Pada era digital ini seseorang menggunakan media sosial untuk berkarya. Karya yang dibagikannya salah satunya yaitu berupa konten – konten yang beraneka ragam. Salah satu jenis kontennya berupa konten quote. Berkarya menggunakan media sosial ini merupakan cara pendekatan yang efektif untuk memperkenalkan dunia literasi kepada kaum milenial yang memiliki kebiasaan sering bermain sosial media. Sosial media yang sering digunakan yaitu Instagram. Lalu, untuk mengetahui agar konten – konten anda dapat dikenal oleh kaum milenial, anda perlu memperhatikan apa saja karakteristik audiens pada instagram. Nah, bagi anda yang ingin mengetahui selengkapnya mengenai karakteristik audiens pada instagram, Yuk simak penjelasan dibawah ini !

 

 

Karakteristik Audiens Instagram

Instagram merupakan salah satu media sosial yang sering digunakan oleh kaum milenial pada era digital ini. Berdasarkan data, Indonesia menempati peringkat pertama sebagai pengguna instagram se Asia Pasifik, dari 700 pengguna aktif  bulanan. Pada bulan Juli 2017, pengguna aktif instagram di Indonesia sebesar 69%. Pengguna aktif instagram tersebut antara lain berusia 18 – 34 tahun. Biasanya masyarakat Indonesia menggunakan instagram untuk mencari informasi, atau mencari inspirasi.

Dengan data diatas dapat dilihat bahwa, tidak heran banyak orang menggunakan instagram membuat sebuah konten yang dapat menggugah pengguna instagram. Dimana, konten – konten yang disajikan beraneka ragam. Lalu, dengan konten yang beraneka ragam, bagaimana cara yang dilakukan agar konten – konten anda dapat disukai ? untuk mengetahui agar konten – konten anda disukai oleh pengguna instagram, anda perlu mengetahui karakteristik dari audiens.

Karakteristik audiens di instagram lebih menyukai konten – konten informatif dan edukatif dibandingkan dengan konten yang berisi mengenai promo. Lalu, alasan mengapa pengguna lebih menyukai konten informatif dan edukatif dibandingkan dengan konten yang berisi mengenai promo dikarenakan konten informatif lebih banyak menyajikan informasi – informasi baru yang belum diketahui oleh banyak orang sehingga pengguna instagram memiliki ketertarikan akan konten tersebut. Serta alasan mengapa konten edukatif lebih disukai oleh pengguna dikarenakan konten edukatif ini diharapkan dapat mengedukasi para pengguna instagram untuk dapat menjadi lebih baik lagi. Sedangkan alasan mengapa konten yang mengenai promo tidak disukai oleh para pengguna di instagram dikarenakan konten mengenai promo terlalu banyak menyajikan hard selling yang bertujuan untuk mengajak para pengguna untuk dapat menggunakan produk dan hal yang membuat para pengguna tidak menyukai konten promo yaitu kalimat yang digunakan terlalu biasa sehingga membosankan dan tidak menarik.

Karna itulah membuat banyak para pengguna di instagram tidak menyukai konten promo. Selain konten informatif dan edukatif terdapat juga konten quote yang dapat membuat para pengguna instagram menyenangi nya. Untuk dapat mengetahui lebih lanjut, yuk simak penjelasan berikut ini !

 

Konten Quote merupakan konten yang shareable

Konten – konten yang dibagikan di Instagram beraneka ragam, salah satu konten yang dapat dibagikan di Instagram yaitu konten quote. Konten ini disajikan yang berasal dari kutipan – kutipan yang diambil dari pendapat seseorang yang menginspirasi atau pendapat seseorang yang memiliki pengaruh besar. Namun, Pada umumnya konten quote berasal dari kutipan diambil dari tokoh – tokoh besar yang sukses atau berasal dari buku.

Jika dilihat dari segi visual konten quote terlihat sederhana, namun dengan kesederhanaan mampu menarik perhatian para pengguna instagram dengan kata – kata yang mampu menginspirasi atau memotivasi. Serta disajikan dalam bentuk gambar maupun tulisan.

Lalu, bagi anda yang ingin konten anda mampu menarik perhatian para pengguna instagram, anda perlu memahami konsep konten quote terlebih dahulu agar konten quote anda dapat membuat orang akan membagikannya. Yuk simak penjelasan dibawah ini mengenai 5 Contoh Konsep Konten quote yang membuat orang akan ngeshare

 

5 Contoh Konsep Konten Quote yang membuat orang akan ngeshare

Platform Instagram saat ini menjadi wadah bagi penggunanya untuk mencari sebuah inspirasi. Sehingga tidak heran jika saat ini banyak orang ingin menjadi seorang content creator. Hal ini justru membuat kompetisi menjadi ketat hingga konten yang dibuat sulit untuk out in the crowd. Namun tersedia banyak ide konten yang bisa dibuat, salah satunya adalah konten quote. Agar konten quote mampu menarik perhatian pengguna sosial media, Anda perlu membuat konten yang dapat menginspirasi. Selain memberikan like pada konten, biasanya pengguna sosial yang menunjukan ketertarikannya akan membagikan konten tersebut. Berikut contoh konsep konten konten quote yang membuat orang akan membagikan postingan Anda.

 

 

1. Posisikan informasi penting diawal caption

Pada saat Anda membagikan konten dengan caption yang panjang, maka tulislah informasi penting yang akan Anda sampaikan pada kalimat pertama caption tersebut. Dengan begitu, pengguna Instagram akan berinisiatif untuk membuka tombol button “more”.

Buat kalimat utama pada caption mampu menambah rasa keingintauan pengguna Instagram, disertai dengan informasi yang mampu memberikan inspirasi bagi pembacanya. Sehingga pengguna instagram yang merasa tertarik dengan quote tersebut akan terdorong untuk membagikan pada akun instagram pribadi miliknya.

 

 

2. Tema quote berbeda tiap periode

Pada saat anda membagikan konten quote, pikirkan terlebih dahulu mengenai tema. Pastikan konten yang Anda bagikan saat ini relevan dengan konten yang Anda buat selama periode satu minggu ataupun satu bulan.

Dalam setiap minggu atau bulan Anda perlu menyajikan tema quote yang berbeda, mengapa demikian? Agar pengguna Instagram memiliki rasa keingintauan mengenai konten quote yang akan dibagikan selanjutnya. Sehingga pengguna instagram akan terus up date dengan konten Anda setiap harinya, dan peluang konten untuk dibagikan cukup besar.

 

 

3. Membuat quote yang sesuai dengan pengalaman hidup seseorang

Banyak yang mengatakan bahwa quote hanyalah sekedar kalimat kosong, namun nyatanya banyak yang menyukai. Orang-orang yang menyukai biasanya yang merasa pengalaman hidupnya tergambarkan didalam kutipan tersebut.

Konten quote banyak menarik perhatian pengguna sosial media karena dirasa dapat meningkatkan semangat. Kata-kata yang memiliki makna memang selalu menarik untuk disimak.

Untuk membuatnya menarik buatlah quote yang sesuai dengan pengalman hidup, sehingga didalam konten quote tersebut mampu mewakilkan pengalaman hidup seseorang. Maka kemungkinan konten akan dibagikan pada akun sosial media milik pribadi.

 

 

4. Memilih background yang relevan

Setelah membuat kutipan yang menarik, Anda perlu memperhatikan desain dari konten quote tersebut. Background adalah salah satunya, Anda perlu menggunakan background yang relevan dengan  konten quote yang akan di publikasi.

Karena dapat menambah ketertarikan pengguna sosial media terhaadap suatu konten, ketertarikan ini yang menjadi peluang konten anda dibagikan.

 

 

5. Buatlah quote yang mengena

Setelah membuat baground, Anda dapat membuat konten quote yang mengena. Konten yang mengena tersebut adalah konten yang dapat membuat para pengguna Instagram masuk kedalam hati atau tergugah hati untuk membaca dan kemudian membagikan kepada orang lain.

 

Baca Juga : Tips Membuat Konten Quote di Instagram yang Shaeable!

 

 

 

10 Template Quote menggunakan powerpoint, siap pakai

Media sosial kini menjadi sebuah alat untuk berkarya. Dimana, karya nya berupa konten – konten, yang salah satu konten nya yaitu konten quote. Konten tersebut disajikan pun kini template nya beraneka ragam jenisnya dan kini templatenya pun dapat dibuat menggunakan powerpoint. Nah, bagi anda yang ingin buat konten quote namun bingung membuat template nya. Berikut beberapa template konten quote siap pakai yang dapat di sesuaikan dengan konsep yang telah anda tentukan.

 

template quote

https://drive.google.com/file/d/1XG_ud-275pi7jtx_iEBOs8TWpBexa0bV/view?usp=sharing

 

 

template quote

https://drive.google.com/file/d/1heowraFyTePmYOGBaeAhSDQAJc-PYQlO/view?usp=sharing

 

 

template quote

https://drive.google.com/file/d/1p0wJ1Jc0J-7lew15h9yp_cKQdLDIGyHv/view?usp=sharing

 

 

template quote

https://drive.google.com/file/d/1C7M6NwmClYmMGO51dyMKCBq-ci8atvO-/view?usp=sharing

 

 

template quote

https://drive.google.com/file/d/16wFpppsWnzOQEitNMjKzdgXzS3AoNy-_/view?usp=sharing

 

 

template quote

https://drive.google.com/file/d/1tAuQqUx4ke6t2uxA61o9quAYggvpdcAr/view?usp=sharing

 

 

template quote

https://drive.google.com/file/d/18nVfPjA5IMLbwnA27dhGPPedeP99ZTUS/view?usp=sharing

 

 

template quote

https://drive.google.com/file/d/1CZYod9N-qx2BLsHyklVvgYTc8c9WEQQ8/view?usp=sharing

 

 

template quote

https://drive.google.com/file/d/1kAiKOzwmirLFxEXVwuHcIWXEu_GWJ6R5/view?usp=sharing

 

 

template quote

https://drive.google.com/file/d/1yBLMpNyCPbJyGfDnx78abIIWxN51fab6/view?usp=sharing

 

Diatas merupakan beberapa template konten quote. Nah, Bagi anda yang ingin membuat konten,  tapi bingung dan kesulitan untuk membuat nya ? Serta ingin mendapatkan template konten lebih banyak lagi, klik saja http://ardata.co.id/instagram-template/ Yang telah menyediakan ribuan template siap pakai.

 

 

Baca Juga : Tipe Konten yang dapat Menaikkan Engagement di Media Sosial

Continue Reading