Salah satu hal paling penting dalam sebuah bisnis adalah promosi. Dengan rajin memasang iklan atau berpromosi, maka bisnis Anda akan semakin dikenal orang banyak. Saat ini promosi bisa lebih mudah dilakukan. Melalui media sosial, Anda dapat memposting produk yang dimiliki dan menyebarkannya kepada orang lain. Meski mudah, namun ada banyak detail yang harus diperhatikan. Beberapa pebisnis biasanya kurang memperhatikan detail ketika melakukan branding, terutama ketika menggunakan media sosial. Ada perbedaan pada desain setiap platform media, baik itu bentuknya, ukurannya, maupun warnanya. 

Sebagai contoh Anda bisa melihat pada bidang fotografi, setiap detailnya selalu perlu diperhatikan. Setiap foto akan nampak berbeda, sebab dalam pencarian sudut pandang yang tepat juga sangat detail. Namun baik dalam fotografi ataupun videografi, Anda bisa menentukan detail dengan mudah, namun tidak dengan pemilihan font. Sebab pemilihan font untuk melakukan promosi di media sosial bukanlah hal mudah. Padahal, hal ini juga memiliki pengaruh terhadap bisnis Anda.

Penggunaan font dalam media sosial bisa nampak tidak selaras, antara brand yang ingin dikenalkan dengan pemilihan ukuran dan jenis hurufnya. Maka beberapa orang akan cenderung mengabaikan promosi Anda ketika pemilihan detail fontnya asal-asalan, sebab selain tak nampak menarik juga tidak terlihat estetis. Bahkan apabila Anda sudah memilih jenis font yang paling indah pun, belum tentu hal itu bisa menarik pelanggan jika tidak diterapkan pada merk yang tepat. 

Lalu, penggunaan font lebih dari satu mungkin juga bisa menjadi pilihan bagi Anda. Akan tetapi jika dilakukan tanpa pertimbangan yang tepat, juga akan merusak tatanan promosi yang dilakukan di media sosial. Font yang terlalu ramai justru akan memuakkan bagi pembaca. Sebab, untuk membuat komposisi font yang menarik dan enak dibaca memang membutuhkan waktu dan latihan yang cukup. 

Maka dari itu, untuk menyingkap penggunaan font yang tepat, ketahuilah dulu font dasarnya. Ada font sherif yang biasa digunakan oleh merek yang cukup serius. Seperti hukum, sekolah, surat kabar, dan lain-lain. Kemudian ada Sans Serif yang gaya hurufnya lebih mudah dibaca dan cukup serbaguna. Lalu Script, biasanya digunakan sebagai pendukung Sans Serif, dan  yang terakhir Decorative yang meski tak dikhususkan untuk Media Sosial namun biasa dipakai dalam hal-hal tertentu.

Montserrat

Font pertama ini menjadi alternatif yang cocok apabila Anda bingung hendak menggunakan Sherif atau Sans Serif. Montserrat ini juga sangat bagus apabila dipakai untuk post di media sosial Instagram. Font ini memiliki sifat netral, sehingga sangat mudah untuk Anda kombinasikan dengan font jenis lain. Anda bisa memakainya untuk teks yang serius namun tetap santai. 

Novecento

Font yang berikutnya adalah Novecento, yang saat ini sangat populer di kalangan para desainer web. Font jenis ini sudah biasa dipakai dalam beberapa web. Novecento memiliki kekhasan yang unik dibandingkan font lainnya. Post Anda akan jauh lebih menarik perhatian saat memakai font ini. Namun Anda tetap harus memakainya untuk konten yang tepat.

PlayFair Display

Apabila Anda lebih suka menggunakan font Serif, namun membuat post Instagram Anda monoton, font ini bisa menjadi penggantinya. Playfair Display ini merupakan salah satu font Serif yang fleksibel, sehingga bisa Anda combain dengan font lain.  Selain itu font ini juga cocok dipakai untuk membuat judul konten pemasaran

PT Sans

Barangkali Anda berpikir bahwa semua font Sans Serif memiliki desain yang sama, namun tidak. PT Sans ini memiliki desain huruf yang cukup bulat, bentuknya pun nampak feminim dan anggun. Font ini cocok untuk konten berbau sastra atau proyek-proyek kelembagaan.

Stay Writer

Font kali ini merupakan rekomendasi jika Anda ingin menggunakan pilihan font tulisan tangan. Tentu saja setiap post ingin lebih dekat pembaca, dan tulisan tangan tampak lebih alami dan menyentuh. Tentu font ini mendapat sambutan baik dari para pembaca. Ketika menggunakannya, Anda bisa mengkombinasikan dengan font lain, seperti dengan Sans Serif.

GT Walsheim

Font GT Walsheim memiliki desain geometris, jadi sangat cocok untuk Anda yang suka dengan bentuk-bentuk font bergaris tegas.  Adapun tampilannya terlihat lebih modern dari font lainnya, selain itu juga cukup fleksibel, jadi bisa Anda pakai untuk post Instagram dalam konten promosi bisnis apapun.

Merriweather

Font selanjutnya adalah Merriweather, yang biasa Anda temui karena font ini dibuat khusus untuk format digital. Font ini biasanya akan dipakai untuk akun bacaan, puisi, kutipan-kutipan, dan semacamnya. Jadi mungkin Anda akan menemuinya dalam konten-konten tersebut.

Open Sans

Font berikutnya ini adalah Open Sans, yang sama seperti Helvetica, disukai oleh banyak perancang desain. Font ini juga semakin populer setelah adanya new mobile optimizations. Apabila Anda hendak memilih font, utamakan pula jenis font media sosial yang ramah dengan ponsel, sebab dari sanalah banyak orang mengakses media sosial. 

Nawabiat

Font berikutnya adalah Nawabiat. Font jenis ini sangat cocok apabila Anda menggunakannya untuk konten pakaian wanita. Dengan desain tulisan tangannya, font ini nampak lebih alami dan bergaya feminim. Anda bisa mengarahkan font ini untuk menarik perhatian anak-anak muda, sebab gayanya yang menyenangkan, sesuai dengan kepribadian para anak muda jaman sekarang. Tentu saja Anda bisa mengkombinasikan dengan isi konten yang juga menyenangkan. 

Stalemate

Stalemate adalah font paling bersinar dari Script. Apabila Anda menyukai gaya vintage, maka font ini sangat recomended untuk diterapkan. Font ini mudah untuk dibaca dan sangat cocok apabila akan Anda kombinasikan dengan Sans Serif. 

Tikal Sans

Tikal Sans adalah jenis font Sans Serif yang lebih fleksibel. Font ini memiliki karakter yang kuat dan memiliki bentuk unik. Setiap font Sans Serif memang memiliki tujuan yang berbeda-beda, jadi Tikal Sans juga dapat digunakan untuk tujuan yang berbeda dengan jenis font Sans Serif lainnya. 

Helvetica

Helvetica juga biasa disebut sebagai queen of the fonts, atau ratu dari font. Font Helvetica Memang sangat bagus, dan menjadi font favorit bagi para desainer hampir di seluruh dunia. Bentuk hurufnya sangat mudah dibaca, desainnya unik dengan ukuran yang sempurna. Font ini bisa Anda aplikasikan untuk berbagai jenis merk.

baca juga : 15 Template Konten Quote / Nasihat untuk Instagram Feed, Siap Pakai

Nah, itulah tadi beberapa font yang bisa Anda pakai untuk Instagram Post. Hal penting setelah mengetahui jenis-jenis fontnya adalah menyelaraskan antara jenis font dengan isi konten post yang akan dibuat. Jadi, gunakanlah font yang cocok untuk bisnis yang Anda geluti. Sebab keselarasan keduanya juga menjadi penentu apakah postingan Anda menjadi menarik perhatian atau tidak. Apabila Anda tidak mempertimbangkannya dengan baik, maka pemilihan jenis font pun akan nampak sia-sia. Karena pemilihan ini perlu banyak latihan, jadi Anda juga bisa mencoba-coba untuk menemukan font yang cocok. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat ya. 

  

Continue Reading