memaksimalkan google my business

Google My Business disebut-sebut sebagai tool yang sangat membantu dalam berbisnis. Terutama untuk meningkatkan peringkat lokal. Selain gratis, Google My Bussines juga mudah untuk dioperasikan. Banyak fitur yang mendukung bisnis supaya lebih diketahui banyak orang. Karena itulah kita harus tahu bagaimana cara memaksimalkan Google My Business agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memaksimalkan Google My Business. Mari simak bersama

  • Melengkapi Seluruh Informasi

Google My Business memungkinkan kita untuk mengupload informasi selengkap-lengkapnya. Manfaatkan seluruh slot info yang tersedia, masukkan informasi yang lengkap, jangan setengah-setengah agar minat pelanggan juga tidak setengah-setengah.

Kelola jam operasional (jam buka) supaya tetap akurat. Jangan sampai apa yang tertera pada Google My Business tidak sesuai dengan kenyataannya. Jika ada perubahan, maka edit juga yang ada di listing Google My Business agar info tetap akurat.

Dan jangan lupa untuk verifikasi. Karena sebelum verifikasi, laman Google My Business tidak akan dipublish dan sebagian fitur tidak dapat diakses.

  • Foto

Gambar atau foto merupakan salah satu unsur terpenting dalam listing Google My Business. Foto bisa merepresentasikan apa yang ditawarkan, dan secara tidak langsung menjadi identitas bisnis tersebut. Gambar yang harus ditambahkan ke listing Google My Business adalah logo, foto sampul / cover, dan foto tambahan.

Google merekomendasikan untuk memakai logo agar pelanggan bisa mengidentifikasi. Foto sampul harus memperlihatkan karakteristik dari halaman brand itu sendiri. Sementara foto tambahan adalah foto-foto lain yang memperlihatkan tentang aktivitas, lokasi, atau apapun tentang bisnis itu. Foto inilah yang membuat pengunjung mempertimbangkan apakah mereka akan membeli produk atau memakai jasa dari bisnis tersebut atau tidak. Oleh karena itu, rencanakan dengan baik foto apa yang akan dipost agar bisa menarik minat banyak orang.

Agar foto memiliki kualitas yang baik saat ditambahkan ke Google My Business, gunakan foto dengan format JPG atau PNG, dengan ukuran diantara 10 KB – 5 MB, resolusi minimal 720×720 px, dan foto asli tanpa filter yang benar-benar menunjukkan keadaan nyata.

  • Relevansi Kategori dan Keyword

Tetapkan kategori dan keyword yang tepat agar lebih maksimal dalam pencarian. Dua hal ini tidak bisa disepelekan. Keyword yang tepat akan membuat pengguna mudah menemukan apa yang mereka butuhkan. Kategori yang kita pilih sangat membantu Google untuk menentukan hasil pencarian lokal. Kita tidak bisa membuat kategori sendiri, jika tidak ada kategori khusus yang cocok, setidaknya pilih kategori umum yang paling mendekati.

  • Maintenance

Kebanyakan orang hanya berhenti sampai verifikasi dan mengisi seluruh informasi. Mereka tidak memikirkan tentang maintenance. Padahal, tool gagasan Google ini selalu update secara berkala. Google akan memberi notifikasi dengan mengirimkan email apabila ada pembaruan. Sehingga pemilik akun akan tahu kapan saja perubahan dilakukan.

Bagi pengelola listing, wajib untuk memeriksa dashboard secara rutin karena siapa saja bisa menambahkan atau mengedit listing Google My Business hanya dengan klik pilihan ?suggest an edit?. Jika tidak pernah memeriksa dashboard, bisa jadi listing Google My Business sudah banyak perubahan tanpa kita ketahui. Maka dari itu rajin-rajinlah memeriksa dashboard setidaknya seminggu sekali, barangkali ada pembaruan atau perubahan yang kita tidak tahu.

  • Interaksi dengan Pengunjung

Google My Business menyediakan fitur rating and review dimana pengunjung dapat memberikan komentar, pertanyaan, dan memberikan nilai terhadap bisnis tersebut. Kebanyakan orang akan lebih percaya kepada bisnis dengan rating yang tinggi. Dan mereka biasanya melihat review dari pelanggan sebelumnya untuk mempertimbangkan keputusan mereka.

Dengan berinteraksi, kita bisa menambah kepercayaan pelanggan dan informasi akan lebih mudah tersampaikan

  • Memantau Insight

Memantau insight bisa membantu kita untuk mengetahui apa saja yang sudah bagus dan apa saja yang masih kurang dari listing Google My Business kita. Sehingga kita bisa memperbaiki dan meningkatkan kualitas listing untuk kedepannya.

Demikianlah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan Google My Business. Selamat mencoba.