February 16, 2023

Jasa Pembuatan Sistem Informasi Sekolah + Modul Lengkap

Jasa Pembuatan Sistem Informasi Sekolah

Di era digital yang semakin berkembang sekarang ini, sistem informasi pada sekolah tentunya menjadi kebutuhan yang harus dimiliki oleh setiap sekolah. Pasalnya penggunaan sistem informasi di sekolah ini dapat memudahkan segala aktivitas dalam sekolah seperti halnya pengolahan data.

Sistem informasi pada sekolah sekarang ini tidak hanya memudahkan dalam pengelolaan data saja, akan tetapi juga dapat mempermudah komunikasi antara pihak sekolah dengan anggotanya.

Namun, sayangnya tidak semua sekolah memiliki kemampuan dalam membuat sistem informasi pada sekolah yang baik. Maka dari itu, jasa pembuatan sistem informasi sekolah hadir sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Nah, sebelum membahas lebih lanjut, berikut ini adalah penjelasan terkait mengapa sekolah harus memiliki sistem informasi.

 

Mengapa Sekolah Harus Mempunyai Sistem Informasi?

Pada dasarnya sekarang ini sekolah harus memiliki sistem informasi yang baik karena dapat membantu sekolah dalam mengelola data secara efektif dan efisien. Dengan sistem informasi yang baik, sekolah juga dapat memudahkan proses komunikasi dan kolaborasi antara siswa, guru, dan karyawan.

Sistem informasi yang dibuat secara baik ini nantinya juga dapat memfasilitasi pembuatan laporan dan analisis secara akurat dan tepat waktu, sehingga sekolah dapat memantau kinerja dan kemajuan siswa secara lebih terperinci dan dapat mengambil keputusan yang lebih tepat.

Maka dari itu, memiliki sistem informasi tentunya sangat penting bagi sekolah untuk dikembangkan guna menjamin keberhasilan pendidikan siswa dan pengelolaan sekolah yang lebih efektif. Lalu, apa saja keuntungan dalam menggunakan sistem informasi pada sekolah? Berikut ini adalah penjelasan terkait apa saja keuntungan dalam menggunakan sistem informasi sekolah.

 

Keuntungan Menggunakan Sistem Informasi Sekolah

Berikut merupakan keuntungan yang dapat diperoleh ketika pihak sekolah menggunakan sistem informasi pada sekolah:

  1. Dapat Meningkatkan Efisiensi dalam Pengelolaan Data

    Seperti yang disampaikan sebelumnya, dengan menggunakan sistem informasi pada sekolah, pengelolaan data siswa, guru, dan karyawan tentunya menjadi lebih efisien dan terorganisir. Data yang diperlukan untuk pengelolaan ini nantinya dapat dengan mudah untuk diakses dan diolah secara akurat. Selain itu, sistem ini juga dapat ditambahkan fitur pencarian yang mana akan memudahkan pihak sekolah dalam mencari data tertentu.

  2. Memudahkan Komunikasi Sekolah dengan Siswa dan Orang Tua

    Sistem informasi  juga dapat memudahkan komunikasi pihak sekolah dengan siswa dan orang tua. Sistem ini nantinya dapat memberikan pengumuman kepada siswanya dan menerima pesan masuk yang memungkinkan untuk memberikan informasi secara cepat dan tepat.

  3. Mempermudah Proses Administrasi

    Sistem informasi juga dapat mempermudah proses administrasi dalam pengelolaan kegiatan sekolah. Dalam sistem ini terdapat fitur manajemen keuangan yang memungkinkan pengelolaan keuangan sekolah secara terorganisir dan transparan. Selain itu, sistem ini juga memudahkan proses pendaftaran siswa baru dan pengelolaan nilai siswa.

  4. Menyediakan Dukungan Teknis

    Jasa pembuatan sistem informasi pada sekolah dengan modul lengkap juga menyediakan dukungan teknis yang dapat membantu pengguna dalam menggunakan sistem ini. Dukungan teknis ini dapat berupa bantuan teknis dalam penggunaan sistem atau perbaikan sistem jika terjadi masalah teknis.

Baca Juga : Jasa Pembuatan Sistem Aplikasi Tracer Study Alumni & Kuesioner

Fitur-fitur yang Harus Ada pada Sistem Informasi Sekolah

Sistem informasi  merupakan platform teknologi yang memungkinkan sekolah untuk mengelola berbagai data secara lebih efektif. Dalam hal ini, berikut terdapat beberapa fitur yang harus dimiliki dalam sebuah sistem informasi  sekolah :

  1. Fitur Administrasi

    Fitur administrasi berfungsi untuk mempermudah sekolah dalam melakukan administrasi, seperti pendaftaran siswa, pengelolaan data siswa dan guru, dan laporan keuangan. Dengan begitu pihak sekolah dapat membuat laporan secara mudah dan aman.

  2. Fitur E-learning

    Fitur ini memungkinkan siswa dan guru untuk mengakses materi pembelajaran secara daring dan memberikan tugas serta dapat menilai hasil belajar siswa. Dengan begitu, pihak sekolah akan memiliki pengeluaran biaya yang lebih hemat dan juga dapat mengakses materi secara lebih fleksibel

  3. Fitur Sistem Informasi Akademik

    Fitur ini membantu sekolah dalam mengelola aktivitas kegiatan siswa seperti mengatur jadwal pelajaran, menentukan nilai siswa, dan juga mengelola data akademik siswa secara online dan sistematis.

  4. Fitur Sistem Informasi Alumni

    Sistem informasi alumni ini berfungsi untuk membantu sekolah dalam mendeteksi hasil belajar alumni selama di sekolah. Pihak sekolah dapat mengambil data seperti data keberadaan alumni di perguruan tinggi atau data alumni yang sudah bekerja di industri. Sistem ini juga seringkali disebut sebagai tracer study.

  5. Fitur Manajemen Aset

    Fitur ini membantu sekolah dalam melakukan pengelolaan aset seperti ruangan, peralatan, dan bahan ajar. Dengan fitur ini, maka pihak sekolah dapat lebih mudah untuk memantau fasilitas mana yang perlu ditambah atau di perbaiki.

  6. Fitur Humas

    Fitur ini mempermudah sekolah dalam melakukan komunikasi dengan siswa, guru, dan orang tua siswa, misalnya melalui pesan masuk dan keluar. Dengan adanya fitur ini, maka pihak sekolah dapat meminimalisir terjadinya miskomunikasi ataupun menghindari berita hoax yang beredar.

  7. Fitur Perpustakaan Digital

    Fitur perpustakaan digital tentunya akan mempermudah pihak sekolah untuk menyediakan akses elektronik terkait koleksi buku dan bahan bacaan lainnya melalui jaringan internet. Dalam perpustakaan digital, pengguna dapat mencari, membaca, dan mengunduh buku, artikel, dan bahan bacaan lainnya dalam format digital.

  8. Laporan dan Analitik

    Fitur ini membantu sekolah dalam melihat data dan menganalisa hasil belajar siswa dan keuangan sekolah. Dengan adanya fitur ini, pihak sekolah dapat membuat laporan untuk keperluan internal dan eksternal secara lebih mudah dan efektif.

 

Nah, dari penjelasan diatas tadi, tentunya sistem informasi dalam sekolah ini sangatlah diperlukan. Selain itu tentunya Anda juga harus membangun sistem informasi dengan fitur yang mendukung segala aktivitas sekolah. Dengan adanya fitur yang mendukung segala aktivitas sekolah, sistem informasi tersebut tentunya akan lebih menghemat biaya dan efektivitas waktu.

Sistem-Belajar

SUBSCRIBE

Dapatkan Informasi Teknologi terbaru langsung ke Email Anda. Subscribe Sekarang, GRATIS!
Subscribe

Baca Juga Artikel lainnya

May 17, 2024
Jasa Pembuatan Aplikasi Registrasi & Pendaftaran

Dalam era digital yang semakin maju, efisiensi dan kemudahan menjadi kunci penting dalam pengumpulan data […]

Read More
April 25, 2024
Jasa Pembuatan Sistem PMB + Payment Gateway, Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru

Dalam menghadapi tantangan administrasi akademik, universitas terus mencari solusi yang dapat mempercepat dan mempermudah proses […]

Read More
April 9, 2024
Jasa Pembuatan Aplikasi Tes dengan Penilaian IRT (Item Response Theory)

Dalam dunia pendidikan yang terus berkembang, memastikan bahwa proses penilaian dapat diakses dan adil merupakan […]

Read More
1 2 3 31

We Are Ardata

PT. Ardata Digital Asia (Ardata Media) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT dengan produknya berupa Jasa dan Produk Digital.
WA : 085741111568
SEMUA ARTIKEL
envelope
Chat Sekarang
Hai, Gunakan ini untuk konsultasi Dengan Tim Ahli Kami!
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram