Artikel SEO penting untuk optimasi website. Artikel tersebut dapat diartikan sebagai artikel yang mengikuti kaidah SEO (Search Engine Optimization) dengan tujuan meningkatkan peringkat suatu website di hasil pencarian Google. Artikel SEO erat kaitannya dengan optimasi website secara on-page. Untuk mengetahui tentang SEO on-page secara praktis, lihat juga Cara Mudah Optimasi Website Baru dengan SEO Agar Ramai Pengunjung

Seperti yang kita ketahui, artikel merupakan salah satu cara untuk menempatkan website bisnis anda di hasil pencarian Google. Semakin isi artikel anda sesuai dengan keperluan pengunjung, semakin antusias juga pengunjung membacanya. Karena Google mengindeks artikel berdasarkan algoritma tertentu, maka artikel juga perlu mengikuti kaidah SEO Google agar mudah ditemukan oleh pengunjung.

Mitos Jumlah Kata dalam Artikel SEO

Banyak orang meluncurkan dan mengikuti berbagai teori tentang kriteria-kriteria artikel SEO yang baik, dalam artian efektif meningkatkan peringkat website. Beberapa teori diantaranya adalah menggunakan kata kunci tertentu, persebaran kata kunci, dan salah satu yang populer adalah artikel yang panjang. Artikel SEO yang memiliki banyak jumlah kata sering disebut sebagai artikel yang efektif. Semakin banyak kata yang digunakan, semakin efektif juga artikel tersebut. Benarkah begitu?

John Mueller, Senior Webmaster Trends Analyst bei Google sempat membalas cuitan secara lugas mengenai topik ini.

Berikut implikasi pendapat Mueller secara lebih komprehensif ketika ia membahas tentang pengaruh jumlah kata terhadap SEO.

1.Menambah Jumlah Kata pada Artikel SEO Tidak Membuat Penilaian Meningkat

Poin pertama ini sangat mudah dipahami. Jika anda hanya menambah jumlah kata dalam artikel SEO untuk mengejar panjang artikel, anda mungkin buang-buang waktu. Mueller menjelaskan

“From our point of view the number of words on a page is not a quality factor, not a ranking factor. So just blindly adding more and more text to a page doesn’t make it better.”

“Dari sudut pandang kami (Google) jumlah kata dalam suatu halaman bukanlah faktor penentu kualitas. Dengan begitu menambahkan teks terus-menerus secara asal tidak akan membuatnya (teks tersebut) menjadi lebih baik.”

Dari pendapat tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa artikel bukan hanya tentang jumlah katanya saja. Jika kata-kata yang anda tambahkan tidak bermaka dan malah mengganggu, hal tersebut justru akan menimbulkan dampak buruh pada website anda.

2. Komprehensif : Jumlah Kata Merupakan Salah Satu Indikasi Artikel Komprehensif

Artikel SEO yang komprehensif lebih efektif menaikkan peringkat website anda. Nah, artikel SEO yang komprehensif biasanya memiliki banyak kata. Menurut KBBI, komprehensif dapat dimaknai sebagai luas dan lengkap (tentang ruang lingkup atau isi). Dengan kata lain artikel SEO yang komprehensif dapat dimengerti sebagai artikel yang luas dan lengkap isinya dalam menjelaskan suatu topik.

Mari kita sangkutkan dengan poin 1, tentang jumlah kata. Untuk menjelaskan sesuatu secara luas dan lengkap, anda biasanya memerlukan banyak kata. Konsep ini merupakan logika sederhana yang mudah kita tangkap. Sama halnya dengan berbicara, semakin banyak informasi yang perlu disampaikan, biasanya semakin banyak kata-kata yang diucapkan.

Dari sini kita bisa menarik kesimpulan bahwa artikel SEO yang efektif salah satunya adalah yang komprehensif. Jumlah kata hanyalah salah satu dari dampak komprehensivitas suatu artikel.

3.Relevan : Bagaimana Jika Jumlah Kata Sedikit?

Jawaban dari pertanyaan ini akan menambah pengertian anda tentang mitos jumlah kata. kembali ke poin 2, artikel komprehensif merupakan artikel yang luas dan lengkap (tentang ruang lingkup atau isi). Dengan kata lain, artikel komprehensif sudah termasuk dalam atikel yang relevan. Maksudnya, isi dari artikel sesuai dengan judul dan sesuai dengan apa yang diharapkan pengunjung. Jangan anda membuat artikel yang luas dan lengkap, namun ternyata melenceng (tidak relevan) dari topik.

Artikel SEO yang relevan tidak harus memiliki jumlah kata yang banyak. Pengibaratannya seperti kutipan Mueller berikut

“It’s a bit like if you want to present something to a client who’s walking in, you can give them a one or two page brochure or you can give the a giant book of information. And in some cases people will want a book with a lot of of information. And in other cases people want something short and sweet.”

“Hal ini mirip dengan ketika anda ingin menunjukkan sesuatu pada klien yang datang, anda bisa memberi mereka sebuah brosur yang memiliki satu atau dua halaman atau anda bisa memberi mereka buku besar yang berisi informasi. Dan di beberapa kasus ada orang yang menginginkan buku dengan banyak informasi. Dan di kasus lain orang ingin sesuatu yang singkat dan manis.”

Relevance

Dari pengibaratan tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa komprehensivitas yang berciri jumlah kata yang banyak tidak selalu efektif. Bisa dikatakan, relevansi isi artikel SEO dengan kata kunci merupakan hal yang lebih penting. Artikel yang relevan tidak selalu panjang, dan dari segi komprehensivitas, cukup komprehensif untuk menjawab rasa penasaran  pengunjung.

Kesimpulan

Dari 3 poin diatas dapat diambil kesimpulan bahwa jumlah kata dalam artikel SEO dapat membatu artikel menjadi lebih efektif dengan catatan tidak meninggalkan relevansi dan komprehensivitas isi.

Selamat membuat artikel, sobat bisnis!

 

Continue Reading