May 10, 2021

20+ Jenis Font yang Bagus untuk Postingan Instagram

Jenis Font Yang Bagus Untuk IG

Salah satu hal paling penting dalam sebuah bisnis adalah promosi. Dengan rajin memasang iklan atau berpromosi, maka bisnis Anda akan semakin dikenal orang banyak. Saat ini promosi bisa lebih mudah dilakukan. Melalui media sosial, Anda dapat memposting produk yang dimiliki dan menyebarkannya kepada orang lain. Meski mudah, namun ada banyak detail yang harus diperhatikan, yakni salah satunya dengan memilih konten desain beserta jenis font yang digunakan. Beberapa pebisnis biasanya kurang memperhatikan detail ketika melakukan branding, terutama ketika menggunakan media sosial. Ada perbedaan pada desain setiap platform media, baik itu bentuknya, ukurannya, maupun warnanya. 

Sebagai contoh Anda bisa melihat pada bidang fotografi, setiap detailnya selalu perlu diperhatikan. Setiap foto akan nampak berbeda, sebab dalam pencarian sudut pandang yang tepat juga sangat detail. Namun baik dalam fotografi ataupun videografi, Anda bisa menentukan detail dengan mudah, namun tidak dengan pemilihan font. Sebab pemilihan font untuk melakukan promosi di media sosial bukanlah hal mudah. Padahal, hal ini juga memiliki pengaruh terhadap bisnis Anda.

Pentingnya Pemilihan Font yang Tepat di Instagram 

Pemilihan jenis font yang tepat di Instagram memiliki peran penting dalam menciptakan identitas merek yang kuat, menarik perhatian pengguna, dan meningkatkan keterlibatan. Ketika berbicara tentang merek di platform media sosial, termasuk Instagram, visual menjadi elemen utama yang mempengaruhi persepsi dan ingatan pengguna. Oleh karena itu, pemilihan jenis font yang tepat dapat membantu mencerminkan kepribadian merek, menciptakan konsistensi visual, dan meningkatkan daya tarik konten.

Penting untuk menyadari bahwa penggunaan font yang tidak tepat dapat mengakibatkan pengabaian promosi dari pengguna. Jika pemilihan detail font dilakukan secara asal-asalan atau jenis font yang digunakan terlalu ramai, hal itu dapat membuat konten tidak menarik dan tidak estetis. Meskipun Anda telah memilih jenis font yang indah, jika tidak sesuai dengan merk Anda, kemungkinan besar konten tidak akan menarik perhatian pelanggan.

Menggunakan lebih dari satu jenis font juga bisa menjadi pilihan, tetapi harus dipertimbangkan dengan hati-hati agar tidak merusak tatanan promosi di media sosial. Komposisi font yang menarik dan enak dibaca membutuhkan waktu dan latihan yang cukup. Oleh karena itu, penting untuk memahami font dasar, seperti font serif yang cocok untuk merek yang serius, font Sans Serif yang mudah dibaca dan serbaguna, font Script yang dapat menjadi pendukung font Sans Serif, dan font Decorative yang digunakan dalam situasi khusus.

Dalam rangka mencapai kesuksesan dalam promosi di Instagram, pemilihan jenis font yang tepat harus menjadi salah satu pertimbangan utama. Dengan mengidentifikasi karakter merek dan memilih font yang sesuai, Anda dapat menciptakan tampilan konten yang menarik, konsisten, dan mampu meningkatkan keterlibatan pengguna, sehingga memperkuat identitas merek Anda di dunia media sosial yang kompetitif.

Jenis Font yang Bagus untuk Postingan Instagram

Postingan Instagram yang menarik tidak hanya bergantung pada konten visual yang menarik tetapi juga pada penggunaan jenis font yang tepat. Memilih jenis font yang bagus dapat meningkatkan kesan dan daya tarik postingan secara keseluruhan. Beberapa jenis font yang populer untuk Instagram, yaitu:

Montserrat

Font pertama ini menjadi alternatif yang cocok apabila Anda bingung hendak menggunakan Sherif atau Sans Serif. Montserrat ini juga sangat bagus apabila dipakai untuk post di media sosial Instagram. Font ini memiliki sifat netral, sehingga sangat mudah untuk Anda kombinasikan dengan font jenis lain. Anda bisa memakainya untuk teks yang serius namun tetap santai. 

 

Novecento

Font yang berikutnya adalah Novecento, yang saat ini sangat populer di kalangan para desainer web. Font jenis ini sudah biasa dipakai dalam beberapa web. Novecento memiliki kekhasan yang unik dibandingkan font lainnya. Post Anda akan jauh lebih menarik perhatian saat memakai font ini. Namun Anda tetap harus memakainya untuk konten yang tepat.

 

PlayFair Display

Apabila Anda lebih suka menggunakan font Serif, namun membuat post Instagram Anda monoton, font ini bisa menjadi penggantinya. Playfair Display ini merupakan salah satu font Serif yang fleksibel, sehingga bisa Anda combain dengan font lain.  Selain itu font ini juga cocok dipakai untuk membuat judul konten pemasaran

 

PT Sans

Barangkali Anda berpikir bahwa semua font Sans Serif memiliki desain yang sama, namun tidak. PT Sans ini memiliki desain huruf yang cukup bulat, bentuknya pun nampak feminim dan anggun. Font ini cocok untuk konten berbau sastra atau proyek-proyek kelembagaan.

 

Stay Writer

Jenis Font Instagram

Font kali ini merupakan rekomendasi jika Anda ingin menggunakan pilihan font tulisan tangan. Tentu saja setiap post ingin lebih dekat pembaca, dan tulisan tangan tampak lebih alami dan menyentuh. Tentu font ini mendapat sambutan baik dari para pembaca. Ketika menggunakannya, Anda bisa mengkombinasikan dengan font lain, seperti dengan Sans Serif.

 

GT Walsheim

Font GT Walsheim memiliki desain geometris, jadi sangat cocok untuk Anda yang suka dengan bentuk-bentuk font bergaris tegas.  Adapun tampilannya terlihat lebih modern dari font lainnya, selain itu juga cukup fleksibel, jadi bisa Anda pakai untuk post Instagram dalam konten promosi bisnis apapun.

 

Merriweather

Font selanjutnya adalah Merriweather, yang biasa Anda temui karena font ini dibuat khusus untuk format digital. Font ini biasanya akan dipakai untuk akun bacaan, puisi, kutipan-kutipan, dan semacamnya. Jadi mungkin Anda akan menemuinya dalam konten-konten tersebut.

 

Open Sans

Font berikutnya ini adalah Open Sans, yang sama seperti Helvetica, disukai oleh banyak perancang desain. Font ini juga semakin populer setelah adanya new mobile optimizations. Apabila Anda hendak memilih font, utamakan pula jenis font media sosial yang ramah dengan ponsel, sebab dari sanalah banyak orang mengakses media sosial. 

 

Nawabiat

Font berikutnya adalah Nawabiat. Font jenis ini sangat cocok apabila Anda menggunakannya untuk konten pakaian wanita. Dengan desain tulisan tangannya, font ini nampak lebih alami dan bergaya feminim. Anda bisa mengarahkan font ini untuk menarik perhatian anak-anak muda, sebab gayanya yang menyenangkan, sesuai dengan kepribadian para anak muda jaman sekarang. Tentu saja Anda bisa mengkombinasikan dengan isi konten yang juga menyenangkan. 

 

Stalemate

Stalemate adalah font paling bersinar dari Script. Apabila Anda menyukai gaya vintage, maka font ini sangat recomended untuk diterapkan. Font ini mudah untuk dibaca dan sangat cocok apabila akan Anda kombinasikan dengan Sans Serif. 

 

Tikal Sans

Tikal Sans adalah jenis font Sans Serif yang lebih fleksibel. Font ini memiliki karakter yang kuat dan memiliki bentuk unik. Setiap font Sans Serif memang memiliki tujuan yang berbeda-beda, jadi Tikal Sans juga dapat digunakan untuk tujuan yang berbeda dengan jenis font Sans Serif lainnya. 

 

Helvetica

Helvetica juga biasa disebut sebagai queen of the fonts, atau ratu dari font. Font Helvetica Memang sangat bagus, dan menjadi font favorit bagi para desainer hampir di seluruh dunia. Bentuk hurufnya sangat mudah dibaca, desainnya unik dengan ukuran yang sempurna. Font ini bisa Anda aplikasikan untuk berbagai jenis merk.

 

Poppins

Contoh Font Poppins

Poppins adalah salah satu jenis font yang populer digunakan pada desain modern dan digital.  Poppins memiliki karakteristik yang unik dengan rasio proporsi yang seimbang antara setiap huruf, membuatnya mudah dibaca dan sangat cocok untuk digunakan pada tampilan layar digital.

Font Poppins memiliki gaya yang minimalis dan kontemporer, sehingga sangat cocok untuk digunakan pada desain-desain modern, seperti poster, brosur, web design, maupun branding di Instagram . Font ini juga memiliki 9 varian berbeda, dari Thin hingga Black, sehingga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tampilan teks dengan kebutuhan desain mereka.

 

Bebas Neue

Contoh Font Bebas Neue

Bebas Neue adalah font sans-serif yang populer yang dibuat oleh Ryoichi Tsunekawa. Font ini dikenal dengan desainnya yang tebal dan bersih, sehingga cocok digunakan dalam berbagai proyek desain. Bebas Neue banyak digunakan dalam berbagai aplikasi seperti judul, poster, logo, dan materi branding.

 

Source Sans Pro

Font Source Sans Pro

Source Sans Pro adalah font sans-serif bersih dan mudah dibaca yang cocok untuk postingan Instagram. Dikembangkan oleh Adobe, font ini menawarkan berbagai varian dan tetap terbaca dengan baik dalam berbagai ukuran. Cocok untuk berbagai jenis konten, Source Sans Pro memberikan kesan modern dan profesional pada tampilan Instagram. Pastikan untuk mematuhi lisensi penggunaan yang berlaku saat menggunakan font ini.

 

Pacifico

Pacifico

Font Pacifico adalah font skrip yang memiliki gaya tulisan tangan yang santai dan menggambarkan suasana pantai. Ini adalah font yang populer untuk membuat tampilan yang santai, ramah, dan ceria dalam desain.

 

Lato

Lato

Font ini memiliki gaya bersih, elegan, dan mudah dibaca. Dengan beragam varian, Lato dapat digunakan dalam desain modern, profesional, maupun santai. Font ini cocok untuk berbagai konten Instagram dan tetap jelas bahkan dalam ukuran kecil. Lato memberikan kesan profesional dan modern pada heading dan isi teks, meningkatkan estetika dan kenyamanan membaca.

 

Roboto

Roboto

Roboto adalah font sans-serif yang populer dan serbaguna untuk postingan Instagram. Dirancang oleh Christian Robertson, font ini memiliki desain modern, bersih, dan mudah dibaca. Roboto menawarkan berbagai varian yang dapat disesuaikan dengan keberanian huruf yang diinginkan. Cocok untuk konten profesional maupun santai, Roboto memberikan kesan yang simpel namun modern. Dalam berbagai ukuran, font ini tetap terbaca dengan jelas. Roboto dapat digunakan untuk berbagai jenis konten Instagram, meningkatkan estetika dan daya tarik visual. Pastikan untuk mematuhi lisensi penggunaan yang berlaku saat menggunakan font ini.

 

Raleway

Raleway

Raleway adalah font sans-serif elegan yang ideal untuk postingan Instagram. Raleway memiliki bentuk huruf yang bersih, ringan, dan modern. Dalam berbagai ukuran dan varian, font ini tetap terbaca jelas. Cocok untuk branding dan desain tata letak, Raleway memberikan kesan profesional dan mewah pada postingan Instagram. Pastikan untuk mematuhi lisensi penggunaan yang berlaku saat menggunakan font ini.

 

Gotham

Gotham

Gotham adalah font sans-serif serbaguna dan modern yang cocok untuk postingan Instagram. Font ini terkenal karena desainnya yang bersih dan jelas. Dengan berbagai varian huruf, Gotham dapat disesuaikan dengan gaya dan pesan yang ingin disampaikan. Cocok untuk branding dan tata letak, Gotham memberikan kesan profesional dan modern pada postingan Instagram. Pastikan untuk memeriksa lisensi penggunaan yang berlaku saat menggunakan font ini.

Helvetica

Helvetica

Font Helvetica adalah pilihan yang bagus untuk postingan Instagram karena kesederhanaan, keterbacaan, dan fleksibilitasnya. Dengan gaya huruf yang bersih, font ini cocok untuk berbagai jenis konten dan mudah dikombinasikan dengan font lain. Kesederhanaannya memungkinkan pesan yang ingin disampaikan lebih jelas dan profesional.

Georgia

Georgia

Font Georgia adalah font serif yang elegan dan klasik, didesain oleh Matthew Carter dan dirilis oleh Microsoft pada tahun 1993. Dengan serifi-nya yang menonjol, font ini memberikan kesan anggun dan mudah dibaca pada tampilan cetak maupun digital. 

Proporsi huruf yang seimbang dan kemampuannya untuk memberikan kenyamanan saat membaca membuatnya sering digunakan dalam desain teks panjang, baik dalam artikel, blog, maupun publikasi digital. Selain itu, kepopuleran Georgia semakin meningkat di kalangan desainer grafis dan tipografi karena kesan klasik dan serbagunanya.

Futura

Futura

Font Futura adalah pilihan yang bagus untuk postingan Instagram karena kesan modern dan elegan yang dimilikinya. Desain garis-garis yang bersih dan minimalis memberikan tampilan yang menarik dan profesional pada konten postingan. Keterbacaan yang baik dari font ini memastikan pesan yang ingin disampaikan dapat dipahami dengan mudah oleh pengikut Anda. Fleksibilitas dalam desain memungkinkan Anda menciptakan postingan yang kreatif dan unik sesuai dengan gaya akun Instagram Anda. Dengan berbagai varian tebal, miring, dan reguler, font Futura memberikan fleksibilitas dalam penggunaan untuk berbagai jenis konten dan tata letak postingan.

baca juga : 15 Template Konten Quote / Nasihat untuk Instagram Feed, Siap Pakai

Nah, itulah tadi beberapa font yang bisa Anda pakai untuk Instagram Post. Hal penting setelah mengetahui jenis-jenis fontnya adalah menyelaraskan antara jenis font dengan isi konten post yang akan dibuat. Jadi, gunakanlah font yang cocok untuk bisnis yang Anda geluti. Sebab keselarasan keduanya juga menjadi penentu apakah postingan Anda menjadi menarik perhatian atau tidak. Apabila Anda tidak mempertimbangkannya dengan baik, maka pemilihan jenis font pun akan nampak sia-sia. Karena pemilihan ini perlu banyak latihan, jadi Anda juga bisa mencoba-coba untuk menemukan font yang cocok. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat ya. 

SUBSCRIBE

Dapatkan Informasi Teknologi terbaru langsung ke Email Anda. Subscribe Sekarang, GRATIS!
Subscribe

Baca Juga Artikel lainnya

October 21, 2023
15+ Contoh Ide Konten Instagram Edukasi

Instagram, bukan sekadar tempat untuk memamerkan foto-foto yang estetis. Saat ini, platform ini telah menjadi […]

Read More
October 17, 2023
Gaji Content Creator yang Ideal di Indonesia

Di era digital saat ini, profesi sebagai content creator semakin diminati. Indonesia, dengan pertumbuhan pengguna […]

Read More
October 8, 2023
Algoritma Deteksi Objek Pelanggaran Video Live Streaming

Dalam era digital saat ini, live streaming telah menjadi salah satu bentuk komunikasi yang populer, […]

Read More
1 2 3 24

We Are Ardata

PT. Ardata Digital Asia (Ardata Media) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT dengan produknya berupa Jasa dan Produk Digital.
WA : 085741111568
SEMUA ARTIKEL
envelope
Chat Sekarang
Hi, Gunakan chat ini untuk menghubungi kami
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram