Memiliki website dengan banyak pengunjung setiap saat adalah impian setiap blogger maupun pemilik website. mereka selalu berusaha mencari tau bagaimana cara mengoptimasinya, entah dengan cara berbayar maupun yang tidak berbayar. Tetapi apakah anda sudah mengetahui optimasi website dengan menggunakan Search Engine Optimization atau yang populer dengan sebutan SEO? Kami akan sedikit menjelaskan apa itu SEO dan Cara Optimasi Website Baru Dengan SEO.

 

Pengertian SEO

Search Engine Optimization adalah sebuah proses untuk meningkatkan peringkat situs anda dalam hasil di mesin pencari. Dengan cara ini, maka website anda akan lebih sering muncul di mesin pencarian, semakin situs anda sering muncul di halaman pencarian, semakin banyak orang yang mengunjungi website anda. SEO merupakan bagian dasar dari digital marketing. Mengapa? karena orang-orang melakukan pencarian sebanyak miliaran kali dalam sebulan. sering kali mereka melakukannya dalam tujuan komersial untuk menemukan produk dan layanan. Jadi anda juga harus memahami seputar SEO agar anda dapat mengetahui Cara Optimasi Website Baru Dengan SEO.

 

Dasar-dasar SEO

Bagaimana cara kerja mesin pencari google? Cara kerja setiap mesin pencari secara umum dibagi ke dalam 3 tahap, yaitu :

  1. Perayapan (crawling) dan pengindeksan (indexing) di halaman web Pada tahap ini, Mesin pencari menggunakan crawler web untuk mengelola informasi dari halaman dan konten yang tersedia secara publik di indeks penelusuran
  2. Algoritma penelusuran, sistem peringkat penelusuran di sini akan mengurutkan miliaran bahkan ratusan miliar halaman di indeks Penelusuran untuk memberikan hasil yang sesuai.
  3. Respons yang beguna,  Mesin pencari memastikan untuk memberikan hasil penelusuran dalam berbagai format untuk membantu pengguna menemukan informasi.

 

 Jenis Teknik SEO

Cara Optimasi Website Baru Dengan SEO tidak bisa dilakukan dengan asal, perlu menggunakan teknik-teknik tertentu demi menghasilkan hasil yang optimal. dalam penerapannya, terdapat dua teknik SEO, yang pertama adalah SEO On-Page dan SEO Off-Page. lalu bagaimana cara menerapkan teknik-teknik tersebut? Simak penjelasannya di bawah.

cara optimasi website baru

  1. SEO On-Page

SEO On-Page merupakan teknik optimasi pada website itu sendiri untuk mengetahui relevansi konten anda dengan yang dicari para pengunjung website, serta mempermudah eksplorasi pengunjung website dan membuat para pembaca menjadi tidak jenuh dengan konten anda. Anda harus menggunakan teknik ini agar konten anda disukai oleh Google, karena Google tidak menyukai konten yang tidak berkualitas (penuh spam, tidak original). adapun cara menerapkan teknik SEO On-Page ini, antara lain :

  • Heading tag
  • Meta description dengan panjang maksimal 160 karakter
  • Title tag
  • Konten permalink
  • Outbound link (menyisipkan link pada website orang lain)
  • Emphasize (memberikan keterangan bold, italic, dan underline kata yang penting)
  • Image alt tag (memberi kata kunci pada setiap gambar agar gambar dikenali oleh google sebagai kata kunci)

 

  1. SEO Off-page

SEO Off-Page adalah kebalikan dari SEO On-Page yang melakukan optimasi pada website itu sendiri, SEO Off-Page adalah teknik mengoptimasi dari luar website itu sendiri. Teknik optimasi ini lebih mengarah ke promosi website anda melalui lintas platform seperti media sosial. Selain itu, penerapan teknik ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan anchor text kata-kata yang tujuannya mengarahkan ke website anda, sering disebut dengan backlink. Jika anda menerapkan kedua teknik tersebut, maka anda akan meraih hasil yang baik dalam meningkatkan jumlah traffic ke website anda.

 

 Cara Optimasi SEO

Hal-hal berikut ini adalah Cara Optimasi Website Baru Dengan SEO agar hasilnya lebih optimal :

 

  • Konten Berkualitas

Konten berkualitas di sini adalah jenis konten yang belum pernah ter-publish, dan pastikan konten anda original. Dalam konten yang anda buat haruslah tersusun secara rapi dari segi stukturnya, detail saat menjelaskan informasi yang ingin anda sampaikan.

 

  • Kecepatan Website

Para pengguna tidak menyukai proses loading yang lama dalam melakukan pencarian, maka anda harus pastikan bahwa website anda memiliki kecepatan yang tinggi jika pengguna menggunakan media seluler untuk lebih cepat muncul di mesin pencarian. Anda bisa mengecek kecepatan website anda menggunakan link testmysite.thinkwithgoogle.com atau di laman google speedtest insights berikut ini.

 

  • Penggunaan Kata Kunci

Kata kunci merupakan susunan kata yang sangat penting karena ini yang digunakan orang untuk melakukan pencarian dalam rangka menemukan website, membaca konten, dan lain-lain. Dalam menentukan kata kunci, perhatikan Volume, Relevansi, dan Kompetisi. Anda bisa memanfaatkan tools gratis dari google untuk menemukan mencari kata kunci yang sesuai. Akses link berikut untuk menggunakannya, Google Trends, Google Keyword Planner, Google Alerts.

 

  • Struktur Website
  1. Judul/Logo, Pastikan di setiap halaman website anda memiliki judul yang unik dan menarik, anda juga dapat memasangnya dalam bentuk logo.
  2. Deskripsi Halaman, Meskipun deskripsi tidak terlihat langsung oleh pengunjung website, tetapi deskripsi ini bisa saja muncul di halaman mesin pencarian jika terpilih oleh Google.
  3. Main Heading/ Menu, Tampil sebagai menu, biasanya merupakan tag header pertama yang terlihat di sebuah halaman dan di atas tag yang lain.
  4. Sub Heading, Ini berperan sebagai pembagi konten anda dalam beberapa bagian sehingga tersusun rapi dan memudahkan pengguna membaca konten anda.

 

Harga SEO Website

Banyak penyedia jasa SEO di luar sana jika anda belum menguasai SEO, karena SEO cukup penting bagi pebisnis yang ingin memasarkan bisnisnya secara online. Dengan beragam harga yang ada, mereka menjamin bahwa situs anda akan masuk peringkat atas mesin pencarian.

Mulai dari 500 ribu anda bisa mendapat pelayanan jasa SEO selama 1 bulan. Penyedia jasa SEO juga memiliki harga paket jika anda ingin hasil yang maksimal, semakin tinggi harga paket tersebut, semakin maksimal pula hasil yang anda dapatkan. Tentu bisa anda yakini bahwa penerapan SEO pada website baru merupakan sebuah investasi bagi kemajuan bisnis online anda.

Continue Reading