.
Board Match : Membuat iklan mu dapat tampil di hasil pencarian apapun dengan keyword yang terkait dengan keyword pilihanmu, kecocokan kata kunci dilakukan dengan tidak memberi simbol apapun pada kata kunci pilihan Anda.
Phrase match : Memungkinkan iklan Anda muncul dalam hasil pencarian yang memilii arti sama dengan kata kunci pilihan Anda. Misalnya “cuci sepatu semarang” maka iklan Anda dapat muncul dalam pencarian “laundry sepatu semarang”. Metode pencocokan kata kunci ini memiliki kode penerapan menggunakan tanda petik di depan dan belakang “kata kunci”.
Exact match : Dengan metode pencocokan kata kunci exact match, iklan Anda hanya akan muncul dalam hasil pencarian dalam kata kunci identik dengan kata kunci pilihan Anda misalnya. Anda menggunakan exact match dengan kode ini [cuci sepatu semarang] menggunakan simbol tersebut di depan dan belakang kata kunci, akan memberikan isyarat kepada google bahwa iklan Anda hanya akan muncul jika ada orang yang mencari kata kunci persis seperti itu.
Dengan adanya 3 metode pencocokan kata kunci, Google memberikan fleksibilitas untuk dapat menambahkan lebih dari 1 kata kunci. Sehingga Anda dapat melakukan mix pada metode pencocokan kata kunci untuk mendapatkan hasil yang maksimal untuk iklan Anda.
Gunakan Persamaan Kata Kunci Utama
Seperti yang sudah dijelaskan tadi dalam metode pencocokan kata kunci phrase match, Anda dapa memasukkan kata kunci yang memiliki arti yang sama dalam daftar kata kunci iklan Google Ads Anda.
Dengan persamaan kata kunci yang Anda masukkan, dapat meningkatkan potensi iklan Anda tersampaikan kepada audiens yang tepat. Misalnya bisa saja calon pelanggan Anda lebih familiar dengan “laundry sepatu semarang” maka calon pelanggan akan mencari laundry sepatu semarang di Google alih-alih cuci sepatu semarang, yang padahal memiliki makna yang sama.
Beda ceritanya jika Anda memasukkan “laundry sepatu semarang” dalam daftar kata kunci Anda, maka calon pelanggan akan dapat menemukan iklan Anda walaupun Anda menargetkan “cuci sepatu semarang” sebagai kata kunci utama
Jika Anda tidak memasukkan keyword yang sama dengan keyword utama atau yang Anda target, bisa saja Anda kehilangan potensi untuk mendapatkan calon pelanggan potensial. Karena itu, cobalah untuk melakukan sebuh riset keyword yang cukup teliti dan detail, serta pahamilah keyword yang mempunyai sebuah makna yang sama dengan keyword utama Anda.